Ragam Pesona Desa Wisata Bali Barat

Dalam sektor pariwisata, kawasan Bali utara dan Bali barat memang tak secemerlang kawasan Bali selatan yang disokong penuh oleh panorama indah dan seni budayanya yang sangat eksotik. Namun, di daerah Bali barat, atau tepatnya pada kawasan North West Bali, ada beberapa destinasi wisata yang patut dikunjungi. Ikonnya adalah Pulau Menjangan, sebagai salah satu lokasi diving terbaik di dunia.

Selain itu, ada beberapa daerah yang menjadi penyokong pariwisata di kawasan North West Bali, yakni:

Desa Pemuteran, Indahnya Pasir Hitam dan Gugusan Karang Laut

Desa Pemuteran

Pemuteran adalah sebuah desa kecil yang terletak di barat laut pulau Bali. Pemuteran merupakan spot utama dalam pariwisata di wilayah Bali barat. Untuk mencapai desa ini, dibutuhkan waktu sekitar 3,5 jam dari Denpasar dengan menggunakan mobil/motor. Pariwisata di desa Pemuteran telah berkembang sejak tahun 1990an. Dari tahun ke tahun, pariwisata di desa ini terus mengalami kemajuan. Jika pada awalnya, hanya terdapat dua hotel kecil, kini telah berkembang menjadi puluhan hotel dan homestay yang berstandar internasional.

Selain itu, beberapa rumah makan (restauran) akan mudah anda jumpai di sepanjang jalan di desa Pemuteran. Namun, jika anda ingin menikmati meriahnya diskotik, maka anda tidak akan menjumpainya di desa ini. Jika anda telah sering berkunjung / liburan ke Bali, dan sudah sangat mengenal keindahan Pantai Kuta dan Sanur, serta juga sudah mengunjungi desa - desa seni di Bali selatan, maka cobalah datang ke desa Pemuteran untuk menikmati keindahan sisi utara pulau Bali. Ada beberapa alasan yang dapat saya katakan kepada Anda untuk berlibur ke Pemuteran: 

Pantai yang Sepi dan Tenang 
Pantai Pemuteran terkenal dengan pantai yang berpasir hitam halus.  Suasana Pantai Pemuteran sangat tenang dan sejuk. Banyak wisatawan berbaring di atas pasir sambil membaca buku. Selain itu, ada juga beberapa wisatawan yang datang untuk berlatih yoga di sini.

Mempunyai Project Terumbu Karang yang Paling Berhasil di Dunia 
Pemuteran merupakan satu-satunya desa di dunia yang berhasil mengembangkan kehidupan karang dan ikan di laut. Proyek penyelamatan dan pengembangan terumbu karang yang telah berlangsung sekitar 10 tahun telah diakui keberhasilannya oleh dunia. Hal ini tidak terlepas dari peran masyarakat setempat untuk membantu program ini. Selain itu, dengan adanya Pecalang Laut (Prajurit Bali - satu-satunya yang ada di Bali) menjadikan proyek ini dapat terus terjaga. Jika anda suka menyelam, maka ini menjadi hal yang baik untuk pengalaman anda.

Panorama Pemuteran

Dekat dengan Pulau Menjangan 
Jika Anda seorang penyelam, tentu mengenal pulau ini. Pulau Menjangan merupakan pulau kecil yang terletak di sebelah barat laut pulau Bali. Selat antara pulau Bali dan pulau Menjangan merupakan wilayah terumbu karang yang sangat indah.  Ribuan wisatawan luar negeri telah mengunjungi laut pulau ini untuk menikmati keindahan panorama bawah laut yang menakjubkan.

Untuk mencapai pulau ini, dibutuhkan waktu sekitar 30 – 40 menit dengan menggunakan kapal boat dari desa Pemuteran. Itulah alasan mengapa anda patut berkunjung ke desa Pemuteran.  Jika anda nanti datang ke pulau Bali, jangan lupa menghabiskan 2-3 hari anda di desa ini untuk menikmati sisi lain dari pulau Bali.

Intip Potensi Pariwisata Desa Pejarakan

Desa Pejarakan adalah sebuah desa kecil yang terletak di Kecamatan Gerokgak, Buleleng – Bali. Desa ini didirikan pada tahun 1963 dengan batas – batas desa: sebelah timur adalah Desa Sumberkima, sebelah selatan adalah Pegunungan Gerokgak, sebelah utara adalah Laut Bali, dan sebelah barat berbatasan dengan Taman Nasional Bali Barat.Desa Pejarakan memiliki luas wilayah sekitar 6,7 km² dengan jumlah penduduk pada tahun 2012 sekitar sebelas ribu jiwa.

Hampir lebih dari 55% jumlah penduduknya adalah bekerja sebagai petani, sisanya adalah sebagai pedagang, penyedia jasa, industri rumah tangga, sektor pariwisata, dan lainnya. Jika anda berkunjung ke desa ini, memang tidak ada yang spesial dari desa ini, baik itu dari sisi keindahan alamnya maupun budayanya.

Desa Pejarakan di Bali

Namun, hal ini bukan berarti desa Pejarakan tidak memiliki potensi pariwisata yang menarik. Seiring kemajuan pariwisata pulau Bali, desa Pejarakan kini berkembang menjadi salah satu desa pariwisata di Bali. Ada beberapa potensi wisata yang dimiliki oleh Desa Pejarakan, yaitu:

Air Panas Banyu Wedang 
Di desa Pejarakan ada sebuah sumber air panas belerang yang dipercaya masyarakat dapat mengobati berbagai penyakit kulit. Nama sumber air panas tersebut adalah Banyu Wedang yang artinya Air untuk Kopi, karena suhunya lebih dari 60 derajat. Sumber air panas Banyu Wedang terletak di sekitar hutan bakau desa Pejarakan. Pemandangan hutan bakaunya sangat bagus. Jika pemandian dan pura Banyu Wedang dapat ditata lebih rapi, maka akan menjadi tempat wisata yang menarik.

Pantai Pasir Putih yang Tenang 
Pantai desa Pejarakan menghadirkan suasana yang jauh dari keramaian. Walaupun tidak seindah pantai Kuta yang berpasir putih, pantai di Desa Pejarakan sangat baik untuk menenangkan pikiran. Desa Pejarakan memiliki pantai yang cukup panjang dengan pasir hitamnya dan sedikit berpasir putih. Sebagian wilayah pantainya juga ditumbuhi pohon bakau. Hal tersebut membuat pesona pantai Pejarakan semakin indah di mata wisatawan.

Industri Pembuatan Garam 
Pejarakan menjadi desa penghasil garam terbesar di pulau Bali. Lahan pembuatan garam berada di daerah pesisir desa Pejarakan dengan luas sekitar 100 hektar. Proses pembuatan garam secara tradisional tersebut dapat menjadi daya tarik atau potensi pengembangan pariwisata terutama untuk wisata pendidikan.

Demikianlah potensi wisata yang ada di desa Pejarakan. Jika anda berwisata ke desa ini anda dapat menginap di hotel –hotel yang ada desa ini, misalnya Nouvus Gawana, Santi Sari Hotel, atau di Mimpi Menjangan Resort.

Wisata Tour di Taman Nasional Bali Barat

Salah satu jenis spesies hewan yang menjadi maskot Pulau Bali adalah burung Jalak Bali (Bali starling). Jalak Bali merupakan salah satu hewan yang terancam punah. Kawasan habitatnya terletak di bagian barat Bali. Untuk melestarikan Jalak Bali, maka area hutan tempat tinggal burung ini dijadikan sebagai kawasan taman nasional sejak tahun 1947. Untuk mengunjungi tempat ini, Anda harus melakukan perjalanan jauh sepanjang 200 km dari kota Denpasar, sekitar 4-5 jam dari arah kota Singaraja atau lewat kota Negara. Taman Nasional Bali Barat (West Bali National Park) memiliki luas sekitar 19 ribu hektar, yang terdiri dari 15.500 hektar luas daratan dan 3500 hektar wilayah perairan.

Kawasan ini juga mencakup Pulau Menjangan yang merupakan tempat diving yang sangat indah. Secara administratif, Taman Nasional Bali Barat terletak di dua kabupaten, yaitu Buleleng dan Jembrana. Ada beberapa hewan yang menghuni hutan ini, antara lain: Jalak bali, monyet abu-abu, rusa, kucing liar, dan banteng. Berkunjunglah ke Taman Nasional Bali Barat untuk menikmati hutan tropis dan melihat burung-burung  berkembang biak.

Jika Anda ingin berlibur ke Taman Nasional Bali Barat, Anda dapat memilih beberapa hotel, seperti Waka Shorea, Lestari Hotel, Mimpi Menjangan Resort, Naya Gawana Hotel, Santi Sari, dan lain-lain. Selain itu, Anda dapat mendaki bukit untuk mengunjungi pura Teluk Terima, untuk melihat lukisan Jayaprana dan Layonsari yang merupakan kisah cinta Romeo dan Juliet versi Bali. Jika Anda ingin makan siang, datanglah ke dermaga Gilimanuk (sekitar 10 menit) untuk mencicipi masakan khas Bali, yakni ayam Betutu.

Pantai Indah yang Tersembunyi di Bali Utara

pantai pasir putih pejarakan bali
Ada empat destinasi wisata yang terletak di kawaan barat laut Bali, yakni: Desa Pemuteran, Pulau Menjangan, Taman Nasional Bali Barat, dan Desa Pejarakan. Desa Pemuteran terkenal dengan suasana pantai yang tenang dan keindahan terumbu karangnya. Sementara sekitar 6 kilometer dari desa Pemuteran, Anda akan dapat menyaksikan keindahan teluk Pejarakan. 

Teluk Pejarakan ditumbuhi bakau nan hijau. Hamparan air laut sangat tenang, sehingga terlihat seperti danau.

Di teluk ini, terdapat hamparan pasir putih yang menyajikan pesonan indah. Dan yang paling penting adalah suasana pantai di teluk ini sangat tenang jauh dari rumah-rumah penduduk.

Fasilitas wisata seperti hotel dan restoran juga tersedia di lokasi ini. Anda dapat menginap di Hotel Mimpi Menjangan Resort, Naya Gawana, Santi Sari Hotel, dan beberapa penginapan kecil lainnya. Jadi, jangan lupa untuk mengunjungi desa Pejarakan.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait