Haruskah Balikan Sama Mantan? Inilah Tipsnya

Seperti kata lirik sebuah lagu, “putus... nyambung - putus... nyambung” itulah hal yang mungkin dialami oleh sebagian orang dalam mengikat sebuah jalinan cinta. Masa pacaran bagi kebanyakan orang merupakan tahap pengenalan terhadap kepribadian masing-masing pasangan. Dalam perjalanan tersebut, mungkin ada yang cocok, ada pula yang bertentangan, entah itu sifat, prinsip, kebiasaan, dan sebagainya. Pada masa itulah sering terjadi perpisahan.

Namun dalam masa-masa selanjutnya, sering juga beberapa pasangan yang memutuskan kembali pada cinta lama dengan berbagai alasan. Bagi kawan-kawan yang kini sedang dilanda kebimbangan dalam memutuskan untuk kembali pada cinta lalu (balikan sama mantan), mungkin ada beberapa hal yang perlu Sobat pertimbangkan, yaitu:
MANTAN PACAR
Mantan Kekasih
A. Mengevaluasi Kisah Masa Lalu
Mengevaluasi atau menilai kembali kisah cinta masa lalu anda dengan si mantan kekasih merupakan langkah awal yang dilakukan. Anda harus mengingat-ingat kembali hal-hal yang dulu membuat hubungan anda dengan mantan kekasih terputus. Tulislah pada secarik kertas faktor-faktor yang membuat hubungan asmara anda tersebut kandas di tengah jalan. Baik itu faktor internal (misalnya sifat diri dan rasa cinta) dan juga faktor eksternal (misalnya dukungan keluarga ataupun jarak). Kemudian cermati dan analisis, masihkah faktor-faktor tersebut ada dan mempengaruhi hubungan anda di masa mendatang dengan si mantan kekasih. Jika masih ada, tundalah keputusan anda.

B. Sudahkah Anda Berdamai dengan Masa Lalu
Sebelum kembali dengan mantan kekasih, cek kembali perasaan Anda. Apakah Anda sungguh-sungguh sudah melupakan rasa sakit hati yang dulu pernah anda rasakan. Sudahkah hati dan perasaan anda berdamai dengan masa lalu yang kelam tersebut. Berdamai masa lalu pada intinya adalah melupakan hal-hal yang menyakitkan yang dulu pernah anda alami dan mencoba mencari dan mempersiapkan cara agar hal tersebut tidak terulang kembali. Berdamai masa lalu juga bermakna “masihkah anda mencintai si dia?”

C. Benarkah Dia Telah Berubah
Bagi sebagian orang yang telah mampu berpikiran dewasa, pertalian cinta yang telah putus biasanya berubah menjadi ikatan persahabatan. Tanpa ikatan, mungkin hubungan Anda dengan mantan terasa lebih ringan dan tanpa beban. Hal in seringkali menyebabkan jalinan tersebut menjadi terasa menyenangkan. Anda mungkin merasa nyaman berada di dekatnya walaupun hanya berstatus sebagai teman biasa. Dan tanpa ada angin, tiada hujan, tiba-tiba ia mengutarakan untuk kembali menjadi kekasih anda. Walaupun kenyamanan telah bisa anda rasakan saat bersama dengan si dia yang terasa menyenangkan, bukan berarti itu jaminan dia telah berubah dan tidak akan menyakiti anda kembali lagi. Cermatilah kesungguhan si dia yang ingin kembali merajut asmara dengan anda.

D. Adakah Pilihan Lain
Sebelum anda memutuskan "Ya", ada baiknya anda melihat potensi-potensi cinta yang mungkin tersebar di sekitar anda dan sedang menunggu hati anda. Jika benih-benih cinta yang mengharapkan anda banyak tersebar di sekitar anda, mungkin anda bisa menundanya terlebih dahulu, sembari mencari cinta yang benar-benar tulus. Jika nihil, anda bisa mencoba membangun kembali CLBK (Cinta Lama Bersemi Kembali).

Tanda-tanda Si Dia Masih Mencintai Kekasih Lamanya

Sebelum memutuskan untuk balikan dengan kekasih lama anda, ada baiknya anda mengetahui perasaan mantan anda terhadap kekasihnya dulu. Jangan sampai ketika anda telah berpacaran kembali, sang kekasih ternyata masih belum bisa lepas dari cintanya yang dulu dengan orang lain.
MANTAN KEKASIH
Menjalani jalinan cinta dengan orang sudah pernah merajut cinta dengan orang lain memang gampang-gampang susah. Berpacaran dengan orang sudah pernah punya mantan kekasih ternyata ada baik dan juga ada jeleknya. Baiknya adalah si dia sudah punya pengalaman dan tidak kikuk ketika berduaan, buruknya adalah kita harus bersaing agar bisa terlihat lebih baik daripada mantannya dulu. Baik yang menyangkut sifat, sikap, penampilan dan sebagainya. Namun terkadang sebagai seorang manusia biasa yang tidak pernah luput dari ketidaksempurnaan, maka kita sering merasa kesal bila tidak mampu memenuhi harapan sang kekasih kalau kita bisa lebih baik dari mantannya. Namun juga kita sering merasa risau dan bertanya di dalam hati, Apakah si dia telah benar-benar mampu melupakan mantan kekasihnya? Mungkin empat tanda berikut ini bisa menjadi ukuran untuk mengetahui seberapa jauh dirinya telah mampu melupakan mantan kekasihnya sepenuhnya.

Sering Bercerita Tentang Mantannya
Bila si Doi masih memiliki rasa terhadap mantan kekasihnya, maka ciri utamanya adalah dia sering bercerita tentang mantan kekasihnya. Entah itu bercerita tentang hobinya, kebiasaannya, wajahnya, dan lainnya. Tentu kita akan merasa kesal dan cemburu bila sang pujaan hati selalu bercerita tentang mantannya saat kita berduaan. Untuk mengatasi hal tersebut, kita harus berupaya untuk mengalihkan topik pembicaraan yang menarik, terutama menarik buat si dia, walaupun kita mungkin nggak suka dengan topik tersebut. Tapi ini merupakan satu cara agar si Doi tidak terus-terusan mengingat mantan kekasihnya.

Selalu Membandingkan Anda Dengan Mantannya
Ini adalah hal yang paling menyebalkan. Kita dibandingkan dengan mantannya, sungguh bikin sakit hati. Dan terkadang ini yang paling sering menyulut pertengkaran. Mending kalau saat dibandingkan kita yang menang, tapi jika kita dibandingkan dengan posisi kita belum bisa menyamai mantannya, tentu sangat.. sangat menjengkelkan bukan. Agar anda tidak terus merasa sakit hati atas ulah pacar anda, maka buatlah dia mengerti kalau setiap manusia berbeda dan punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Sering Berkomunikasi Dengan Mantannya
Satu ciri lain jika dia masih mencintai dan mengharapkan balikan lagi dengan mantannya adalah masih menjalin komunikasi secara intensif. Anda bisa mengecek panggilan telponnya, melihat statusnya di jejaring sosial, dan mengintip aktivitas komunikasinya. Jika ternyata tautan komunikasinya masih sering, patut dicurigai tuh..!! Namun, anda juga perlu memberikan dia sedikit keluesan, dan menghargai privacynya agar tidak timbul pertengkaran yang lebih panjang.

Mengajak Anda Ke Tempat Kenangannya
Nah, ciri lain dari si dia yang menandakan masih mencintai mantan kekasihnya adalah berusaha mengajak anda pergi ke tempat-tempat kenangannya dulu bersama mantan kekasihnya. Kenangan manis pada suatu tempat yang dulu pernah dialami, membuat seseorang selalu ingin datang lagi ke lokasi tersebut. Jika anda diajak ke tempat-tempat tersebut, janganlah terlalu sering menerima ajakannya. Biasanya saat  tiba disana, anda hanya menjadi akan objek pembanding buat si dia. Kalau bisa, andalah yang mengajak si dia datang ke tempat-tempat berbeda untuk membangun kenangan baru yang lebih indah.


Tips Mendapatkan Cinta Kembali dari Sang Mantan

Perih rasanya hati ketika anda menyadari bahwa kekasih hati yang telah pergi meninggalkan anda adalah orang yang paling tepat untuk kehidupan anda. Seribu sesal mungkin membebani pikiran anda mendapati sang kekasih telah menjauh dari cinta anda karena kesalahan yang telah anda lakukan. Dan akhirnya anda tidak punya pilihan lain, selain menggapai kembali cintanya yang telah ditarik dari hati anda.

mantan kekasih

Lalu apa saja yang mesti dilakukan? Mungkin cara-cara berikut bisa menjadi solusi untuk masalah tersebut:

Memperbaiki Sikap
Sebelum anda memutuskan untuk kembali menjemput cintanya, anda terlebih dahulu harus mengubah sikap anda agar tidak mengulang kesalahan-kesalahan yang sama. Merenungi diri terhadap sikap-sikap yang menjadi biang kerok pupusnya tali cinta anda adalah hal yang harus pertama anda lakukan. Jika anda suka selingkuh, maka hapuslah kebiasaan tersebut, jika anda senang mabuk-mabukan, maka hentikan segera bila itu sebagai penyebabnya. Anda lebih baik bertanya kepada teman dekatnya tentang skap-sikap yang tidak ia sukai dari anda.

Penampilan Baru
Untuk membuktikan diri bahwa anda telah berubah dari keburukan masa lalu adalah dengan mengubah penampilan anda menjadi sesuatu yang fresh. Selain sebagai wujud keseriusan kita terhadap perubahan diri, berpenampilan yang baru akan menjadi daya tarik bagi sang mantan kekasih. Model pakaian yang beda, tatanan rambut yang berubah, atau gaya bicara yang baru merupakan beberapa contoh untuk mewujudkan hal tersebut. Jika tampilan anda lebih fresh dan menarik dari masa lalu, bukan tidak mungkin si Doi akan jatuh cinta untuk kedua kalinya kepada anda.

Bersikap Mengalah
Dalam meluluhkan hatinya yang mungkin telah terluka karena masa lalu yang anda lakukan bukanlah sesuatu yang mudah. Bersikaplah mengalah, dan penuhilah apa yang kira-kira ia inginkan. Seperti kata pepatah “mengalah untuk menang”.  Sikap mengalah yang anda tunjukkan akan mampu menghibur rasa kesal di hatinya. Jika hal tersbut konsisten anda lakukan, bukan tidak mungkin ia akan segera memaafkan anda.

Berusaha Meyakinkan Dirinya
Dalam tahap ini, yang dilakukan adalah melakukan propaganda mempengaruhi sang mantan kekasih. Seperti sebuah iklan tv, anda harus meyakinkan dia bahwa anda telah berubah, meyakinkan dia bahwa anda akan membuat ia bahagia, dan berjanji / bersumpah kalau anda takkan pernah mengulangi kesalahan yang sama. Untuk meyakinkan sang mantan pacar, anda boleh juga membentuk tim sukses seperti dalam kampanye calon presiden. Tim sukses ini ada baiknya berasal dari teman-teman dekat si doi agar lebih maknyus.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait