4 Sebab Cinta Pertama Sulit Dilupakan, Ini Tips Melupakannya

#Cinta Pertama - Berapa jumlah cinta yang sudah pernah melekat di hati anda? Mungkin ada yang belum pernah jatuh cinta, baru sekali, dua kali, atau mungkin sedang merasakan cinta yang ke sepuluh. Masing - masing orang tentu mempunyai jalan asmara yang berbeda. Jika ada yang bertanya, cinta mana yang paling berkesan dan sulit dilupakan? Hampir sebagian besar orang menjawab Cinta Pertama atau Cheos-Salang dalam bahasa Koreanya. 

Berbicara tentang Cinta Pertama memang menarik hati, terutama untuk mendefinisikan yang mana termasuk cinta pertama. Apakah cinta monyet itu disebut sebagai cinta pertama, apakah pacar pertama itu yang termasuk cinta pertama, ataukah orang yang pertama kali kita cintai yang disebut cinta pertama walaupun tidak pernah menjalin cinta (pacaran) dengan si dia. Ah.. memang menjadi sebuah perdebatan yang tak ada ujungnya. Namun yang pasti, kata orang Cinta Pertama itu memang sulit dilupakan. Anda tahu kenapa sulit dilupakan? Inilah alasannya:

Cinta Pertama Memberi Pengalaman Pertama

CINTA PERTAMAAlasan yang paling sering didengar kenapa cinta pertama itu sulit terlupakan adalah karena cinta pertamalah yang memberi pengalaman pertama yang mengajarkan kita tentang apa itu cinta, apa itu cemburu, memberikan kesan tentang keindahan cinta, mengajarkan kita bagaimana cara mencintai dan dicintai, dan memberi pengalaman kepada kita bagaimana rasanya sakit hati kehilangan cinta. Pengalaman pertama tentang cinta (yang manis maupun yang buruk)membuat Cinta Pertama sulit terlupakan.

Cinta Pertama Sering Dijadikan Tolak Ukur / Pembanding

Disaat kita telah menjalani dan mengenal cinta untuk yang ke sekian kalinya, sering kita membanding-bandingkan cinta yang mana yang paling indah yang kita rasakan. Dan biasanya yang menjadi titik acuannya adalah cinta pertama. Cinta pertama merupakan tolak ukur kita dalam menilai cinta-cinta berikutnya. Kebahagiaan cinta yang kita rasakan sekarang, biasanya diukur dengan membandingkan kebahagiaan pada saat kita merasakan cinta pertama. Walaupun mungkin kita sekarang menemukan cinta yang lebih indah dari cinta-cinta sebelumnya, tetap saja cinta pertama akan menjadi bagian yang tak terlupakan dalam  perasaan kita. Nilai kesan dari cinta pertama lebih tinggi dari cinta yang kedua, ketiga, keempat, dan seterusnya. Dan banyak juga orang yang telah mengembara ke banyak cinta, akhirnya malah ingin kembali pada cinta pertamanya.

Karena Biasanya Sering Dibicarakan

Semakin sering sesuatu itu dibicarakan, biasanya semakin sulit dilupakan. Begitu juga cinta yang pertama. Cinta pertama merupakan salah satu topik yang seru untuk dibicarakan bersama teman-teman, keluarga ataupun dengan orang-orang dekat anda. “Siapa sich cinta pertamamu?” itulah sepenggal kata yang sering ditanyakan saat kita ngobrol dengan teman-teman atapun rekan kerja. Dan dengan rasa terpaksa, bangga ataupun dengan rasa malu-malu kita tentu harus menjawab pertanyaan tersebut. Dan ini akan membangkitkan memori-memori indah ataupun menyakitkan yang mungkin sudah terkubur di hati kita. Karena begitu sering dibicarakan, maka cinta pertama menjadi susah dilupakan dari pada cinta kedua, ketiga, ataupun lainnya, selain itu jarang orang-orang yang menanyakan “Siapa sich cinta keduamu?”

Karena Ternyata Masih Menyimpan Rasa

Alasan lain yang membuat rasa cinta pertama itu tidak mudah terhapus dari benak sebagian orang adalah karena ia masih menyimpan rasa cinta dihatinya. Bagaimana mungkin cinta pertama itu akan mudah dilupakan, bila hati masih menyimpan benih-benih cinta, dan asa-asa itu masih dipelihara di dalam hati meskipun sedang menjalin cinta yang lain.

Lalu, bagaimana caranya agar bisa terlepas dari pengaruh cinta pertama yang terus menghantui kehidupan kita. Inilah beberapa tips yang mungkin bisa anda terapkan.

Tips Melupakan Cinta Pertama

Jika kamu merasa cinta pertama itu membuat hidupmu lebih sulit dan tak mau move on, maka sebaiknya cinta pertama itu segera dilupakan. Setidaknya ada lima poin penting yang bisa anda lakukan untuk menghapus bayang cinta pertama yang menyakitkan hati.

1. Buang atau simpan jauh-jauh berbagai barang kenangan yang membangkitkan bayangan cinta pertama tersebut, entah itu barang pemberian mantan kekasih anda, ataupun barang kenangan berdua lainnya.

2. Untuk sementara waktu, sebaiknya jangan berkunjung ke tempat yang bisa membangkitkan ingatan cinta pertama tersebut, terutama tempat-tempat dimana anda sering bertemu dan kencan berdua dengan mantan pacar anda.

3. Lakukan banyak kegiatan positif yang bisa membuat anda terlupa dengan masalah cinta pertama anda. Misalnya liburan, bakti sosial, fokus belajar/bekerja, dan sejenisnya.

4. Jangan sering curhat atau membicarakan kenangan cinta pertama tersebut dengan teman atau orang-orang di sekitar anda.

5.  Coba optimis dan membuka hati anda untuk cinta yang baru. Namun, sebaiknya anda melakukannya pelan-pelan karena jangan sampai anda menerima cinta baru hanya untuk sekedar pelarian dari kesedihan cinta pertama anda.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait