Cara Menyimpulkan Isi Berita dari Televisi atau Radio

Televisi atau radio selain menyajikan hibur juga merupakan sumber informasi yang penting bagi kita. Melalui televisi atau radio kita sering menyaksikan acara berita. Berita adalah cerita mengenai kejadian atau peristiwa yang hangat. Berita yang disajikan di televisi atau radio dibacakan oleh seorang pembaca berita.

Untuk memahami isi berita di televisi dan radio, Anda harus mendengarkannya dengan saksama karena teks berita hanya dibacakan sekali. Menyimpulkan adalah mengambil inti dari suatu bacaan atau berita. Menyimpulkan hampir sama dengan meringkas.

berita tv

Bedanya, menyimpulkan hanya terdiri dari satu atau dua kalimat, sedangkan meringkas itu terdiri dari beberapa paragraf. Berikut adalah cara-cara menyimpulkan isi berita:

1. Simaklah berita dengan sungguh-sungguh, mulai dari awal sampai akhir.

2. Mata dan telinga Anda harus berkonsentrasi pada televisi atau suara radio, karena dengan demikian maka berita akan lebih jelas.

3. Catatlah gagasan pokok dari berita. Gagasan pokok berita adalah apakah yang dibicarakan dalam berita. Gagasan pokok harus Anda tulis secara jelas. Jadi, mulai dari awal berita sampai akhir berita membicarakan tentang apa, harus jelas anda pahami.

4. Agar memudahkan dalam memahami berita, siapkan catatan untuk mencatat hal penting dari berita (apa, siapa, mengapa, kapan, di mana dan bagaimana). Demikianlah cara dan tahapan dalam menyimpulkan isi berita dari televisi dan radio.

Demikianlah sekilas deskripsi tentang cara membuat simpulan isi berita dari televisi atau radio untuk para siswa.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait