5 Hal Penting Saat Mendekorasi Kamar Bayi

Mendekorasi atau menghias kamar bayi merupakan sesuatu hal yang menyenangkan. Namun karena kondisi bayi yang masih sensitif, ada banyak faktor yang perlu diperhatikan. Hal ini dilakukan agar kenyamanan dan keamanan bayi tetap terjaga dan membuat pertumbuhan dan perkembangannya menjadi optimal. Berikut disajikan beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam dekorasi kamar bayi.

Cat Dinding
Cat dinding menjadi salah satu unsur yang cukup penting dalam menghias kamar bayi. Demi kesehatan bayi, kita harus menggunakan cat yang ramah lingkungan dan bebas toksin. Selain itu, kita perlu juga menggunakan cat yang tidak mengandung lem putih yang mudah larut bila terkena air. Hal ini dikarenakan cat tersebut mudah terkikis bila tersentuh sehingga cukup membahayakan bayi.

dekorasi kamar bayi

Pencahayaan Kamar
Sebuah kamar memang memerlukan pencahayaan yang baik, termasuk untuk untuk kamar si kecil. Gunakanlah lampu yang memiliki pencahayaan yang baik dan tidak membahayakan bayi. Diantara beberapa jenis lampu yang ada, jenis lampu LED yang ternyata sesuai dengan kriteria tersebut, dimana cukup ramah dengan kondisi bayi yang berada pada fase pertumbuhan.

Tirai
Salah satu elemen penting dalam mendekorasi kamar bayi adalah tirai. Untuk menjaga keamanan bayi, pililah bahan tirai yang tidak mudah menimbulkan alergi pada bayi, seperti katun. Selain itu, bahan ini juga mampu menyerap panas dengan baik sehingga kamar bayi menjadi lebih sejuk.

Karpet dan Boneka
Meski penggunaan karpet dan boneka di ruangan tidur bayi dapat mempercantik ruangan, namun sebenarnya ini tidak perlu dilakukan karena karpet dan boneka merupakan salah satu media yang paling banyak menyimpan debu. Hal ini pun tidak bagus dampaknya bagi bayi karena bisa menimbulkan alergi pada mereka.

kamar bayi

Letak Tempat Tidur
Banyak yang beranggapan bahwa cahaya pagi sangat baik untuk pertumbuhan bayi. Hal ini benar, namun jika terjadi dalam waktu lama maka akan berdampak buruk juga untuk bayi. Maka dari itu, hindarilah penempatan tidur bayi tepat di bawah jendela. Intensitas cahaya dari jendela yang terlalu tinggi dan lama dapat berdampak kurang baik bagi kesehatan baik, termasuk juga sirkulasi udara luar yang masuk langsung dari jendela. Tempatkanlah tidur bayi di tempat yang nyaman dan mudah dijangkau.

Demikianlah beberapa tips yang dapat Anda terapkan ketika mendekorasi ruangan bagi buah hati Anda, selamat mencoba...

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait