Tips Persiapan Menikah, Dari Contoh Kartu Undangan Unik hingga Pre Wedding

Menikah dikatakan sebagai akhir dari sebuah jalinan cinta dalam masa pacaran. Yang dulunya sebagai pacar berubah status menjadi mantan pacar (atau meningkat status menjadi suami/istri). Pernikahan adalah akhir dari perjalanan cinta dunia remaja, tetapi menjadi awal perjalanan cinta dalam tahap dewasa.Menikah menjadi dambaan bagi banya orang, tertuama yang telah memang siap untuk menikah. Umur dan tingkat kedewasaan dituntut jika ada mau menikah. Sebelum memutuskan untuk naik kepelaminan dan merubah status menjadi suami / istri, maka sangat penting untuk mempersiapkannya sebaik mungkin.

Ada beberapa hal yang perlu anda persiapkan sebelum melangsungkan pernikahan, empat diantaranya adalah:

Persiapan Mental
Persiapan mental merupakan salah satu kunci penting dalam melaju ke atas pelaminan dan mengarungi biduk rumah tangga. Seorang laki-laki harus mempersiapkan mental, baik itu sikap kedewasaan, sikap melindungi, mengayomi keluarga, dan mengerti akan kewajiban sebagai kepala keluarga. 

persiapan menikah

Jika belum sanggup mengemban tugas sebagai kepala rumah tangga (kata orang sebagai iman) maka pernikahan sebaiknya ditunda dulu. Begitu juga kaum hawa, hendaknya sudah memahami akan tugas dan kewajiban sebagai seorang istri pendamping suami. Ketidaksiapan mental terhadap sulitnya mengurus rumah tangga sering berujung pada kecekcokan hingga perceraian. Mantapkan hati anda, siapkan diri menjadi seorang suami / istri, percayakan pada kekuatan cinta anda berdua, maka mental itu akan tumbuh dan menjaga keharmonisan rumah tangga nanti.

Persiapan Keuangan
Hal yang paling krusial dalam mempersiapkan pernikahan, baik mulai dari acara pesta hingga kehidupan rumah tangga selanjutnya adalah masalah keuangan (ekonomi). Di zaman sekarang, banyak masalah yang timbul karena faktor keuangan dan banyak masalah yang dapat diselasaikan jika sudah punya fulus. Banyak orang yang sebelum memasuki jenjang pernikahan bekerja keras mengumpulkan recehan demi kelancaran dalam pesta pernikahan dan kelanggengan biduk rumah tangga. Dengan jumlah uang yang cukup tentunya akan mempermudah anda dan pasangan untuk mengarungi kehidupan sebagai pasangan suami istri. Jadi menabunglah selagi belum menikah.

Persiapan Fisik
Stamina, kesehatan, dan kondisi tubuh yang prima adalah hal lain yang juga harus anda persiapkan. Dalam acara pernikahan, banyak tahapan dan prosesi yang harus dilalui, entah itu mempersiapkan tempat, menyambut para undangan, melakukan kegiatan tradisi keluarga / adat, hingga kesiapan fisik saat melalui pesta bulan madu. Berolahragalah yang teratur, jaga kondisi badan, dan bila terpaksa minumlah suplemen untuk menjaga kondisi badan agar tetap fit. Jangan sampai stamina anda mengecewakan keluarga dan pasangan anda.

Restu Keluarga
Hal terakhir yang perlu anda lakukan adalah memohon restu keluarga dan meminta dukungan keluarga terhadap pernikahan anda. Restu dan dukungan keluarga yang anda terima adalah kekuatan besar untuk anda dalam mengarungi bahtera rumah tangga dan juga akan mampu menenteramkan hati anda dan calon suami/istri anda. Bicarakanlah dengan baik, buatlah mereka mengerti akan keputusan anda.


Contoh Kartu Undangan Pernikahan yang Unik

Pernikahan merupakan satu langkah dalam meniti kehidupan ,terutama di bidang asmara. Menikah dan hidup bersama dengan orang yang dicintai adalah impian yang paling berharga. Namun, untuk menuju ke pelaminan memang penuh tantangan dan hambatan. Pernikahan memang memerlukan persiapan yang benar-benar matang, baik itu yang menyangkut mental, fisik, keluarga hingga segala urusan yang menyangkut hal-hal kecil tapi wajib harus disediakan, satu diantaranya adalah pencetakan kartu undangan pernikahan. Kartu undangan dapat dikatakan sebagai wajah perkenalan kita kepada para tamu sebelum meraka hadir di acara kita. 

Kartu undangan yang bagus akan mampu menjadi daya tarik tersendiri untuk membuat para undangan untuk bersedia hadir ke pesta pernikahan kita. Mencetak kartu undangan, harus disesuaikan dengan badget yang dimiliki. Namun, diupayakan untuk membuat kartu undangan dengan harga murah tapi memiliki kesan menawan. Berikut ini disajikan beberapa contoh kartu undangan pernikahan yang cukup unik:

1. Kartu Undangan Seluler
Ini merupakan salah satu contoh kartu undangan pernikahan unik yang memanfaatkan kepopuleran paket perdana sebuah kartu seluler di Indonesia.

undangan pernikahan
Dari gambar, nampak perubahan sedikit kata dari kata Simpati menjadi Sempatin. Kemudian ada masa berlaku kartu yang tata letaknya persis sama di paket kartu seluler yang dijual-jual di counter Hp, memang ini ide yang sangat kreatif. (Image by Kana Kreatip Kard)

2. Kartu Undangan SIM
kartu undanganNah kartu undangan yang satu ini juga tidak kalah kreatif. Terinspirasi dari Surat Izin Mengemudi, kartu undangan ini memiliki bentuk serupa dengan kartu SIM yang dikeluarkan oleh Kepolisian. Pada pojok atas kiri yang biasanya merupakan tempat lambang kepolisian diganti dengan kartun pernikahan, kemudian bagian kanan di atas di isi kode AB, yang merupakan inisial kedua mempelai. Pada bagian bawah dipajang foto mempelai lengkap dengan stempel dari wali nikah. Orang yang akan diberi undangan, mungkin akan terkejut karena mengira menerima sebuah kartu SIM.

3. Kartu Undangan Berupa Kipas
kartu undangan pernikahan
Kartu undangan berikut ini boleh dibilang dwi fungsi, karena selain bertujuan untuk menyampaikan maksud mengundang, juga bila sudah tidak terpakai bisa digunakan untuk kipas di rumah. Selama orang yang memegang kipas tersebut berguna untuk dirinya (untuk kipas-kipas di rumah) maka selama itu pula kedua mempelai selalu akan diingat olehnya. Jadi kesannya, akan tertanam lebih lama.

4. Kartu Undangan Berbentuk Tas
kartu undangan pernikahan unik
Kartu undangan pernikahan ini juga termasuk dwi guna. Selain sebagai undangan juga dapat digunakan sebagai tas tempat membawa barang. Untuk anda, yang ingin menggunakan model ini, ada baiknya mempersiapkan dana ekstra, untuk menaruh souvenir tertentu yang dimasukkan ke dalam tas undangan. Malu dong, jika seandainya kita mengundang seseorang dengan model undangan berbentuk tas, tetapi isi di dalamnya kosong. (image by: percetakanjogja.com)

Ok kawan, demikian beberapa contoh unik bentuk kartu undangan pernikahan. Jika acara pernikahan anda ingin memiliki kesan tersendiri, baik untuk anda maupun para undangan, maka ciptakanlah kreasi kartu undangan yang kreatif.


Tips Mempersiapkan Foto Pre Wedding

Satu persiapan yang sering dilakukan oleh pasangan calon pengantin adalah menyiapkan kartu undangan pernikahan yang nanti akan disebarkan kepada para keluarga, sahabat, rekan kerja, dan orang-orang yang dikenal. Dalam kartu undangan pernikahan biasanya sering ditampilkan foto kedua mempelai yang terlihat mesra dan romantis. Untuk mendapatkan gambar-gambar romantis tersebut, biasanya dilakukan pengambilan foto pre-wedding. Agar konsep pre-wedding dapat menghasilkan sesuatu yang memuaskan, ada baiknya anda memperhatikan hal-hal berikut ini.

Rancang Tema Pre Wedding Yang Diinginkan
Foto pre-wedding yang diambil dalam konsep alam dan berlatar bangunan-bangunan klasik memang paling sering dilakukan oleh pasangan calon pengantin. Namun, tidak semua pasangan cocok dengan tema tersebut.

foto prewedding

Foto pre wedding akan menggambarkan kepribadian pasangan, karena itu, Anda dan pasangan yang harus menentukan temanya. Tema bisa bermacam-macam, misalnya cute dengan dekorasi pastel, tradisional dengan kostum wayang golek, romantis, bertemakan hobi tertentu, atau bahkan bertajuk horor. Jika tema pre wedding sesuai dengan kepribadian Anda dan pasangan, proses pengambilan foto dan segala kerepotannya akan terbayar. Anda dan pasangan akan lebih santai dan senang selama pengambilan gambar.

Pilih Fotografer Profesional
Banyak orang menawarkan jasa foto pre wedding, sebagian memang profesional, sebagian asal-asalan. Jika Anda ingin hasil yang memuaskan, pilih fotografer profesional yang sudah memiliki reputasi yang baik walaupun dengan harga yang relatif lebih mahal. Mereka lebih mengerti sudut pengambilan gambar yang cocok, pencahayaan, latar yang sesuai hingga masalah editing foto untuk sentuhan akhir yang lebih bagus. Anda juga harus mendiskusikan secara mendetail konsep yang ingin anda hasilkan, agar mudah dipahami oleh sang fotografer.

Tentukan Lokasi Dan Busana Yang Tepat
Bagi calon pengantin yang mempunyai dana lebih, lokasi yang berada di luar negeri memang menjadi pilihan yang menarik, selain bisa liburan, ada juga perasaan bangga ketika bercerita dengan teman-teman. Namun, pemilihan lokasi tidak harus di luar negeri atau tempat-tempat yang sulit dijangkau. Di tangan fotografer profesional, lokasi yang tampak biasa bisa menjadi sangat menawan setelah jadi dalam sebuah gambar. Lokasi outdoor atau indoor, sesuaikan dengan anggaran Anda. Lokasi indoor biasanya lebih murah dibandingkan lokasi outdoor.

Pemilihan pakaian dan assesoris harus tepat dan sesuai dengan tema yang telah dirancang. Misalnya Anda ingin tema romantis yang elegan, gaun yang jatuh pas di badan akan cantik dengan tambahan beberapa aksesoris. Jika tema Anda sederhana (mungkin foto di tepi pantai), menyewa pakaian ala pak nelayan dan bu nelayan bisa jadi pilihan. Unik tapi seru.

Lakukan Latihan
Banyak pasangan yang melakukan foto pre wedding memakan waktu yang lama. Hal ini karena merasa gugup dan mungkin tidak terbiasa bergaya di depan kamera. Nah agar foto pre wedding anda bisa berjalan dengan lancar dan menghasilkan foto yang bagus (terlihat natural), maka ada baiknya melakukan latihan terlebih dahulu dengan pasangan anda. Anda mungkin bisa meminta teman ataupun saudara untuk berperan sebagai fotografer dadakan, ataupun menggunakan kamera otomatis dengan kickstand. Dari hasil jepretan-jepretan tersebut, anda dan sang kekasih akan mempunyai sedikit pengalaman tentang bagaimana menjadi model pengantin dan mengevaluasinya berdua.

Itulah beberapa tips agar foto pre wedding Anda memuaskan dan menjadi kenang-kenangan yang indah yang bisa anda ceritakan kelak kepada putra-putri anda.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait