Resep Nutrisi Makanan Sehat Ibu Menyusui

Makanan utama bagi bayi yang baru lahir hingga usia enam bulan adalah Air Susu Ibu (ASI). Selama masa menyusui, seorang ibu biasanya mampu memproduksi ASI sekitar 800-900 ml per hari. Dalam setiap 100 gram Asi, biasanya terkandung kalori sekitar 60 ml kal dan protein 1,2 gram. Komponen - komponen nutrisi tersebut bersumber dari sari-sari makanan yang dikonsumsi oleh si ibu. Jika kebutuhan gizi bagi si ibu mencukupi, maka produksi ASI akan lancar. Oleh karena itu, bagi ibu-ibu yang tengah menyusui diharuskan lebih cermat dalam menyusun pola makan yang seimbang.

Selain itu, para ibu menyusui juga harus cermat ketik memilih bahan makanan yang dapat membantu memperlancar produksi ASI. Seorang ibu menyusui sebaiknya lebih banyak mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan, karena beberapa jenis sayuran tertentu dapat melancarkan produksi ASI, misalnya daun katuk yang mengandung banyak vitamin C, zat besi, fosfor laktagogum. Selain itu, daun katuk juga kaya dengan betakaroten (provitamin A) dan kalsium yang penting untuk nutrisi ibu menyusui. Pengetahuan dan wawasan terkait tentang menu-menu sehat tentu akan sangat bermanfaat bagi ibu menyusui.

makanan sehat ibu menyusui


Apa saja nutrisi yang penting untuk Ibu yang menyusui?

Seperti yang dijelaskan di atas, Air Susu Ibu (ASI) merupakan makanan pokok bagi bayi yang baru lahir hingga usia enam bulan. Kualitas Asi yang diproduksi oleh si ibu sangat dipengaruhi oleh nutrisi yang dikonsumsinya. Berikut ini disajikan uraian mengenai bahan makanan yang dapat memenuhi kebutuhan gizi bagi ibu menyusui.

Protein Hewani
Bahan-bahan makanan yang bersumber dari hewan seperti udang, ayam, daging,  dan ikan merupakan contoh bahan makanan yang kaya protein hewani. Kandungan protein yang bersumber dari hewan memiliki fungsi untuk pembangun sel dan membantu meningkatkan kecerdasan dan daya fungsi otak. Oleh karena itu, para ibu menyusui sebaiknya memperbanyak mengkonsumsi bahan-bahan makanan yang mengandung protein hewani.

Protein Nabati
Saat masa menyusui, para ibu juga jangan lupa untuk banyak mengonsumsi bahan makanan yang mengandung protein nabati, seperti tahu dan tempe. Kandungan zat potein yang berasal dari tumbuh-tumbuhan memiliki fungsi sebagai pembentuk dan memperbaiki sel-sel tubuh. Makanan yang mengandung protein nabati juga dapat melancarkan proses pencernaan karena mengandung serat.

Sayuran Hijau
Sayuran hijau mengandung karoten (provitamin A) yang baik untuk mencegah risiko penyakit kanker serta mampu meningkatkan fungsi organ paru-paru. Selain itu kandungan vitamin yang terdapat dalam sayuran juga berfungsi sebagai antioksidan untuk kekebalan tubuh. Daun singkong, bokcoy, dan bayam adalah contoh sayuran hijau.

Kacang-kacangan
Kacang-kacangan memiliki kandungan gizi tinggi. Contoh bahan makanan yang termasuk kelompok kacang-kacangan diantaranya kacang panjang, kacang kedelai, dan kacang merah. Kacang-kacangan merupakan sumber vitamin, mineral, dan serat yang baik. Bahan makanan ini mudah diperoleh di pasaran dengan harga terjangkau.

Berikut ini disajikan resep menu makanan sehat untuk ibu menyusui.

Menu Sambal Hati Goreng untuk Ibu Menyusui

sambal hati goreng Apakah Anda seorang ibu yang sedang dalam masa menyusui? Apakah anda ingin mencicipi makanan lezat dengan sambal yang pedas? Ya, dipersilakan, namun jangan berlebihan karena dampaknya pada air susu anda, sehingga kurang baik untuk si bayi kesayangan anda. Jika anda ingin merasakan menu makanan lezat yang berisi sambal, anda bisa mencoba membuat masakan sambal goreng hati sapi. Hati sapi kaya dengan zat gizi, khususnya retinol yang mencapai 13.303 ug/100 gram. Nutrisi penting lainnya yang terkandung dalam hati sapi adalah protein 19,7 gram, lemak 3,2 gram, kalsium 7 mg, fosfor 358 mg, dan zat besi 6,6 mg.

Bagaimanakah cara membuat sambal goreng hati sapi yang cocok untuk perempuan yang menyusui?

Bahan-bahan yang diperlukan antara lain:
  • 400 gram hati sapi
  • 150 gram wortel
  • 5 sendok makan minyak goreng

Bumbu-bumbu yang diperlukan antara lain:
  • 1 batang serai, dimemarkan
  • 3 cm lengkuas, dimemarkan
  • 2 cm jahe, dimemarkan
  • 150 gram kapri
  • 2 sendok makan kecap manis

Aneka bumbu yang akan dihaluskan, antara lain:
  • 8 siung bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 5 buah cabai merah
  • 4 butir kemiri
  • 1 sendok teh garam

Cara Membuatnya Tidaklah Terlalu Sulit:
#1. Langkah pertama kita potong-potong hati sapi dan juga wortel seukuran dadu.
#2. Setelah itu kita panaskan minyak goreng, kemudian tumis bumbu halus, bersama dengan serai, lengkuas, dan jahe hingga tercium aroma wangi.
#3. Jika aroma harum sudah masuk ke indra penciuman anda, silakan masukkan potongan hati, aduk hingga berubah warna.
#4. Langkah terakhir, tuangkan wortel, kapri, dan juga kecap manis.  Masak hingga bumbu meresap dan matang. Angkat dan tuang ke dalam pinggan saji.

Resep Telur Dadar Sehat untuk Ibu Menyusui

telur dadar ibu menyusuiSebagai seorang wanita yang tengah menyusui, diharuskan pintar-pintar dalam memilih makanan. Karena secara tidak langsung akan berdampak kepada si bayi. Apa yang dimakan ibu, itulah zat yang akan dikonsumsi oleh si bayi lewat air susu ibunya. Salah satu resep makanan sehat yang cocok untuk ibu yang sedang menyusui adalah telur dadar. Sajian telur dasar yang bercita rasa biasa-biasa saja tentu akan membuat si ibu kurang bergairah untuk makan. Oleh sebab itu, perlu dibuat agak telur dadar yang dibuat memiliki cita rasa yang lezat, tetapi tidak menjadi pengganggu bagi produksi asi.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa telur memiliki kandungan protein yang lengkap dan mudah dicema.  Dalam setiap 100 gram telur ayam terkandung zat protein sebanyak 12,4 gram, lemak 10,8 gram, kalsium 86 mg, dan fosfor 258 mg.  Berikut disajikan resep cara membuat telor dadar special untuk ibu menyusui.

Bahan-bahan yang diperlukan antara lain: 
  • 5 butir telur, kocok lepas
  • 75 gram kacang polong
  • 100 gram jamur merang, dipotong-potong
  • 3 sendok makan susu tawar cair
  • 75 gram paprika, potong berbentuk dadu
  • 1 sendok teh merica halus
  • 60 gram bawang bombay, potong panjang seperti korek api
  • 3 siung bawang putih, cincang halus
  • 1 sendok teh garam halus
  • 7 sendok makan minyak goreng

Cara Membuatnya Cukup Mudah
#1. Langkah awal campur kocokan telur dengan kacang polong, ditambah jamur, susu tawar cair, paprika, merica, bawang bombay, bawang putih, dan juga garam.  Aduk secara merata.
#2. Setelah itu, kita panaskan minyak goreng, kemudian tuang adonan telur, masak tumis hingga telur matang.
#3. Setelah diangkat, potong-potong telur dadar sesuai keinginan anda. Atur di dalam piring saji, dan siap hidangkan.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait