Rangkaian Kata Mutiara Islam Indah Mendamaikan Hati

Kata kata mutiara Islam merupakan rangkaian kata penyejuk nurani yang memiliki makna mendalam dengan nafas ajaran Islam yang indah. Para penyair dan tokoh yang menciptakan untaian kata mutiara Islam tersebut menyusunnya dengan buah pemikiran yang mendalam dari pengalaman - pengalaman mereka menjadi seorang muslim.

Tak jarang juga, kata kata mutiara Islam tersebut dikutip dari hadits atau ayat ayat suci Al Qur'an yang memang sangat indah dan penuh arti yang tersirat dan tersurat.

kata mutiara islam

Dalam tulisan ini, disajikan beberapa kata mutiara Islam yang diharapkan dapat menjadi bahan renungan, motivasi dan inspirasi Anda sebagai seorang muslim yang ingin hidup lebih baik.

Kata Mutiara Islam Penyejuk Hati


Cinta Allah
Mencintai-Nya Adalah Jalan Awal Untuk Menyembah-Nya.

Nasib Yatim
Sesungguhnya, yang lebih buruk nasibnya bukanlah mereka yang menjadi yatim karena kehilangan orang tuanya, akan tetapi mereka yang yatim karena kehilangan ilmu dan akhlak mulianya.

Agama dan Ilmu
Orang yang berilmu tanpa agama dan  yang beragama tanpa ilmu adalah sama-sama buta.

Mengintip Kesalahan
Yang terburuk dari kesalahan kita adalah minat kita pada kesalahan orang lain. - Ali Ibn Abi Thalib

Menjual Keimanan
Mereka yang bersedia menukar keimanannya dengan sekarung uang, sesungguhnya telah merugi karena nilainya takkan bisa membeli sebuah istana indah di surga kelak.

Kecantikan Sejati
Kecantikan hakiki ada di dalam lubuk hati. Kecantikan wajah hanyalah sebuah topeng belaka.

Karunia Dunia Akhirat
Mereka yang memiliki 5 hal ini akan dikaruniai Allah dunia akhirat: hati yang bersyukur, pikiran yang lurus, lidah yang berzikir, badan yang tahan cobaan, dan yang setia pada pasangan.

Iri Dengki
Rasa iri dengki hanya membawa keinginan untuk menyakiti yang lain. Tapi pada akhirnya hanya akan mendatangkan kerugian untuk diri sendiri.

Di Tengah Kesedihan
Kaidah Islam mengajarkan kita untuk membebaskan diri dari kesedihan berkepanjangan tanpa alasan yang jelas. Bangkitlah kawan...

Mahkota Hati
Hati dan pikiran yang bertahta adab dan iman lebih tinggi nilainya daripada sebuah mahkota kepala bertahta emas permata.

Cinta Rohani
Kerinduan hati kepada sang kekasih akan membuat pikiranmu gelisah. Kerinduan yang mendalam kepada Allah SWT akan membuat hatimu sejuk menenangkan. Itulah bedanya cinta duniawi dengan cinta rohani.

Hati Bersyukur
Ketangguhan hati terlihat dari rasa syukur kepada Allah SWT. Kedamaian, ketentraman,  dan kebahagiaan adalah bunga-bunga syukur itu.

Hati Islami
Hati yang berazaskan Islam adalah hati yang penuh kesabaran dan tawaqal, serta bermartabat.

Memelihara Kesabaran
Kesabaranmu mempertumpul perselisihan, Kesabaranmu menghindarkan pertikaian. Peliharalah kesabaran itu.

Keindahan Islam
Kebekuan hati mencair dalam Islam, aura wajah tercerahkan dalam Islam, dan semangat jiwa terkuatkan dalam Islam. Demikianlah indahnya Islam.

Nama Allah
Tegakkan nama Allah dalam hatimu. Niscaya tak ada nama lain yang akan bisa mematahkan hatimu, termasuk nama kekasih yang telah menyakitimu.

Al-Qur'an Suci
Al-Qur’an adalah buku panduanya, ilmu pengetahuan adalah alatnya, menyembah Allah adalah tujuan akhirnya. Ku ketahui makna kehidupan dunia ini melalui Al-Qur'an.

Sujud dan Berseru
Berseru kepada Allah dapat membuat kegelisahan menjadi ketenangan.
Berseru kepada Allah dapat membuat kebimbangan menjadi kepastian.
Berseru kepada Allah dapat membuat kemurungan menjadi kegembiraan.
Berseru kepada Allah dapat membuat keterpurukan menjadi kebangkitan.
Dan berseru kepada Allah dapat membuat keburukan menjadi kebaikan.
Begitu dahsyatnya seruan itu, lalu mengapa kau jarang mengucapkannya?

Di Tengah Keraguan
Jika keraguan menyelimuti hati, mintalah jawaban kepada Allah. Lakukan Salat Al-Istikharah.

Hubungan dengan Allah
Ketika kita mulai berniat memperbaiki hubungan kita dengan Allah, sesungguhnya Beliau telah memperbaiki segala hal lain yang terkait dengan kita.

Kehancuran Sebuah Bangsa
Jika Anda ingin menghancurkan suatu bangsa tanpa perang, hanya dengan membebaskan perzinahan dan ketelanjangan pada generasi berikutnya yang bisa melakukannya. - Salahuddin Ayyubi.

Musuh yang Baik
Seorang musuh yang membuatmu bisa mendekatkan diri kepada Allah adalah seribu kali lebih baik daripada 10 orang teman yang membawamu jauh dari Allah.

Setitik Kebaikan
Tidak peduli seperti apa pun penampilan fisik Anda, ketika Anda memiliki setitik kebaikan dalam hati, Anda adalah orang yang paling indah di dunia dan di mata Allah. - Mufti Ismail Menk

Muslim Baik
Manfaatkan sisa - sisa harimu untuk menjadi Muslim yang lebih baik.

Orang Terhebat
Orang yang kuat bukanlah pegulat hebat. Namun, orang yang kuat adalah orang yang bisa mengendalikan dirinya ketika ia marah.
(Sahih al-Bukhari)

Di Balik Penderitaan
Penderitaan adalah sebuah berkah. Di dalamnya ada rahmat yang tersembunyi.

Islam Bersaudara
Kita lahir dari ibu yang berbeda warna kulit menjadi satu kebersamaan sebagai saudara. Itulah keindahan Islam.

Cinta Yang Tersesat
Ketika kau tersesat dalam menentukan jalan cinta asmaramu, carilah petunjuk kebenarannya lewat Al Quran.

Air Mata Cinta
Air mata cinta kepada kekasih akan menetes tatkala kau melihat kesalahan - kesalahan yang dilakukan kekasihmu terhadapmu. Sedangkan,
Air mata cinta kepada Allah akan menetes tatkala kau melihat kesalahan - kesalahan yang dilakukan dirimu sendiri.
Demikianlah perbedaan cinta kepada kekasih dengan cinta kepada Allah SWT.

Rencana Allah
Percaya dan berserah pada Allah ketika hal-hal tidak berjalan seperti yang Anda inginkan. Allah pasti memiliki sesuatu rencana yang lebih baik untuk Anda.

Makna Jihad
Apa itu Jihad? Tersenyum ramah adalah Jihad. Menjaga kesabaran di masa-masa sulit adalah Jihad. Berjuang untuk perbuatan yang baik adalah jihad. Berbicara sopan dan mengurus orang tua dengan cara yang penuh kasih adalah Jihad. Memaafkan juga adalah jihad. Jihad bukan seperti apa yang media massa ungkapkan, namun apa yang Al Quran katakan, yakni berusaha dan berjuang!

Iman dan Kedamaian
Isilah hati anda dengan iman, dan itu akan menjadi sebuah tempat paling damai di bumi.

Lebih Dekat
Kedekatanmu pada Allah mengantarkanmu pada cita-cita yang kamu impikan.

Pendidikan Agama
Jangan paksakan ajaran agamamu dengan kekerasan pada keluargamu. Tapi tunjukkan keindahan Islam itu melalui contoh sikap dan perbuatanmu.

Orang yang Beriman
Orang beriman adalah Mereka mampu tidak terlena dalam kesenangan dan tidak larut dalam kesedihan.

Berapa Harga Dirimu?
Untuk mengukur harga dirimu di hadapan Allah, maka ukurlah seberapa tinggi harga agama Allah yang tertanam dalam kehidupanmu sehari - hari.

Risau Hati
Jangan risaukan hatimu karena sesuatu yang belum kau miliki. Tapi, risaukanlah hati ketika engkau tak bersungguh-sungguh mensyukuri setiap pemberian-Nya.

Surga Akhirat
Suka cita dan kegembiraan yang hakiki ada di surga. Di sanalah tujuan pengembaraan umat Muslim.

Menghindari Kehinaan
Islam memerintahkan untuk menjauhi akhlak buruk karena itu azab, menghindari kedengkian karena itu racun, berhenti dari ghibah (bergosip) karena itu kerendahan, dan tidak memata-matai kesalahan orang lain karena itu kehinaan yang merendahkan diri sendiri.

Iman Utama
Yang lebih utama dari kekayaan adalah anak.
Yang lebih utama dari harta benda adalah kesehatan.
Yang lebih utama dari tempat tinggal adalah keamanan.
Dan yang lebih utama dari segala-galanya adalah keimanan kepada Allah dan rasul-Nya.

Kekokohan Iman
Kokohnya pohon hancur oleh batu cadas. Kerasnya batu cadas remuk oleh besi. Besi meleleh oleh api, dan api padam karena angin. Tapi sekuatnya angin yang bertiup takkan mampu memadamkan iman dalam hati.

Idealis dan Realistis
Islam membuat pemeluknya menjadi idealis namun realistis. Dibangun atas dasar kebenaran dan keadilan.

Melupakan Allah
Satu-satunya penghibur luka hati dan pemberi harapan di tengah keputusasaan adalah Allah SWT. Namun, manusia sering melupakan-Nya di tengah gemerlapnya surga duniawi.

Godaan Maha Besar
Godaan terbesar dan paling dekat dengan kaum muslimin ternyata bukanlah paras cantik atau ganteng, bukan juga kedudukan jabatan dan harta. Tetapi godaan untuk menunda sholat dan doa.

Cinta Sejati
Untuk menemukan cinta sejati dari sang kekasih bukanlah perkara sulit, selama kamu bisa menumbuhkan cinta tulus kepada Allah.

Kelebihan dan Kekurangan
Allah selalu menganugerahkan kelebihan dibalik kekurangan seseorang. Sebaliknya, beliau juga menitipkan kekurangan diantara kelebihan - kelebihan yang dimiliki seseorang. Karena itu, hidup tak boleh rendah hati atau menjadi tinggi hati.

Persentase Keimanan
Jika hatimu adalah sebuah wadah, pernahkah kau menyadari persentase keimananmu pada Allah? Mungkin tak lebih dari 10%, karena sisanya diisi oleh hasrat duniawi dan juga bisikan - bisikan setan.

Keraguan pada Allah
Ketika telah mengenal Allah dan ajaran-Nya, maka keyakinan lebih baik daripada keraguan. Ketika baru mengenal Allah dan ajaran-Nya, maka keraguan lebih baik daripada ketidakpedulian. Bagaimana pun juga, keraguan adalah bagian dari keyakinan.

Ilmu dan Iman
Seorang Islam yang mulia nan hebat adalah dia yang mampu memadukan keimanannya dengan ilmunya. Karena sesungguhnya pengetahuan dan keimanan adalah satu kesatuan utuh yang akan membentuk pribadi yang tangguh dan mapan.

Demikianlah sajian kata kata mutiara Islam yang dirangkum dari berbagai sumber. Semoga melalui untaian  mutiara yang bernafaskan suasana Islam dapat menjadi bahan inspirasi ketaqwaan kita kepada Allah SWT dan para rasul-Nya. Amin...!!! (Dirangkum oleh Rizky Aditara - Jatim)

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait