Panduan Lengkap Liburan di Singapura, 5 Tempat Wisata Terbaik, Pusat Oleh Oleh, Hingga Clubbing

Jika anda ingin berwisata ke luar negeri dengan biaya yang lebih terjangkau, maka negara Singapura bisa menjadi salah satu pilihan yang menarik. Negeri berlambang singa ini banyak memiliki tempat wisata yang menyenangkan. Bagi sebagian wisatawan internasional, negera Singapura telah tercatat sebagai daftar destinasi wisata yang menarik. Industri pariwisata di negera kecil ini telah berkembang dengan baik, lebih dikenal sebagai kota kosmopolitan dengan menonjolkan keharmonisan ras dan budaya. Perbedaan budaya mencerminkan sejarah kolonialnya yang kaya dengan keberagaman etnis, seperti Melayu, Cina, Arab dan India.

Negara Singapura selama ini dianggap sebagai salah satu pusat bisnis di kawasan Asia Tenggara mengingat letaknya yang sangat strategis. Namun kecantikan negeri di ujung semenanjung ini ternyata tak kalah indahnya dengan negera-negara lain. Saat anda mengunjungi negeri ini, ada banyak kawasan objek wisata yang aktraktif, lima diantaranya terangkum dalam uraian berikut ini:

1. Universal Studios Singapore 
universal studios singapura
Universal Studio Singapura menjadi salah satu objek wisata yang wajib dikunjungi oleh para pelancong. Universal Studios Singapore terletak di Resort World Sentosa, yang juga mencakup Integrated Resort, dibuka secara resmi pada bulan April 2010. Universal Studios Singapura dibagi menjadi 7 zona, yaitu Ancient Egypt, Madagascar, Istana Far Far Away dari dunia Shrek, The Lost World & Waterworld, Sci-fi, Hollywood dan New York. Di kawasan Universal Studios Singapura ini terdapat lebih dari 30 restoran dan gerobak makanan di taman, juga termasuk sekitar 20 toko ritel yang unik.

2. Boat Quay dan Clarke Quay 
tempat wisata clubbing singapura
Jangan melewatkan liburan anda di Singapura dengan bersantai saja. Lokasi keramaian juga mampu membuat kepenatan pikiran anda menjadi hilang. Tempat terbaik untuk memperoleh atmosfir itu ada di Boat Quay dan Clarke Quay. Kawasan ini dipenuhi dengan restoran, pub dan klub, sehingga suasananya ramai dengan iringan musik bertabur lampu-lampu indah. Tempat ini sering dikunjungi oleh pencinta kehidupan malam, clubbing, para eksekutif muda yang baru pulang kerja, dan pasangan yang ingin makan malam romantis.

3. Singapore Zoo
kebun binatang taman safari singapura
Bagi anda yang berlibur bersama keluarga, maka kebun binatang menjadi lokasi yang tepat. Singapore Zoo merupakan salah satu atraksi wisata utama di Singapura. Kebun binatang ini memiliki koleksi ribuan satwa langka, sehingga akan membuat anak-anak menjadi senang dan menambah wawasannya. Satu poin menarik yang ditawarkan di Singapore Zoo adalah Night Safari, yakni bersafari mengelilingi kebun binatang di malam hari. Di sini juga terdapat wahana bermain untuk anak-anak, Rainforest Kidzworld. Atraksi lainnya yang tak kalah menarik adalah Australian Outback, Fragile Forest dan Great Rift Valley.

4. Singapore Flight Experience
simulator pilot singapura
Apakah anda ingin merasakan sensasi menjadi seorang pilot yang menerbangkan sebuah pesawat besar seperti Boeing 737? Jika anda tertarik, maka berkunjunglah ke Singapore Flight Experience yang terletak di The Singapore Flayer. Anda bisa merasakan penerbangan dengan instruktur berpengalaman yang akan membantu Anda melalui semua aspek penerbangan. Simulator canggih ini menyajikan pilihan lebih dari 20.000 bandara di seluruh dunia dengan kokpit visual dan kualitas suara yang sangat mirip dengan suara aslinya. Sungguh pengalaman wisata yang tak terlupakan.

5. National Museum of Singapore 
museum nasional singaPURA
National Museum of Singapore adalah museum tertua di Singapura yang telah didesain ulang sehingga tampak lebih inovatif. Museum Nasional Singapura ini dirancang sebagai museum publik yang menyajikan tampilan canggih sehingga para pengunjung merasa lebih atraktif dalam mempelajari sejarah. Museum Nasional Singapura dirancang dengan gaya Neo-Palladian dan Renaisans, bangunannya terdiri dari dua blok paralel persegi panjang, dengan kubah di depan gedung.

Pusat Belanja (Shopping) Oleh Oleh di Singapura

Hal yang paling menarik saat berlibur di negeri Singapura adalah shopping. Negeri kecil tersebut dikenal sebagai surga belanja, apalagi ketika berlangsungnya The Great Singapore Sale yang diadakan setiap tahun selama 2 bulan yakni di akhir Mei sampai pertengahan Juli. Selama moment itu berlangsung, kawasan Orchard Road dan sekitarnya pasti akan lebih ramai dengan orang-orang Indonesia.

tempat belanja oleh oleh singapore

Selain berbelanja di Orchard Road Shopping Belt (yakni sebuah kawasan satu jalan yang penuh dengan shopping mall yang saling menyambung), tempat yang menarik untuk berburu oleh-oleh adalah Bugis Area (Bugis Junction, Bugis Village Market, Albert Street Mall sampai Bali Lane  yang dipenuhi oleh toko-toko distro), Chinatown Area (Chinatown Point, People's Park Complex, Temple Street Night Market dan Food Street - Smith Street), Harbour Front Area (Vivo City dan Harbour Front Shopping Centre), dan City Hall Area (Raffles City Shopping Centre.

Selain iyu, ada juga CityLink Mall-mal bawah tanah-Suntec City dan Suntec City Convention Centre, Marina Square, dan Esplanade Mall), dan juga Little India Area (Tekka Centre,  The Verge, Mustafa Shopping Centre,  Serangoon Plaza, dan toko-toko unik nan eksotik lainnya di sekitar Dunlop Street).

Nah, ketika berbelanja di Singapura, anda sebaiknya jangan terlalu fokus pada shopping mall. Ada pilihan lain yang berupa factory outlet dan bazar tertentu yang sering kali diselenggarakan dengan harga terjangkau.

Jika anda berminat mencari factory outlet, anda bisa mengunjungi Anchor Point Shopping Centre, Alexandra Road depan IKEA Building. Selain itu ada juga Charles & Keith, Crocs Factory Outlet, Pedro, G2000, Cotton On, City Chain, Giordano, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Saat diselenggarakan bazar atau pameran di Singapura, ada dua tempat utamanya, yakni  Singapore Expo (1stasiun dari MRT Changi Airport) dan Suntec City Convention Centre di City Hall area. Untuk mengetahui lebih rinci agenda dan jadwal pameran, anda bisa lihat di www.Singaporeexpo.com dan atau www.suntecsingapore.com

Pulang liburan dari Singapura tanpa membawa oleh-oleh tentu rasanya agak hambar, apalagi banyak sahabat dan kerabat yang menantikan kepulangan anda. Di Singapore ada banyak pilihan lokasi yang merupakan kawasan wisata belanja. Jika anda sedang membutuhkan informasi tersebut, mungkin lima tempat berikut bisa menjadi bahan referensi liburan anda:

1. Orchard Road
Salah satu tempat yang tak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Singapore adalah Orchard Road, seruas jalan sepanjang 5 kilometer yang diapit oleh deretan pusat perbelanjaan, butik, hotel, dan restoran.

wisata belanja oleh oleh singapura orchard road

Di lokasi ini anda dapat menemukan produk-produk berkelas (label high end), seperti Burberry, Chanel, Hermes, dan Louis Vuitton. Ngee Ann City/Takashimaya, DFS Galleria Scottswalk, ataupun The Paragon adalah beberapa pusat perbelanjaan yang populer. Adapun mal yang menyediakan high brand maupun high street brands adalah ION Orchard. ION Orchard adalah mal serba ada yang juga terdapat toko Sephora terbesar di Asia.

Baca juga: 5 Kota Wisata Belanja Terbaik di Asia

2. Outlet Mall Singapura
Jika anda ingin membawa oleh-oleh berupa produk fashion dengan harga terjangkau, maka anda bisa mengunjungi Outlet Mall Singapore.

wisata belanja oleh oleh mall plaza singapura

Ada juga Anchorpoint Mall dan IMM Mall yang diisi oleh aneka outlet bermerek. Anchorpoint Mall terletak di Queenstown, di seberang Ikea Alexandra. Sementara itu, IMM Mall berada di Jurong East yang terbagi sekitar 13 outlet dengan menawarkan brand produk terkenal.

3. Bugis Street Singapura
Bugis Street Singapore merupakan lokasi yang paling dikenal oleh wisatawan asing. Sepanjang ruas jalan shopping spot ini dipenuhi aneka jenis barang mode, suvenir, hingga sajian kuliner.

wisata belanja oleh oleh souvenir singapura bugis street

Banyak produk pakaian atasan dijual dengan harga 10 SGD, begitu juga jam tangan. Dalam memilih barang-barang tersebut, ada baiknya anda lebih teliti dan memeriksa terlebih dahulu kualitas barang sebelum benar-benar dibeli, karena banyak barang yang dijajakan memiliki kemiripan satu sama lain.

4. Marina Bay
Wilayah Marina Bay merupakan salah satu pusat pariwisata di Singapura. Kawasan Marina Bay dipenuhi berbagai mal, seperti City Link Mall, Suntec City, dan Millenia Walk.

wisata belanja oleh oleh singapura marina bay

Di sini juga telah dibangun pusat perbelanjaan bernama The Shoppes at Marina Bay Sands yang menyediakan barang-barang fashion bermerek high end. Jangan lupa singgah di butik Louis Vuitton, sebuah butik mewah nan eksklusif yang dibangun dengan konsep pulau.

5. Far East Plaza
Pusat perbelanjaan ini terletak di sebelah Hotel Grand Hyatt, sekitar 10 menit dari stasiun MRT Orchard. Far East Plaza terdiri dari enam lantai dengan lebih dari 800 toko.

wisata belanja oleh oleh fashion singapura

Dengan jumlah toko sebanyak itu, tentu pastinya dapat memenuhi segala kebutuhan belanja Anda. Luangkanlah waktu 2-3 jam untuk dapat menyusuri deretan outlet sembari melakukan tawar-menawar.

Tempat Clubbing Asyik (Hiburan Malam) Singapore

Jika anda ingin merasakan kehidupan malam di negeri Singapura, anda bisa menuju ke pusat hiburan, satu diantaranya adalah tempat Clubbing. 

clubbing singapore

Tempat-tempat clubbing yang cukup populer di Singapura antara lain Zouk di daerah River Valley (naik bus umum atau taxi dari MPT Orchard/So merset), St. James Power Station yang terletak di sebelah Vivo City Shopping Centre, The Butter Factory di One Fullerton (jalur merah dan hijau, MRT Raffles Place), Harbour Front (jalur ungu, MRT Harbourfront), dan klub-klub lain seperti Zirca Mega Club dan Attica di Clarke Quay (jalur ungu, MRT Clarke Quay). Harga cover charge untuk hari-hari biasa berkisar mulai dari S$15 untuk wanita dan S$17 untuk kaum pria sebelum jam setengah 12 malam dan biasanya naik dua kali lipat setelah lewat tengah malam, tetapi harga yang dibayarkan tersebut sudah termasuk dua buah minuman.

Jika anda tidak suka bersenang-senang dibawah sinaran lampu-lampu yang terlalu gemerlap, anda bisa menghabiskan malam anda dengan datang ke pub, lounge, atau cafe bersama teman atau rekan anda untuk sekadar minum-minum dan chit chat sporadically.

Ada banyak pilihan pub, lounge, atau cafe, misalnya 7AteNine di Esplanade (MRT City Hall), Marrakesh, The Clinic, Hooters di Clarke Quay, Hogs Breath Cafe di CHIJMES (MRT City Hall), KPO dan Iris Bar di Somerset Orchard, Bull and Bear di Far East Square (MRI Hames Place), Siem Reap ll di Indochine Empress Place (MRT Raffles Place), dan Margarita's di Dempsey Hill (caranya naik bus/taksi dari MRT Ochard). Biaya untuk minum-minum di tempat tersebut bervariasi mulai dari S$10 belum termasuk pajak dan biaya servis.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait