Kumpulan Kata Motivasi Lulus Ujian Sekolah

Bagaimana caranya agar semangat dan optimis belajar menghadapi UN? Mungkin salah satu jawabannya adalah dengan membaca kata kata motivasi lulus ujian. Tiap menjelang akhir tahun pelajaran, para siswa, mulai dari tingkat SD, SMP, dan SMA yang tengah duduk di kelas akhir (kelas 6, 9, dan 12) akan menempuh satu ujian yang cukup penting, yakni Ujian Sekolah (US) dan juga Ujian Nasional (UN).

Menghadapi situasi tersebut, tentu sangat membuat stress. Ada ganjaran dan konsekuensi yang harus dihadapi manakala tidak bisa sukses atau tidak lulus dalam ujian sekolah tersebut. Rasa malu, putus asa, dan keterlambatan waktu akan menjadi risikonya.

kata motivasi lulus ujian sekolah

Oleh karena itu, anda yang merupakan seorang siswa harus benar-benar mempersiapkan diri dalam menghadapi ujian kelulusan tersebut. Jika anda terlena dan tidak memperdulikan ujian tersebut, maka nasib anda akan berada di ujung tanduk.

Namun sebaliknya, jangan juga situasi yang bakal anda hadapi tersebut membuat anda menjadi sangat stress dan kehilangan fokus dalam mempersiapkan segalanya. Hadapilah masa ujian itu dengan prinsip 3S, yakni Santai - Serius - Sukses. Artinya, kesuksesan akan anda dapat raih jika dalam "kesantaian" terdapat "keseriusan", dan dalam "keseriusan" ada "kesantaian".

Untuk membangkitkan motivasi anda dalam belajar dan berjuang untuk menghadapi ujian kelulusan yang akan anda tempuh, berikut ini akan disajikan rangkuman kata kata mutiara motivasi untuk sukses menghadapi Ujian Sekolah (US) dan Ujian Nasional (UN).

Ungkapan Kata Motivasi Lulus Ujian Nasional


Kerisauan Hati Dalam Ujian Sekolah Hanyalah Sebuah Ketakutan Berlebihan. Jika Kamu Rajin, Ujian Itu Hanya Loncatan Kecil.
Ya, jika kamu rajin belajar, pasti semua soal yang kamu hadapi hanya seperti peluru-peluru kecil yang tak kan melukai apa-apa.

Ibarat Piring dan Sendok, Doa dan Belajar Adalah Dua Tindakan yang Saling Melengkapi. Saling Bereaksi Untuk Kesuksesan Ujianmu.
Usaha belajar dan berdoa harus dilakukan seiring sejalan, karena jika salah satunya pincang, maka kemungkinan besar jauh dari kata lolos.

Kepintaran dan Kerja Kerasmu Tak Kan Berarti Tanpa Restu Doa. Jalani Keduanya, Niscaya Kelulusan Ada Di Depan Mata.
Sekeras-kerasnya pun anda belajar, tanpa mau berdoa dan memohon kepada Tuhan, maka bisa saja hal yang tak masuk logika terjadi padamu.

US = Ujian Sekolah
US = Ujian Sembrono
UN = Ujian Nasional
UN = Ujian Nurani
Saat menjawab soal soal ujian sekolah, Kamu juga sebenarnya melakukan tes ketelitian, karena jika sembrono maka hasilnya akan 'ngos-ngosan'. Selain itu, saat menyelesaikan Ujian Nasional, Kamu juga sebenarnya melakukan ujian nurani untuk menguji kejujuranmu.

Ujian Nasional Membutuhkan Kewaspadaan. Itu Tidak Memerlukan Kekhawatiran. Karena Hati dan Pikiran yang Khawatir Adalah Jalan Menuju Ketersesatan.
Kalau kamu terlalu khawatir akan membuat hati semakin takut dan gelisah, sehingga ujung-ujungnya dapat menyebabkan konsentrasimu buyar.

National Exam Is Not Just About Your Brain. It's Also About Your Heart and Action.
Ujian Nasional tidak hanya tentang kepintaran otakmu. Itu juga tentang sikap hati dan perbuatanmu.

Bermimpilah Setinggi-tingginya. Namun Sebelum Itu, Kamu Harus Bangun Dulu Dari Mimpi-Mimpimu Untuk Persiapan Ujian.
Simpan dulu angan-anganmu untuk menjadi dokter, polisi, tentara, pilot, dan sebagainya. Karena yang kamu fokuskan saat ini adalah persiapan menghadapi ujian.

Lulus Ujian Nasional Adalah Titik Awal Untuk Menghadapi Ujian Ujian Sebenarnya.
Setelah kamu lulus ujian nasional, kamu akan menghadapi ujian hidup sebenarnya karena kamu telah beranjak dewasa. Jangan terlalu 'lebay' merayakan pesta keberhasilanmu, karena ujian berikutnya adalah ujian nyata yang lebih berat.

Ujian Hidup Selepas Meninggalkan Bangku Sekolah Lebih Berat Dari Ujian Sekolah. So, Lepaskan Kecemasanmu, dan Mulailah Fokus Belajar.
Banyak siswa yang menganggap ujian sekolah yang ditempuhnya adalah pertaruhan antara hidup dan mati. Saking cemasnya, mereka malah lupa belajar dan berlatih. Santai saja, tetapi tetap rutin belajar.

Ujian Nasional Bukanlah Sebuah Pertempuran. Itu Adalah Sebuah Kesempatan untuk Membuktikan Bahwa Kamu Bisa.
Jika kamu menganggap kalau ujian nasional adalah sebuah pertempuran besar, maka kamu akan berusaha mencari senjata sebanyak - banyaknya, termasuk senjata yang cenderung curang. Cobalah anggap ujian sekolah itu sebagai kesempatan dan peluang kamu untuk membuktikan ke orang-orang sekitar bahwa kamu bisa menempuhnya dengan mudah dan dengan cara yang benar.

Jangan Terlalu Fokus dengan Target Ujian yang Ingin Kamu Capai. Cukup Lakukan Proses Itu Dengan Sebaik-baiknya, Dan Nikmakti. Tanpa Kamu Sadari, Hasil Ujian yang Kamu Capai Pasti Akan Memuaskan.
Banyak siswa yang terbebani dengan target hasil yang harus mereka peroleh sehingga lupa dan tidak fokus menjalani proses yang harus mereka lalui, seperti belajar, berlatih, dan berdoa.

Positif Thinking Adalah Bagian Dari Doa dalam Ujian  Nasional.
Berpikirlah positif dalam menghadapi ujian karena itu merupakan bagian dari iman dan doa.

Penyesalan Adalah Buah dari Kemalasan.
Selama belum terlambat dan rasa penyesalan menyelimuti hatimu, belajarlah yang rajin agar lulus ujian.

Apapun Yang Terjadi, Hidup Terus Berlanjut.
Jika anda kurang beruntung dalam ujian tersebut, janganlah mengambil langkah bodoh atau jalan setan. Kendalikan emosimu karena hidup terus berjalan.

Lakukan Yang Terbaik Selama Masih Ada Kesempatan
Jangan sampai air mata penyesalan menetes di pipimu karena tak lulus ujian. Manfaatkan waktu sebaik-baiknya sebelum peristiwa menyakitkan itu terjadi.

Di Detik Detik UN dan US, Prinsip Kerjasama dan Gotong Royong adalah Budaya Yang Terlarang. Do It By Your Self!

Demikianlah beberapa rangkaian kata mutiara untuk anda yang akan menghadapi ujian nasional. Semoga dapat membangkitkan motivasi dan optimisme belajar anda. Sebagai penutup, saya akan sajikan tips tips agar lulus ujian, yakni:

1. Manfaatkan setiap waktu luang untuk belajar. Jangan berprinsip untuk belajar full time hanya saat sehari sebelum ujian. Belajarlah sedikit demi sedikit tetapi rutin.

2. Jangan malu bertanya kepada guru atau teman mengenai materi yang masih belum bisa anda pahami. Jika memungkinkan, ikut les.

3. Pilih dan pelajari materi pelajaran yang diujikan. Download saja kisi - kisi indikator ujiannya.

4. Persiapkan semua peralatan yang diperlukan, seperti alat tulis, kartu ujian, dan seragam yang tapi. Jangan sampai masalah kecil yang terkait dengan hal teknis dapat menjadi pengganggu fokus anda.

5. Jaga kesehatan tubuh, dan jangan lupa berdoa kepada Yang Maha Esa.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait