Kumpulan Cerita Kisah Cinta Indonesia dan Eropa

Indonesia memiliki ratusan cerita rakyat yang menjadi sebuah pendidikan bagi seluruh masyarakat Indonesia. Dalam setiap cerita (dongeng maupun legenda) yang dimiliki oleh bangsa Indonesia mengandung berbagai pesan moral dan sarat akan nilai-nilai kehidupan yang patut dijadikan cerminan dalam hidup bermasyarakat. Wilayah Indonesia yang tersebar luas membentang dan memiliki lebih dari 17.000 pulau mempunyai banyak cerita, dongeng, fabel, ataupun legenda yang sangat menarik untuk dibaca, termasuk juga cerita tentang romansa (cinta).

Pada postingan kali ini disajikan empat ragam cerita nusantara yang mengangkat kisah tentang cinta. Selain itu, ada pula sinopsis cerita cinta yang populer di Eropa.

lukisan jayaprana layonsari
lukisan jayaprana layonsari

Cerita Cinta Jayaprana dan Layonsari

Cerita rakyat ini terjadi di Bali utara, tepatnya di wilayah kabupaten Buleleng. Cerita (legenda) ini mengisahkan seorang anak yatim piatu bernama Nyoman Jayaprana yang dipungut oleh dua punakawan raja untuk menjadi abdi di kerajaan Kalianget. Setelah tumbuh menjadi pemuda, raja menganjurkan agar ia segera mencari pasangan hidup. Dalam pencariannya tersebut, ia bertemu dengan seorang putri lurah yang bernama Layon Sari. Perasaan cinta antara kedua insan tersebut membawa mereka pada jenjang pernikahan. Setelah pesta pernikahan diadakan, Jayaprana mengajak istrinya untuk tinggal di kerajaan. Betapa terkejutnya raja, melihat kecantikan Ni layon Sari. Ia pun berhasrat memiliki Layonsari sebagai istrinya.

Dengan akal bulusnya, raja memerintahkan Jayaprana agar menuju ke pesisir Bali barat untuk menumpas kelompok perampok, yang sebenarnya tidak ada. Layonsari merelakan suaminya pergi walaupun dengan perasaan yang cemas. Sesampai di daerah yang dituju, jendral perang kerajaan yang mengiringi Jayaprana menusuknya dari belakang, namun usahanya tersebut tidak berhasil. Jayaprana kemudian bertanya tentang maksud tindakan kawannya tersebut. Sang jenderal tersebut pun akhirnya menceritakan semuanya, kalau tindakannya tersebut adalah perintah raja. Jayaprana menyadari bahwa hidupnya tersebut memang milik raja yang telah berjasa membesarkannya. Ia kemudian memberitahu titik kelemahannya agar ia bisa dihabisi. Tamatlah Jayaprana.

Layon sari yang mendengar berita tersebut merasa sangat bersedih dan terpukul, kemudian raja datang merayu dan menawarkan cintanya. Layonsari kemudian menyadari semua taktik raja, ia pun memilih bunu’h diri dengan menggunakan keris sang raja. Sang raja menjadi gila dan mengamuk dengan kerisnya, terjadilah perang saudara yang menyebabkan runtuhnya kerajaan tersebut. Satu pesan cinta dalam cerita ini adalah Jangan Merebut Cinta Orang Lain.


Legenda Gunung Kelud

Cerita ini berlatar di wilayah Jawa Timur pada masa kerajaan Majapahit. Adalah seoorang raja yang bernama Raja Brawijaya yang mempunyai seorang putri nan cantik jelita bernama Dyah Ayu Pusparani. Banyak para pangeran yang ingin melamar putri raja tersebut. Agar tidak terjadi perselisihan, maka Raja Brawijaya mengadakan sayembara untuk mendapatkan calon suami bagi putrinya. Barang siapa yang mampu merentangkan busur panah Kyai Garudayeksa dan mengangkat gong sakti Kyai Sekardelima, maka ia lah yang berhak menjadi menantu raja.

Pada hari yang telah ditentukan, sayembara pun diadakan. Banyak pangeran dan pemuda yang gagal memenuhi syarat tersebut. Kemudian datanglah seorang pemuda yang kepalanya mirip seekor lembu, memohon izin untuk mengikuti sayembara. Pemuda yang bernama Lembu Sura tersebut ternyata berhasil melakukan perintah sayembara. Sang putri merasa bersedih karena membayangkan suaminya buruk rupa. Ia pun mencari siasat agar membatalkan pernikahannya tersebut. Dalam persiapan pesta pernikahan tersebut, Sang Putri mengajukan syarat kepada Lembu Sura untuk membuatkan sumur pemandian di puncak Gunung Kelud dalam waktu semalam.

Dengan kegigihan dan kesaktiannya, Lembu Sura hampir berhasil membuat sumur yang diinginkan putri. Namun Sang putri meminta ayahandanya untuk menggagalan usaha tersebut. Karena merasa kasihan dengan anaknya, raja memerintahkan prajuritnya untuk mengubur Lembu Sura di dalam sumur. Lembu Sura pun terkubur di dalam sumur, tetapi ia sempat mengucapkan kutukan yang selalu membuat takut  masyarakat di wilayah kerajaan tersebut. Pesan cinta yang dapat kita petik adalah “Jangan Ingkar Janji”.

Cerita Terjadinya Danau Toba

Cerita ini berasal dari Sumatra Utara yang pada intinya mengisahkan tentang terjadinya asal-usul danau Toba.  Dalam cerita ini dikisahkan tentang seorang pemuda yang bernama Toba bekerja menangkap ikan. Suatu hari ia pergi melakukan kegiatannya, ia mendapatkan sebuah ikan aneh yang mampu berkomunikasi dengan manusia. Si Ikan memohon agar dilepaskan dan berjanji akan mengabdi melayani si Toba tersebut. Pemuda tersebut kemudian melepaskan si Ikan yang seketika berubah menjadi gadis cantik. Akhirnya menikahlah mereka.

Satu sumpah yang tidak boleh dilanggar dalam pernikahan mereka adalah si pemuda tidak boleh mengatakan kepada siapaun tentang jati diri istrinya. Setahun menikah, mereka akhirnya dikaruniai seorang putra yang agak nakal. Kenakalan putranya tersebut sering membuat Toba tersebut menjadi geram. Hingga suatu ketika Toba mengumpat kepada putranya “Dasar anak ikan!” Putranya yang tidak mengerti tersebut kemudian melaporkan perkataan ayahnya kepada ibunya. Mengetahui suaminya sudah tidak bisa memegang janji, di suruhlah putranya pergi ke atas bukit, kemudian badai dan banjir terjadi, Toba tenggelam, dan wilayah disekitarnya berubah menjadi sebuah danau yang diberi nama danau Toba. Amanat cinta yang harus dipelajari dari kisah ini adalah “Jangan pernah melanggar janji/sumpah”

Kisah Cinta Sawerigading dan I We Cudaiq

Cerita cinta ini berasal dari daerah Sulawesi Selatan. Dikisahkan seorang pemuda yang bernama Sawerigading jatuh cinta dengan saudara kembarnya, I We Tenriabeng. Kenapa ia jatuh cinta dengan saudara kembarnya? Karena sejak mereka lahir mereka hidup dipisahkan (kepercayaan zaman dulu). Ketika remaja mereka bertemu, dan Sawerigading tidak mengetahui jika itu saudara kembarnya. Ia mengamuk karena ditentang oleh para tetua adat. Kemudian I We Tenriabeng berusaha menjelaskannya, bahwa Sawerigading dan dirinya adalah saudara kembar.

Tenriabeng kemudian menyarankan agar saudara kembarnya tersebut pergi ke negeri Cina untuk menjumpai seorang gadis yang betul-betul mirip dengan dirinya,  bernama I We Cudaiq. Sawerigading pun pergi mengikuti saran saudaranya. Di negeri Cina, I We Cudaiq menolak keras lamaran Sawerigading karena mengira pemuda tersebut buruk rupa. Namun karena takut ancaman kesaktian Sawerigading, si putri  Cina tersebut akhirnya menerima lamaran Sawerigading dengan berbagai macam syarat, salah satunya adalah hanya boleh bertemu pada malam hari ketika lampu telah dipadamkan. Sawerigading selalu menemui istrinya yang selalu memakai baju 7 lapis dan penutup wajah ketika larut malam.

Kemudian Sawerigading mencari akal, ia lalu tidak pernah menemui lagi istrinya. Karena mengira Sawerigading telah menyerah, I We Cudaiq pun tidak lagi berpakaian tebal dan mematikan pelita ketika malam hari. Kemudian suatu malam Sarwegeding datang dan memeluk istrinya. I We Cudaiq merasa terkejut dan berusaha tidak memandang wajah suaminya. Namun, Sarwegeding melontarkan lelucon yang membuat istrinya tertawa dan tanpa sadar memalingkan muka. Betapa terkejutnya I We Cudaiq melihat wajah suaminya sangat tampan, ia pun jatuh cinta. Nasihat cinta dalam cerita ini adalah “Jangan terburu-buru menyimpulkan sesuatu atas dasar perkataan orang lain.

Kisah Cinta Sedih dari Eropa

kisah cinta
Banyak kisah cinta insan dunia yang telah tertulis dalam berbagai catatan sejarah. Kisah-kisah tersebut ada yang nyata dan ada pula yang hanya berupa imajinasi. Ada juga cerita-cerita yang berakhir bahagia, sedih, hingga berujung tragis. Di setiap bangsa dan negara di dunia juga memiliki cerita cinta yang menarik dan unik, termasuk juga di negara-negara di kawasan Benua Biru. Berikut adalah kumpulan kisah cinta klasik dari daratan Eropa:

Kisah Cinta Lancelot dan Guinevere

Legenda cinta ini menceritakan tentang seorang ksatria yang bertugas menjemput calon permaisuri raja Arthur, seorang raja di pulau Britania. Dalam perjalanan membawa calon permaisuri, Sang ksatria yang bernama Lancelot ternyata malah jatuh hati terhadap calon permaisuri yang bernama Guinevere tersebut. Setelah pernikahan Raja Arthur dan Guinevere, bukan berarti Lancelot berhenti mencinta.

Pada awalnya sang Ratu berusaha menghindar, namun kekagumannya pada Lancelot menyeretnya pada sebuah affair perzeling 'kuhan. Pada suatu hari, keponakan Raja Arthur mengetahui hubungan mereka dan bermaksud membakar ruangan di mana mereka biasa bertemu secara diam-diam. Lancelot dapat lolos dari serangan tersebut, sayangnya Sang Ratu tidak. Sang Ratu pun diadili dan memutuskan menjadi seorang biarawan. Lancelot yang berusaha menyelamatkan kekasihnya pada akhirnya ikut diadili oleh raja. Ia pun mengakhiri hidupnya sebagai pertapa kesepian hingga ia meninggal dalam kepedihan cintanya. 

Kisah Pilu Antony dan Cleopatra

Ini kisah cinta antar bangsa, antara Mark Anthoni yang tampan dari Romawi dan Pharaoh terakhir dari Mesir, yaitu Ratu Cleopatra yang cantik dan memiliki leher jenjang yang sangat indah. Kisah ini berlangsung sekitar tahun 31 SM. Kisah ini kemudian diceritakan lagi oleh penulis terkenal Shakespeare yang membuat cerita ini terkenal di seluruh dunia. Mark Anthony diceritakan meninggalkan istrinya, Octavia, karena tergoda oleh kecantikan Cleopatra yang akhirnya dinikahinya.

Saudara laki-laki Octavia, yaitu Octavian, kemudian menghancurkan mereka berdua dengan meminjam pasukan Romawi. Diceritakan saat perang dengan Romawi, Mark Anthony mendapat kabar (yang ternyata kabar palsu) kalau Cleopatra terbunuh. Mark Anthony kemudian bunuh diri karena percaya akan berita itu. Cleopatra yang mendengar bahwa kekasihnya itu mati, akhirnya juga bunuh diri dengan racun.

Cerita Sejoli Tristan dan Isolde

Isolde adalah anak perempuan dari Raja Irlandia. Ia kemudian bertunangan dengan raja Mark dari Cornwall, namun sebenarnya ia jatuh cinta dengan Tristan yang merupakan keponakan dari raja Mark. Perzeling 'kuhan mereka bahkan berlanjut saat Isolde menikah dengan raja Mark. Akhirnya jalinan cinta terlarang ini diketahui oleh raja Mark, namun karena saking cintanya sang raja pada istrinya, ia memaafkan istrinya. Akan tetapi sang raja mengusir keponakannya itu dari Cornwall. Tristan akhirnya pergi ke Britanny dan tertarik dengan Iseult karena namanya mirip dengan Isolde.

Mereka kemudian menikah, namun Tristan tidak dapat melupakan Isolde. Ini membuatnya jatuh sakit dan menulis surat pada Isolde dan berharap Isolde dapat mengobati luka hatinya ini. Apabila Isolde setuju ingin datang dan menemui Tristan, maka ia harus menaiki kapal berwarna putih. Apabila tidak, kapal harus berwarna hitam. Iseult yang tidak ingin berpisah dengan Tristan, berbohong pada Tristan dengan mengatakan bahwa ia melihat kapal hitam. Tristan akhirnya meniggal dalam kesedihan sebelum Isolde datang menemuinya. Isolde pun akhirnya meninggal karena patah hati.

Legenda Cinta Romeo dan Juliet

legenda cinta romeo juliet
Ini merupakan kisah cinta yang paling terkenal di seluruh dunia. Karya yang ditulis oleh William Shakespeare ini diilhami oleh sajak kuno dari Italia yang dianggap benar-benar terjadi (legenda). Dalam ceritanya yang berlatar tempat di Verona - Italia, dikisahkan dua muda – mudi yang saling jatuh cinta di antara pihak keluarga yang saling bermusuhan. Hubungan kedua pasang sejoli (Romeo dan Juliet) tersebut ternyata makin membuat api perselisihan makin membara, apalagi ada salah satu orang dari pihak keluarga yang berseteru meninggal dunia akibat pertengkaran kedua pihak keluarga.

Banyak juga orang (saudara) yang turut membantu jalinan hubungan mereka dan berusaha mencari jalan agar mempersatukan kedua insan tersebut dan juga menghindari perjodohan yang akan dilakukan kepada Juliet. Salah satunya adalah dengan cara memberikan pil  kepada Juliet agar bisa membuat tubuh kaku dan dingin sehingga akan dikira meninggal dunia oleh keluarga dan membatalkan perjodohan. Namun ternyata, si pembawa pesan kepada Romeo tidak bertemu. Sehingga Romeo menyangka Juliet telah meninggal dunia, dia pun meminum racun untuk mencabut nyawanya.  Rencana yang tidak berhasil tersebut membuat Juliet juga ikut bunuh diri untuk menyusul kematian Romeo.

Demikianlah sobat beberapa ringkasan kisah cinta yang berasal dari Nusantara dan juga kawasan benua Eropa. Semoga kisah cinta yang anda alami tetap akan berjalan indah dan menyenangkan hingga ujung waktu.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait