Kiat Sukses Hadapi Kencan Pertama (First Date)

Bisa mendapatkan hati orang yang kita suka merupakan salah satu anugerah terindah dalam hidup ini. Terkadang banyak orang berpikir keras untuk bisa mempertahankan cintanya. Salah satunya adalah dengan cara apel malam mingguan atau “ngedate/kencan” secara reguler. Namun bagaimana jika ini merupakan hal pertama bagi anda?

Kencan pertama atau istilahnya First Date memang merupakan sebuah moment yang mendebarkan. Sebelum berangkat ke tempat tujuan, sering kali dalam benak terlintas kekhawatiran, apakah kencan kita akan sukses ataukah akankah dia terkesan dengan kita.

Untuk anda yang akan melakukan perang gerelya dalam kencan pertama, ada empat hal yang harus anda persiapkan, yaitu:

kencan pertama

Urus Penampilan
Penampilan yang fresh, menarik dan penuh keceriaan adalah hal dasar dalam kesuksesan kencan pertama. Berbicara masalah penampilan ini, bukan hanya sekedar masalah pakaian dan tatanan gaya rambut, tapi juga menyangkut tentang kondisi kesehatan tubuh dan psikis. Tubuh yang fit dan pikiran yang relaks akan mampu memberi kesan bagi si dia bahwa anda adalah orang tepat dan sempurna untuk dirinya. Perhatikan juga bau mulut anda. Baju yang rapi, kondisi badan fit dan segar, serta beban pikiran yang ringan akan membuat anda bisa tampil maksimal di depan si dia.

Persiapan Bahan Pembicaraan
Komunikasi yang lancar saat ngobrol akan mampu mencairkan suasana. Kencan dingin yang sedikit pembicaraan dan basa-basi akan menjadikan dirinya berpikir ulang tentang cintanya untuk anda. Jangan sampai dia berpikir “kamu itu nggak asyik and ngebosanin!” Maka sebelum berangkat ke tempat perjuangan, persiapkanlah bahan-bahan pembicaraan yang akan menjadi topik untuk menghangatkan suasana. 

Jika Anda takut lupa, catatlah dalam kertas kecil tentang hal-hal yang akan anda gali untuk bahan obrolan. Misalnya tentang hobi si doi, barang kesukaannya, trend musik atau berita yang lagi naik daun, tentang sekolahnya, pekerjaannya, dan sebagainya. Usahakan berbicara banyak atau bertanya tentang dirinya, dan jangan banyak membicarakan tentang diri anda sendiri. Idealnya 70% : 30 %, artinya 70 persen tentang si dia, dan 30 persen menceritakan diri anda. Hal tersebut bertujuan untuk membangun citra, bahwa anda benar-benar tertarik dengan dirinya.

Coba Tentukan Tempat Alternatif
Mungkin ketika kencan pertama dengan si dia, anda dan si dia telah mempunyai kesepakatan tentang tempat janjian bertemu. Entah itu di taman, restaurant, cafe, di bioskop, ataupun di tempat lainnya. Namun, itu bukan jaminan bahwa kencan disana akan berjalan mulus. Maka pikirkanlah untuk menyediakan tempat cadangan atau tempat alternatif manakala di tempat janjian tersebut tidak bisa berjalan maksimal.

Jangan Lupa Dana Cadangan
Ini merupakan salah satu point penting dalam membuat kesuksesan kencan pertama. Dana cadangan akan berguna untuk menghindari diri anda dari rasa malu. Bayangkan jika misalnya anda ngdate di restaurant mewah, kemudian tiba-tiba adiknya datang dan minta makan bareng besama, wah bisa brabe jika uang untuk traktir si doi tidak mencukupi biaya tambahan. Bisa terlihat mati kutu! Maka kencan pertama harus mempersiapkan uang tambahan, meskipun anda harus ngutang sana-sini.


Awas..., Jangan Lakukan 4 Kesalahan Ini Saat Kencan Pertama

Kata orang “first date” atau kencan pertama merupakan moment penting dalam menentukan sukses tidaknya jalinan cinta dengan si dia. Kencan pertama akan mampu memberi kesan yang mendalam dengan si dia. Sedikit saja kesalahan yang kita lakukan saat kencan pertama, akan bisa berdampak buruk bagi kita. Mungkin dia akan tidak respect, bahkan benci dengan kita.

kencan pertama

Agar hal itu tidak terjadi, maka kita harus berusaha agar seminimal mungkin melakukan kesalahan. Berikut adalah empat macam kesalahan yang sering dilakukan orang ketika menjalani kencan pertama.

1. Sibuk Dengan Gadget
Gadget seperti handphone ataupun komputer tablet bukan lagi dianggap sebagai barang mewah. Sering utak-atik gadget, seperti sms-an, internetan, ataupun main game saat si dia sedang berada di dekat anda adalah kesalahan fatal. Kawan bisa dianggap tidak menghargai dia atau malah akan dianggap sombong punya gadget yang mewah. Hal ini akan membuat si doi berpikir ulang tentang tawaran cintanya kepada anda. Jadi fokuslah pada kencan anda, silent-kan handphone anda agar suasana romansa tidak terganggu.

2. Membicarakan Tentang Diri Sendiri
Diri anda, keluarga anda, teman-teman anda, kehidupan anda sehari-hari adalah hal yang tidak bagus. Terlalu banyak membicarakan diri sendiri akan memberikan kesan sombong bagi orang yang mendengarnya, termasuk juga si doi. Bicaralah tentang si doi. Selain anda bisa mengetahui seluk – beluk tetang dirinya lebih mendetail, ini juga akan memberi kesan bahwa anda sangat ingin memperhatikan dirinya.  Dan ingat, jangan pernah membicarakan tentang mantan-mantan anda, meskipun mantan anda itu seorang bintang televisi.

3. Melirik Cewek/Cowok Lain
Melirik cowok/cewek lain saat kencan pertama juga merupakan kesalahan besar. Apalagi kalau yang anda lirik lebih cantik/tampan dari si dia. Dia akan merasa “down” dan mengganggap anda tidak serius untuk melanjutkan hubungan.  Dia akan berpikir untuk menganggap anda sebagai teman biasa saja atau mungkin memutuskan hubungan karena tingkah kecil tersebut. Jadi fokuslah pada pasangan anda, tutup mata anda untuk sementara waktu pada orang lain yang mungkin bodinya lebih menarik.

4. Tidak Mampu Membaca Situasi
Pintar membaca situasi terutama yang terkait dengan perasaan si dia adalah kunci sukses dalam menarik hatinya. Anda harus memperhatikan tempat anda duduk berdua, situasi di sekeliling anda, dan respon si dia. Lihatlah apakah si doi merasa nyaman, atau merasa jenuh. Bacalah raut wajahnya, jika ia merasa kepanasan dan terlihat dahaga, maka carilah tempat minum yang nyaman. Tebaklah apa yang sedang dibutuhkan dia saat itu. Jika anda mampu menebak dan memenuhi keinginannya walaupun tidak ia utarakan, maka itu akan menjadi nilai plus kuadrat buat anda di mata si doi. Jadi pandai-pandailah membaca situasi.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait