Keunikan Gaya Pacaran Pelajar Jepang

Selain Korsel dan China, salah satu trend setter dalam bidang teknologi dan fashion bagi para kaula muda Indonesia adalah negara Jepang. Jepang memang memiliki banyak pesona yang membuat kagum bangsa-bangsa lain di Asia. Selain kemajuan teknologi dan kepopuleran style busananya, bidang hiburan di negeri sakura tersebut juga menarik untuk selalu diikuti. 

Banyak lagu dan film Jepang yang sudah familiar di tanah air. Serial drama cinta dari Jepang sering menghiasi layar televisi di Indonesia, termasuk drama cinta para pelajar Jepang. Tahukah anda, bahwa kisah kasih anak sekolah bangsa Jepang memiliki beberapa keunikan tersendiri, yaitu:

pelajar gadis siswa jepang

Cewek Sudah Lumrah Nyatain Cinta Duluan
Di Jepang, pelajar perempuan biasa menyatakan rasa suka dan cintanya terlebih dahulu. Bagi mereka hal itu adalah wajar. Ada satu hal lucu ketika menyatakan cinta tersebut. Jika cinta si cewek tidak bertepuk sebelah tangan, maka cowok yang ditem’baknya tersebut akan  memberikan kancing ke-2 baju seragamnya (dai-ni). Kancing baju yang kedua tersebut letaknya tepat di bagian dada (dekat dengan hati) yang bermakna bahwa si cowok telah bersedia memberikan hati dan cintanya pada cewek tersebut.

Ketemuan Dan Traktir Sendiri-sendiri
Di Jepang tidak ada acara traktir-traktiran dalam acara kencan para pelajar. Walaupun mereka ngedate di cafe, tetap yang bayar adalah sendiri-sendiri. Bagi mereka tidak pantas membuang-buang orang tua untuk urusan cinta. Jika mau traktir harus bisa menghasilkan uang sendiri. Selain itu juga, tidak ada yang namanya acara antar jemput untuk menuju ke tempat pacaran. Mereka datang dan pergi secara mandiri.

Tradisi Valentine & White Day
Di Jepang ada dua tradisi yang bertemakan cinta, yaitu hari Valentin (14 Februari) dan hari Puith (14 Maret). Pada hari Valentin para wanita Jepang memberikan hadiah (misalnya coklat) kepada pria yang dicintainya, kemudian hadiah itu dibalas oleh kaum pria sebulan kemudian di acara White Day dengan memberikan bingkisan yang berupa kue kering, permen, atau marshmellow. Untuk mengikuti tradisi ini, para pelajar Jepang biasanya melakukan kerja paruh waktu mengumpulkan uang untuk membeli suatu hadiah yang akan dipersembahkan kepada kekasih tercintanya yang sesama pelajar.

Penggunaan Pakaian Seragam
Satu keunikan seragam sekolah siswi SMP-SMA Jepang adalah bentuknya yang mirip dengan pakaian angkatan laut dengan scarf yang melilit di leher. Umumnya, jika kita telah pulang sekolah, pasti dengan cepat-cepat mengganti pakaian tersebut dengan kaos rumah. Hal tersebut ternyata sedikit berbeda dengan pelajar di Jepang, terutama pelajar cewek. Bagi siswi-siswi Jepang, pakaian seragam tersebut ternyata juga sering dipakai bermain setelah pulang sekolah karena mereka menganggap dengan tetap berpakaian tersebut, ia akan terlihat lebih ‘cute’ untuk menarik perhatian cowoknya.

Nah, demikianlah gambaran singkat tentang seluk - beluk gaya pacaran siswa-siswa di Jepang. Lalu, bagaimana dengan cinta anak sekolah di Indonesia. Berikut ini disajikan hal-hal unik yang mungkin menjadi kenangan anda saat pacaran di sekolah.

ruang kelas

Masa-masa SMA merupakan masa-masa yang penuh dengan dinamika dan dikatakan sebagai masa puncaknya remaja. Masa keemasan seorang anak muda. Dalam masa ini, seorang anak SMA memiliki jiwa yang lebih labil, egoisme, dan penuh emosi, sedikit salah melangkah maka buruk akibatnya. Pada tingkat ini, banyak pelajar yang mulai mengenal apa yang namanya cinta, Cinta Monyet kata orang. Banyak pelajar yang tidak menyia-nyiakan masa-masa ini untuk menemukan cinta yang kelak akan menjadi kenangan ketika telah lulus nanti. Kisah cinta yang tumbuh di sekolah memang penuh dengan lika-liku keunikan. Berikut adalah empat hal unik tentang cinta yang biasanya terjadi di bangku sekolah:

1. Target Cinta
Dalam suatu sekolah, pelajar-pelajar yang diburu dan dijadikan sebagai target cinta oleh teman-temannya yang lain adalah siswa yang cerdas, siswa yang tajir, berwajah lumayan, dan anak-anak gaul. Seorang pelajar yang tergolong pintar merupakan anak kesayangan guru dan sering menjadi incaran untuk dijadikan pacar dengan berbagai alasan. Pelajar yang financialnya mapan juga sangat mudah memiliki pacar di sekolah. Siswa atau siswi yang berwajah ‘cute’ selalu menjadi pusat perhatian, dan pelajar yang bernampilan gaul (misalnya anak band / cheersleader) juga memiliki daya tarik tersendiri. Mereka adalah anak-anak yang bisa dengan mudah mencari pacar di sekolah.

2. Tempat & Media Cinta
Tak sedikit pelajar yang memanfaatkan waktu luangnya di sekolah untuk pacaran. Biasanya mereka mencari tempat yang enak untuk ngobrol berdua. Tempat-tempat di sekolah yang sering dijadikan sebagai tempat ‘mojok’ antara lain : gudang sekolah, toilet siswa, taman belakang sekolah, perpustakaan, dan juga kantin sekolah. Tempat-tempat tersebut sering diadakan razia oleh pihak sekolah. Sementara itu, media yang paling sering digunakan untuk mengungkapkan perasaan cinta adalah melalui mading sekolah. biasanya lewat puisi cinta, cerpen, maupun karikatur cinta.

3. Problema Cinta
Keunikan lain yang terjadi dalam kisah kasih di sekolah adalah berbagai permasalahannya. Misalnya ada cinta terlarang, dimana seorang pelajar yang mengidolakan gurunya. Ada juga konflik cinta antara sesama pelajar, dimana cara menyelesaikannya biasanya lewat adu jotos dan adu jambak, dan lain sebagainya. Problema-problema cinta tersebut sering menjadi biang kerokk jatuhnya prestasi seorang pelajar.

4. Trik & Intrik Cinta
Tak jarang beberapa pelajar melakukan berbagai trik dan intrik dalam aksi cinta kasih di sekolah, misalnya mengelabui guru ketika pelajaran sedang berlangsung, membohongi ortu untuk mendapatkan uang jajan lebih demi bisa traktir si Doi, dan sebagainya. Mereka melakukan trik dan intrik yang umumnya cara-cara yang tidak sehat. Tapi hal itulah yang sering menjadi kebanggaan dan cerita klasik ketika mereka telah tamat nanti.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait