iPhone 6 dan iPhone 6 Plus Favoritku, Mungkin Juga iPhone 7

Iphone 7 segera meluncur, sembari menanti moment tersebut kita flashback lagi tentang iPhone 6. Di bulan September 2014, produsen smartphone kelas premium, Apple. Inc telah meluncurkan produk iPhone terbarunya. Mereka meluncurkan dua seri ponsel sekaligus, yakni iPhone 6 dan iPhone 6 Plus. Apa perbedaan iPhone 6 dengan iPhone 6 Plus? Satu hal yang paling terlihat adalah ukuran layarnya.

iPhone 6 memiliki bentang layar 4,7 inch, sedangkan iPhone 6 Plus dibekali layar lebih besar, yakni 5,5 inch. Bagaimana kesan pertama Anda saat melihat kedua ponsel pintar tersebut? Banyak pengamat teknologi menyatakan bahwa iPhone terbaru Apple terlihat begitu tipis, mewah dan eyecatching.

iphone6

Dengan tampilan layar yang lebih lebar, body yang lebih tipis, sudut tepi yang melengkung, serta desain iPad-style yang baru pertama kali disematkan dalam produk iPhone menjadikan ponsel pintar ini layak anda pilih. Seperti biasanya, para teknisi Apple selalu berupaya meningkatkan kualitas dan performa ponsel terbarunya agar lebih baik dari produk sebelumnya. iPhone 6 dan iPhone 6 Plus menawarkan prosesor yang lebih kuat, kamera yang lebih bagus, daya baterai yang lebih baik, dan fitur sistem pembayaran terbaru Apple Pay.

Tidak seperti ponsel lain yang hadir dengan balutan body aneka warna, iPhone hanya diproduksi dengan warna cassing terbatas, yakni Gold, Silver, dan Space Gray yang mencerminkan warna-warna premium. Anda akan mendapatkan kesan prestise dan berkelas saat menggengam ponsel cerdas terbaru buatan Apple ini.

Dengan menghadirkan duet smartphone sekaligus, Apple tampaknya ingin meraup pangsa pasar menengah dan atas. iPhone 6 lebih ditujukan kepada konsumen ekonomi menengah, sementara iPhone 6 Plus yang berspesifikasi lebih tinggi menyasar konsumen yang berkantong tebal. iPhone 6 hadir dengan dimensi layar 4,7 inci yang memiliki kerapatan piksel 1334 x 750 (326 ppi). Ketebalan bodinya sekitar 6,9 mm. Sementara iPhone 6 Plus memiliki bentang layar 5,5 inci dengan resolusi 1920 x 1080 pixel (401 ppi).

Duos smartphone Apple ini mempunyai peningkatan tampilan layar Retina HD Display yang membuat tampilan lebih jernih dan tajam. Ketebalan fisik iPhone 6 Plus sedikit lebih tebal dari saudaranya, yakni 7,1 mm. Namun selisih ketebalan 0,2 mm tersebut tidaklah terlalu terasa saat dalam genggaman. Dalam urusan kapasitas memory di kedua ponsel tersebut, Apple memberikan 3 pilihan, yaitu iPhone 16 GB, 64 GB, dan 128 GB.

Dalam urusan performa dan fitur, iPhone 6 Plus dibekali tiga keunggulan utama yang tidak dimiliki oleh iPhone 6, yakni optical image stabilization untuk kamera, daya tahan baterai yang lebih lama, dan iPad-style landscape mode yang mampu menampilkan lebih banyak konten pada layar lansekap. Meskipun iPhone 6 Plus disematkan fitur optical image stabilization, bukan berarti kualitas kamera pada iPhone 6 biasa-biasa saja.

Kedua ponsel ini telah mendapatkan perbaikan signifikan pada performa kameranya, yakni berupa upgrade sensor, tone mapping, pengurangan kebisingan suara kamera, teknologi Focus Pixel yang membuat gadget mampu memilih titik utama auto fokusnya. Kedua iPhone ini memiliki kamera belakang 8 mega piksel dan kamera depan 1,2 mega piksel yang juga telah diupgrade dengan f/2.2 aperture yang memungkinkan lebih banyak cahaya serta kemampuan mode burst terbaru. Dalam urusan video, Apple juga melakukan peningkatan inovasi. Yang baru adalah fitur opsi 240fps slo-mo serta dukungan pengambilan gambar video berukuran 1080p pada 60 frame per second.

iphone 7
Next iPhone 7

Desain yang diciptakan pada iPhone 6 dan iPhone 6 Plus sangat elegan dan berkelas. Dengan sudut bulat yang lembut dan layar kaca melengkung yang menyatu dengan body metalnya memberikan kesan stylish seperti desain iPad dan iPod, serta agak berbeda dengan pendahulunya, iPhone 5s. Tombol volume yang terletak di sisi kiri perangkat sekarang berbentuk membulat seperti kapsul, dan tombol power terletak di sisi kanan sangat mudah dan nyaman digunakan dengan satu tangan.

Apple telah memikirkan kenyamanan dan kemudahan pengguna dalam mengoperasikan iPhone dengan satu tangan. Salah satu yang menarik adalah fitur Double Tap (dua ketukan) pada tombol Home yang disebut "Reachability" yang membuat tampilan menu maupun aplikasi hanya setengah layar, sehingga bisa mengakses lebih cepat dengan satu tangan. Misalnya saat menggunakan browser internet, kita harus menggerakkan jari kita ujung atas layar untuk mengetikkan url atau kata pada kolom tab, sehingga sangat tidak praktis. Tapi dengan fitur double tap tersebut maka segalanya lebih praktis dan mudah.

Spesifikasi Lengkap iPhone 6 dan iPhone 6 Plus

Penjualan perdana iPhone 6 dan Dengan harga unlock dan harga kontrak yang bervariasi di berbagai kawasan negara, iPhone 6 dan iPhone Plus telah memulai debut penjualannya pada 19 September 2014. Negara-negara yang pertama mendapat jatah penjualan, antara lain Amerika Serikat, Inggris, Australia, Hongkong, Jerman, Kanada, Prancis, Jepang, Puerto Rico, dan Singapura. Menurut perwakilan Apple, respon konsumen terhadap iPhone 6 dan iPhone 6 Plus sungguh luar biasa, sehingga dalam sekejap pre order yang disediakan telah ludes. Untuk pasar di Indonesia, kehadian smartphone terbaru Apple ini kemungkinan pada gelombang ke dua atau ke tiga. Harga iPhone 6 diperkirakan sekitar 9 jutaan rupiah untuk versi termurah.

Sebelum anda memutuskan untuk membeli iPhone 6 atau pun iPhone 6 Plus, ada baiknya mencermati dulu spesifikasi-spesifikasi yang dibawa oleh kedua ponsel ini.

Spesifikasi Lengkap iPhone 6

Dalam urusan network, iPhone 6 telah dibekali jaringan LTE 4G dengan model Nano-Sim (kartu Sim yang paling kecil). Smartphone premium Apple ini memiliki ketebalan 6,9 mm dengan berat 129 gram. Layar iPhone 6 adalah berupa layar sentuh kapsitif LED-backlit IPS LCD 16 juta warna. Bentang layarnya 4,7 inch dengan resolusi 750 x 1334 piksel dan kerapatan pikselnya sekitar 326 ppi.

Dalam urusan dapur pacunya, smartphone yang memakai iOS versi 8 ini telah dibekali dengan memori RAM 1 GB yang membuat performa ponsel lancar (smooth). CPU-nya adalah Dual-core 1,4 GHZ Cyclone (ARM v8-based). Sementara itu, ada 3 pilihan kapasitas memory yang tersedia dalam iPhone 6, yakni 16 GB, 64 GB, dan 128 GB. Namun sayangnya tidak terdapat slot kartu memory ekstra.

Kualitas jepretan kamera yang dihasilkan oleh iPhone 6 tidak perlu diragukan lagi. Ponsel eksklusif ini mempunyai dua buah kamera, yakni kamera belakang 8 Mega Pixel dan kamera depan sebesar 1,2 MP yang berguna untuk fitur pengenal wajah dan video call (face time) serta foto selfie. Jenis baterai yang digunakan dalam iPhone 6 adalah Non-removable Li-on battery yang mampu bertahan 1,5 hari dengan pemakaian normal.Spesifikasi Lengkap iPhone 6 Plus

iPhone 6 Plus dihadirkan dengan bentang layar yang besar. Kehadirannya diprediksi untuk menjangkau pangsa pasar phablet (ponsel tablet) yang mulai digemari konsumen. Banyak orang yang beranggapan bahwa rasa percaya diri akan muncul jika menggenggam ponsel dengan layar yang lebih besar, tetapi bukan gadget tablet. Maka, iPhone 6 Plus menjadi salah satu gadget alternatif yang mumpuni.

Dalam urusan network, iPhone 6 Plus telah dibekali jaringan LTE 4G dengan model Nano-Sim (kartu Sim yang paling kecil). Smartphone premium Apple ini memiliki ketebalan 7,1 mm, lebih tebal sedikit dari saudaranya iPhone 6, dengan berat 172 gram. Berbicara soal layar, iPhone 6 Plus memakai layar sentuh kapsitif LED-backlit IPS LCD 16 juta warna. Bentang layarnya 5,5 inch dengan resolusi high definition 1080 x 1920 piksel dan kerapatan pikselnya sekitar 401 ppi. Sangat jernih dan terang saat digunakan dibawah sinar matahari.

Kualitas jepretan kamera yang dihasilkan oleh iPhone 6 Plus tidak perlu diragukan lagi. Ponsel eksklusif ini mempunyai dua buah kamera, yakni kamera belakang 8 Mega Pixel dan kamera depan sebesar 1,2 MP yang berguna untuk fitur pengenal wajah dan video call (face time) serta foto selfie. Yang menjadi nilai tambah dari iPhone 6 Plus dalam sisi kamera adalah adanya fitur Optical Image Stabilitation yang tidak terdapat pada iPhone 6.

Dalam urusan dapur pacunya, smartphone yang memakai iOS versi 8 ini telah dibekali dengan memori RAM 1 GB yang membuat performa ponsel lancar (smooth). CPU-nya adalah Dual-core 1,4 GHZ Cyclone (ARM v8-based). Sementara itu, ada 3 pilihan kapasitas memory yang tersedia dalam iPhone 6, yakni 16 GB, 64 GB, dan 128 GB. Namun sayangnya tidak terdapat slot kartu memory ekstra. Jenis baterai yang digunakan dalam iPhone 6 adalah Non-removable Li-on battery yang mampu bertahan 2 hari dengan pemakaian normal.

Reviews dan Opini tentang iPhone 6 dan iPhone 6 Plus

Seperti biasanya kehadiran gadget - gadget buatan Apple selalu mendapat perhatian masyarakat dunia khususnya para ahli dan pengamat teknologi. Mereka memberikan komentar, pendapat, ulasan maupun review terkait dengan produk yang telah diperkenalkan oleh Apple. Ada yang memuji dan banyak pula yang mengkritik. Nah, pada bulan September 2014 perusahaan global ini telah memperkenalkan dua smartphone terbarunya yang diberi nama iPhone 6 dan iPhone 6 Plus. Beragam inovasi dan peningkatan performa yang dihadirkan pada perangkat iPhone baru tersebut mendapat banyak tanggapan dari para experts. Berikut adalah rangkuman beberapa pendapat dari pemerhati teknologi dunia:

1. Brad Molen, pengelola situs Engadget menyatakan: "Kedua iPhone terbaru lebih tipis dari pendahulunya, dimana iPhone 5s setebal 7,6 mm sementara iPhone 6 lebih tipis yakni 6,9 mm dan iPhone 6 Plus berukuran 7,1 mm. Saya tidak selalu setuju bahwa yang lebih tipis adalah yang lebih baik, tapi dalam kasus iPhone terbaru ini, ketipisan akan membuat genggaman lebih terasa nyaman, jika seandainya dibandingkan dengan ukuran yang sama dengan iPhone 5s. Jika saya memilih, maka saya lebih menyarankan iPhone 6 dibandingkan dengan iPhone 6 Plus, karena iPhone 6 lebih pas digenggam."

2. David Pierce dan Nilay Patel pada situs The Verge dalam reviewnya menyatakan bahwa "Ponsel dengan ukuran jumbo memerlukan baterai yang lebih besar. iPhone 6 Plus adalah phablet dengan daya baterai yang besar. Saya mendapatkan masa pemakaian baterai sekitar 2 hari dengan penggunaan secara reguler, sedikit lebih lama dari iPhone 6 yang bertahan selama satu setengah hari sama seperti dengan Galaxy Note 3.

3. Walt Mossberg dan Lauren Goode yang merupakan penulis di situs recode.net menyatakan "Dalam tes yang saya lakukan, saya mendapatkan bahwa kecepatan wifi pada iPhone 6, baik downstream maupun upstream dua kali lebih cepat dari iPhone 5s dan sekitar 25 persen lebih cepat dari Samsung Galaxy S5. Tapi aku juga melihat sedikit perbedaan dalam kecepatan LTE baik pada Verizon maupun AT&T.;"

4. Jim Dalrymple pengasuh blog The Loop mengungkapkan "Saya pada awalnya merasa agak canggung ketika menggunakan iphone 6 plus. Itu rasanya seperti menggunakan ipad versi mini tapi ini adalah telepon. Saya memerlukan waktu yang agak lama agar terbiasa menggunakannya, dan akhirnya saya merasa bahwa layar yang lebih besar memang lebih menyenangkan."

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait