Inilah 8 Manfaat Yoga untuk Ibu Hamil

Mengapa Wanita Perlu Berlatih Yoga saat Hamil? Yoga adalah sebuah ilmu yang menjelaskan kaitan antara fisik, mental,  dan spiritual manusia untuk mencapai kesehatan yang menyeluruh. Kata Yoga berasal dari bahasa Sanskerta yang memiliki makna union atau persatuan. Yoga terbentuk dari kebudayaan India kuno yang diperkirakan sejak 5.000 tahun lalu. 

Latihan yoga bertujuan untuk pengendalian diri sehingga kelak dapat menyatu dengan Sang Pencipta. Yoga banyak memberi manfaat, sehingga sering diterapkan oleh semua kalangan, termasuk ibu-ibu hamil.

Baca juga: Cara Hidup Sehat Ibu Hamil dan Persiapan Melahirkan

Apa Manfaat Berlatih Yoga bagi Kehamilan? 

senam yoga hamil
Aktivitas yoga dalam praktiknya sering diidentikan dengan gerakan - gerakan yang sulit. Namun, untuk yoga bagi wanita hamil dilakukan dengan formasi tubuh yang aman bagi jabang bayi. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa diperoleh bagi ibu-ibu hamil yang melakukan senam yoga.

#1. Yoga dapat meningkatkan kekuatan dan stamina tubuh saat hamil.

#2. Latihan yoga mampu melancarkan sirkulasi darah dan asupan oksigen ke janin.

#3. Yoga juga berperan untuk mengurangi kecemasan dan mempersiapkan mental sang ibu untuk menghadapi persalinan.

#4. Mengatasi beberapa penyakit yang sering dialami oleh ibu-ibu hamil, seperti sakit punggung dan pinggang, skiatika, (sembelit), konstipasi saluran urine yang lemah, pegal-pegal dan bengkak pada sendi.

#5. Melatih otot perineum atau otot dasar panggul yang berfungsi sebagai otot kelahiran: membuatnya lebih kuat dan elastis sehingga mempermudah proses kelahiran.

#6. Mempermudah proses kelahiran. Yoga mengajarkan teknik-teknik penguasaan tubuh dan menekankan bahwa otot yang tegang tak akan membantu saat persalinan. Saat tubuh tegang pikiran akan tegang dan Anda akan cenderung menahan napas. Dengan berlatih yoga untuk kehamilan secara teratur, Anda akan mampu mengenali munculnya setiap ketegangan tersebut dan menjaga agar suasana pikiran tetap santai dan relaks, menjaga napas tetap dalam, yang pada akhirnya membuat otot tubuh juga lemas dan relaks sehingga mempermudah proses kelahiran.

#7. Latihan yoga juga mampu membuat jalinan komunikasi antara ibu dan anak menjadi lebih intens sejak masih berada di dalam kandungan.

#8. Mempercepat pemulihan. Yoga membantu ibu yang telah melahirkan agar cepat sembuh setelah melewati proses bersalin yang sulit.

Demikianlah aneka manfaat yang bisa dirasakan bagi ibu-ibu hamil yang melakukan yoga. Referensi tulisan ini diambil dari Buku Yoga Untuk Kehamilan karya Pujiastuti Sindhu.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait