Deretan Tempat Menyelam (Spot Diving) Bagus di Bali

Menyelam (diving) adalah salah satu aktivitas yang banyak dilakukan wisatawan saat berlibur ke pulau Bali. Mereka sering menghabiskan banyak uang dan waktu untuk menikmati liburannya di bawah laut. Bisa berenang di antara puluhan ikan, menyentuh terumbu karang dan mengambil gambar keindahan pemandangan laut adalah sensasi yang luar biasa. Pengalaman luar biasa ini menjadi salah satu daya tarik pariwisata Bali selain seni dan budayanya.

Untuk menjadikan liburan anda lebih berkesan, ada beberapa tempat menyelam yang sangat bagus di Bali, diantaranya di Pulau Menjangan, Tulamben, dan juga Nusa Lembongan.

Panorama Cantik Bawah Laut di Pulau Menjangan 

Pulau menjangan adalah sebuah pulau yang terletak di sebelah barat laut pulau Bali. Selat antara pulau menjangan dengan Bali adalah daerah terumbu karang yang sangat cantik. Cuaca yang hangat di sekitar pulau ini membuat laut pulau ini menjadi tempat hidup aneka ragam biota laut.

diving pulau menjangan bali

Kecantikan panorama laut pulau Menjangan membuat para wisatawan menjadikan spot diving ini sebagai target utama dalam liburan ke bali. Jika anda telah selesai menyelam, anda dapat singgah di pulau ini untuk melihat lebih dekat keunikan pura yang di pulau ini.

Pesona Bersejarah Laut Tulamben 

Tulamben adalah sebuah desa yang terletak di kecamatan Kubu, kabupaten Karangasem. Tulamben berasal dari kata Batu Lambih yang artinya banyak batu ketika terjadi letusan gunung Agung. Tulamben merupakan salah satu kawasan menyelam terbaik di Bali. Ketika anda menyelam di Tulamben, anda akan menjumpai bangkai kapal perang amerika serikat USAT Liberty yang tenggelam setelah dibom oleh kapal selam  Jepang. Dengan cuaca yang cukup panas di kawasan ini, membuat penyelaman anda akan terasa lebih seru.

Gugusan Karang Indah di Nusa Lembongan 

Nusa Lembongan adalah sebuah pulau kecil yang terletak sebelah tenggara Bali, wilayah kabupaten Klungkung. Pulau ini adalah salah satu deretan dari tiga Pulau kecil di  tenggara Bali yaitu Nusa Penida, Nusa Ceningan, dan Nusa Lembongan yang dipisahkan oleh selat Badung. Gugusan karang laut di perairan selat pulau ini adalah daya tarik yang besar bagi para penyelam. Selain itu, anda juga bisa belajar tentang industri rumput laut yang dikembangkan di pulau ini. Jika anda ingin hal lain, anda bisa mengunjungi objek wisata Goa Gala di pulau Nusa Lembongan.

Amed, Tempat Diving yang Bagus di Bali Timur

Pantai Amed merupakan salah satu kawasan wisata yang populer sebagai tempat diving terbaik di Bali. Pantai Amed terletak di Desa Amed, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem. Dari Kota Denpasar Anda akan memakan waktu sekitar 2,5 jam perjalanan. Sebelum dijadikan sebagai kawasan wisata, pantai Amed sebelumnya dikenal sebagai salah satu sentra produksi garam lokal. Daerah pantai Amed memiliki pemandangan alam yang indah dengan pasir hitam. Suasananya sangat tenang, sehingga Anda akan merasa damai beristirahat di daerah ini.

pantai amed

Sebagai obyek wisata bahari, Amed memiliki panorama bawah laut yang indah. Banyak wisatawan yang melakukan snorkeling atau diving. Deburan gelombang ombaknya sangat tenang. Anda dapat melihat karang dan ikan tanpa perlu menyelam. Tetapi jika Anda ingin melihat pemandangan bawah laut yang lebih indah, maka silakan ambil paket diving. Kedalaman laut Amed rata-rata 20 meter dengan arus laut yang lembut, sehingga sangat cocok untuk para amatir.

Hal lain yang juga menjadi daya tarik dalam kegiatan diving di Amed adalah menyelam ke bekas kapal perang Jepang yang telah tenggelam selama pendudukan Jepang di Bali sekitar tahun 1944. Kapal karam tersebut merupakan rumah bagi ikan-ikan dan biota laut lainnya. Titik poin menyelam lain di kawasan Amed adalah Jemeluk.

Pesona Amed ternyata tidak hanya keindahan panorama bawah lautnya saja, tetapi juga pemandangan matahari terbitnya. Pantai Amed terletak di wilayah timur pulau Bali. Setiap pagi, banyak wisatawan mengambil gambar untuk mengabadikan panorama sunrise di pantai Amed. Akomodasi wisata di daerah Amed, seperti penginapan murah, restoran, rent car, spa, dan bar telah tersedia lengkap di sini. Jadi, jangan ragu-ragu berwisata ke pantai Amed - Bali.

Demikianlah tempat-tempat menyelam di Bali yang menarik untuk dikunjungi. Ada juga pilihan lain, misalnya Tanjung Benoa, Desa Pemuteran, dan juga Padang Bai.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait