Daftar Mata Uang dengan Nilai Tukar Lebih Tinggi dari Dollar AS

Mata uang Amerika Serikat (USD) merupakan mata uang terpopuler yang sering dijadikan sebagai sarana transaksi lintas negara. Dolar AS juga digunakan secara luas di dunia internasional sebagai kurs cadangan devisa di luar negeri. Sebagai salah satu negara besar dengan pengaruh ekonomi yang kuat terhadap dunia, mata uang dolar AS menjadi patokan terhadap nilai tukar mata uang negara - negara di dunia.

Nah, meskipun sebagai negara besar dengan pengaruh ekonomi yang kuat, namun ada beberapa negara di dunia yang nilai tukar mata uangnya lebih kuat dari pada dolar. Kekuatan nilai uang tersebut dipengaruhi beragam faktor, mulai dari stabilitas ekonomi, volume perdagangan, pendapatan masyarakat, hingga sosial politk. Berikut ini disajikan deretan mata uang negara- negara di dunia yang nilai tukarnya (currency) lebih tinggi terhadap US dollar. 

Daftar Mata Uang yang Nilai Tukarnya Lebih Kuat dari US Dollar


KWD (Kuwaiti Dinar)
Daftar Mata Uang dengan Nilai Tukar Lebih Tinggi dari Dollar AS
Ini adalah mata uang negara Kuwait, 1 USD = 0,3 KWD, dan sebaliknya 1 KWD = 3,32 USD. Artinya 1 Dinar Kuwait setara dengan 3,32 dolar amerika. Mata uang negara Kuwait merupakan yang terkuat saat ini. Sebagai sumber penghasil minyak bumi terbesar, tentu para investor dan pebisnis energi sangat sering bertransaksi dalam perdagangan internasional yang melibatkan negara timur tengah ini. Kucuran dolar yang membanjiri negara ini membuat nilai mata uang negara tersebut (KWD) menjadi semakin perkasa.

BHD (Bahraini Dinar)
bahrain dinar
Ini adalah mata uang negara Bahrain, 1 USD = 0,37 BHD, dan sebaliknya 1 BHD = 2,65 USD. Artinya 1 Dinar Bahrain setara nilainya dengan 2,65 dolar amerika. Keperkasaan mata uang Dinar Bahrain ini tidak terlepas dari kekuatan ekonomi yang dimiliki oleh negara yang terletak di kawasan Timur Tengah tersebut. Dengan sumber daya mineral yang dimiliki, tentu membuat negara Bahrain mempunyai pondasi ekonomi dan keuangan yang kuat.

OMR (Rial Omani)
oman
Ini adalah mata uang negara Oman, 1 USD = 0,39 OMR, atau sebaliknya 1 OMR = 2,6 USD. Artinya 1 Rial Oman setara dengan 2,6 dolar amerika. Sama seperti kedua negara timur tengah yang disebutkan sebelumnya, yakni Kuwait dan Bahrain, negara Oman juga merupakan salah satu sumber energi dunia, penghasil minyak bumi dan gas alam. Negara yang beribukota Muskat ini menjadi salah satu negara muslim terkaya di dunia.

GBP (British Pound)
mata uang british
GBP adalah simbol kode internasional (ISO) untuk mata uang negara Inggris, 1 USD = 0,7 GBP, dan sebaliknya 1 GBP = 1,44 USD. Artinya 1 poundsterling setara dengan 1,44 dolar amerika. Sebagai negara kerajaan yang dulunya memiliki tanah jajahan yang luas, membuat Inggris menjadi negara yang memiliki basis ekonomi yang kuat dengan sokongan sumber daya yang melimpah dari negara - negara persemakmuran yang berada di bawah naungannya.

JOD (Jordanian Dinar)

Ini adalah logo mata uang negara Yordania, 1 USD = 0,71 JOD, atau sebaliknya 1 JOD = 1,41 USD. Artinya 1 Dinar Yordania setara dengan 1,41 dolar amerika. Negara jazirah Arab ini juga merupakan ladangnya minyak bumi dan gas alam yang dibutuhkan seluruh negara di dunia. Tak heran, jika nilai tukar mata uangnya lebih tinggi daripada dolar AS.

KYD (Cayman Island Dollar)
Ini adalah mata uang negara Kepulauan Cayman, 1 USD = 0,82 KYD, atau 1 KYD = 1,21 USD. Sebenarnya, Kepulauan Cayman adalah sebuah wilayah luar negeri Britania Raya di Laut Karibia bagian barat. Ini artinya, negara yang belum memperoleh kemerdekaannya ini masih berada di bawah naungan kerajaan Inggris. Selain Kepulauan Cayman, Inggris memiliki banyak Wilayah Seberang Laut Britania (bahasa Inggris: British Overseas Territories) yang nama mata uangnya disesuaikan dengan wilayah setempat. Sebagian besar menggunakan pound, sementara di kepulauan Cayman menggunakan dollar cayman yang nilai tukarnya hampir sama dengan poundsterling.

EUR (Euro)
mata uang logam eropa
Euro adalah mata uang negara - negara persatuan Eropa, 1 USD = 0,89 EUR, atau sebaliknya 1 EUR = 1,13 USD. Saat ini, ada sekitar 19 negara yang telah mengaplikasikan penggunaan uang Euro, baik secara giral maupun kartal.  Uang kertas Euro di mana-mana rupanya sama, tetapi uang logamnya di belakang berbeda-beda. Uang logam setiap negara diberi lambangnya sendiri.

CHF (Swiss Franc)
Franc Swiss adalah mata uang negara Swiss yang resmi dipakai sejak ahun 1798. Nilai 1 USD = 0,96 CHF, dan sebaliknya 1 CHF = 1,04 USD. Negara Swiss merupakan salah satu negara maju di kawasan benua Eropa dengan perekonomian yang sangat stabil, makmur, dan berteknologi tinggi. Tingkat pengangguran penduduknya sangat rendah, sementara pendapatan per kapitanya cukup tinggi. Dengan kondisi ini, nilai mata uang Swiss cenderung stabil dan lebih kuat daripada dolar AS.

Nah, demikianlah sejumlah mata uang negara-negara di dunia yang nilai tukarnya lebih besar daripada dolar Amerika Serikat. Data-data di atas dirangkum pada pertengahan tahun 2016, sehingga mungkin saja sudah mengalami sedikit perubahaan pada saat ini.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait