Contoh Format Susunan Proposal dan Sistematika Laporan PTK

Sebelum melakukan penelitian tindakan kelas, guru (peneliti) wajib membuat proposal yang akan diajukan kepada pihak-pihak terkait untuk mendapat persetujuan. Secara umum ada sekitar 13 poin penting yang wajib dicantumkan dalam sebuah proposal PTK. Poin-poin tersebut disusun secara sistematika sesuai dengan pedoman penyusunan usulan PTK, misalnya berpatokan pada format yang diterbitkan oleh Dikti. Adapun unsur-unsur yang harus ditulis dalam usulan PTK antara lain:

1. Judul PTK
Perumusan judul PTK harus singkat dan jelas, namun dapat menggambarkan masalah yang diteliti, tindakan perbaikan, hasil yang diharapkan, dan tempat penelitian. Contohnya: Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas IV SD Maju Jaya dalam IPS melalui Pemberian Contoh


2. Bidang Kajian
Bidang kajian menyangkut tentang masalah pembelajaran yang menjadi fokus penelitian yang akan diusulkan, misalnya: desain dan strategi pembelajaran, penilaian, alat bantu, atau motivasi yang rendah. Pada contoh judul di atas bidang kajian yang dimaksud adalah desain dan strategi pembelajaran.

3. Pendahuluan
Unsur pendahuluan ini mencakup tentang berbagai hal diantaranya tentang deskripsi masalah pembelajaran, proses identifikasi dan analisis masalah, penyebab terjadinya masalah, serta alasan mengapa masalah yang diangkat pada proposal PTK tersebut penting untuk diatasi.

4. Perumusan dan Pemecahan Masalah
Dalam penelitian tindakan kelas, rumusan masalah biasanya dibuat dalam bentuk kalimat tanya. Sementara pemecahan masalah disajikan dalam bentuk alternatif tindakan yang disertai dengan argumentasi mengapa tindakan itu yang dipilih dan paling tepat untuk mengatasi masalah yang terjadi.

5. Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian tidak boleh melenceng dari rumusan masalah dan tindakan perbaikan yang telah diuraikan.

6. Manfaat Penelitian
Pada poin ke 6 ini guru (peneliti) wajib menjelaskan apa manfaat penelitian yang akan di lakukan tersebut, baik bagi guru, siswa dan institusinya.

7. Kajian Pustaka
Kajian pustaka dapat diambil dari berbagai sumber yang relavan. Pada bagian ini beberapa hal yang perlu dituliskan, diantaranya tentang kajian konsep teori atau penelitian lain yang relevan dengan permasalahan dan tindakan yang dirancang, sehingga kerangka pikir yang digunakan dalam penelitian tersebut menjadi lebih jelas.

8. Rencana dan Prosedur Penelitian
Pada bagian ini memuat tentang: 1) Subjek penelitian tempat waktu dan lama tindakan, 2) Prosedur atau langkah-langkah PTK yang akan dilaksanakan. Terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi secara bersiklus.

9. Jadwal Penelitian
Jadwal penelitian sebaiknya ditulis dalam bentuk tabel khusus yang disebut Gantt Chart. Jadwal penelitian membuat semua kegiatan penelitian, mulai dari perencanaan, persiapan, pelaksanaan hingga tahap penulisan dan pelaporan PTK.

10. Biaya Penelitian
Dalam pelaksanaan penelitian tindakan kelas tentu dibutuhkan beragam alat, jasa dan sarana yang harus disediakan. Oleh karena itu pada bagian biaya ini harus dirinci secara logis dan sesuai dengan ketentuan.

11. Personalia Penelitian
Bagian kesebelas ini dimuat identitas tim peneliti serta perannya dalam penelitian.

12. Daftar Pustaka
Pada bagian daftar pustaka dimuat semua sumber yang digunakan sebagai acuan dalam PTK. Penulisan daftar pustaka harus sesuai dengan aturan tertentu misalnya menurut American Psychology Association (APA).

13. Lampiran
Bagian terakhir yang dicantumkan adalah lampiran-lampiran. Pada umumnya, hal yang perlu dilampirkan dalam proposal PTK antara lain: instrumen penelitian, riwayat hidup peneliti, dan surat keterangan lain yang diminta.

Sistematika Laporan PTK

format proposal ptk
Laporan PTK adalah laporan yang ditulis secara sistematis berdasarkan penelitian tindakan kelas yang dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri. Guru perlu membuat hasil penelitiannya dalam bentuk laporan karena merupakan dokumen tertulis yang dapat dijadikan acuan atau diserahkan kepada pihak terkait, serta untuk dapat diketahui umum, khususnya bagi guru-guru yang memiliki permasalahan yang sama dengan penelitian tersebut. Dalam penulisan laporan PTK tersebut, ada sistematika tertentu yang menjadi acuannya. Sistematika laporan PTK pada umumnya tidak jauh berbeda dengan laporan penelitian formal.

Berikut merupakan bentuk umum dari sebuah sistematika laporan PTK:


LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS

Halaman Judul

Lembar Pengesahan

Abstrak
(Memuat sari pati dari setiap komponen penelitian, mulai dari masalah, tujuan penelitian, pelaksanaan, hasil dan pembahasan, simpulan serta saran. Dengan membaca uraian pada Abstrak, pembaca dapat mengetahui gambaran umum mengenai laporan PTK tersebut)

Daftar Isi

I. Pendahuluan
A. Latar Belakang Masalah
B. Rumusan Masalah
C. Tujuan Penelitian
D. Manfaat Penelitian

II. Kajian Pustaka
(Memuat tentang beragam teori atau hasil penelitian yang relavan yang dapat dijadikan acuan dalam merancang perbaikan dan membahas hasil penelitian)

III. Pelaksanaan Penelitian
A. Subjek Penelitian (lokasi, waktu,, mata pelajaran, kelas, dan karakteristik siswa)
B.  Deskripsi per siklus (rencana, pelaksanaan, pengamatan, pengumpulan data, refleksi)

IV. Hasil Penelitian dan Pembahasan
A. Deskripsi per siklus (data tentang rencana, pengamatan, refleksi), keberhasilan dan kegagalan, lengkap dengan data.

B. Pembahasan dari setiap siklus

V. Simpulan dan Saran
A. Simpulan
B. Saran

Daftar Pustaka
(Memuat semua sumber yang digunakan sebagai acuan yang disusun berdasarkan urutan abjad dengan menggunakan gaya penulisan tertentu, misalnya American Psychology Association)

Lampiran (dokumen, surat dan foto yang mendukung laporan PTK tersebut).

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait