Contoh Cara Membuat Simpulan dan Saran Laporan PTK

Salah satu bagian dari sebuah laporan Penelitian Tindakan Kelas adalah Simpulan dan Saran yang merupakan bagian bab akhir. Menyimpulkan adalah mengikhtisarkan atau memberi pendapat berdasarkan apa-apa yang diuraikan sebelumnya. Artinya, kesimpulan atau simpulan merupakan kesudahan pendapat atau pendapat terakhir yang dibuat berdasarkan uraian yang telah dijelaskan sebelumnya.

Dalam kaitan dengan Penelitian Tindakan Kelas, kesimpulan harus disusun secara singkat, padat, jelas dan sesuai uraian. Selain itu, simpulan juga harus mengacu pada pertanyaan peneltian atau tujuan perbaikan yang dirumuskan pada tahap awal penelitian. Penyusunan simpulan pada PTK ditulis secara sistematis sesuai dengan urutan pertanyaan penelitian/tujuan perbaikan.

simpulan ptk

Dalam membuat simpulan, ada beberapa langkah penting yang sebaiknya diperhatikan, antara lain: (1) memeriksa dan memahami pertanyaan penelitian atau tujuan perbaikan; (2) melakukan analisa dan mensintesis deskripsi temuan; (3) menuliskan kesimpulan untuk setiap poin pertanyaan penelitian / tujuan perbaikan; (4) mengurutkan setiap butir simpulan yang telah dibuat berdasarkan urutan pertanyaan penelitian / tujuan perbaikan; (5) kemuadian terakhir melakukan cross check (pemeriksaan kesesuaian) antara pertanyaan penelitian dengan deskripsi temuan dan simpulan.

Contoh Simpulan pada PTK

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dapat meningkatkan keaktifan  belajar  IPA siswa SD Negeri ......... Hal ini dapat dilihat pada siklus I diperoleh persentase....

Pada sub berikutnya setelah Simpulan adalah bagian Saran-saran. Saran diartikan sebagai pendapat berupa nasihat, usul, anjuran, atau cita-cita (harapan) yang dikemukakan untuk dapat dipertimbangkan. Dalam kaitan dengan PTK, saran merupakan butir-butir pemikiran yang diajukan oleh guru peneliti untuk menindaklanjuti hasil penelitiannya.

Dalam penyusunan Saran (Tindak Lanjut) pada penelitian tindakan kelas, sebaiknya guru memperhatikan rambu-rambu berikut, yaitu: (1) saran harus bersumber atau sesuai dengan simpulan yang telah dibuat; (2) bersifat konkret (nyata), operasional, dan penting sehingga menarik untuk dilaksanakan oleh guru;  (3) memiliki arah (tertuju) yang jelas, apakah saran tersebut ditujukan untuk guru, sekolah, atau instansi tertentu; (4) dapat mencakup tentang hal-hal terkait dengan metodologi penelitian.

Langkah-langkah dalam pembuatan Saran pada PTK dapa diuraikan sebagai berikut: (1) mencermati kesimpulan hasil PTK; (2) mengkaji aspek-aspek dari kesimpulan tersebut yang perlu ditindaklanjuti, baik oleh guru, pihak sekolah, guru lain, atau instansi lain yang terkait; (3) menetapkan kepada siapa atau pihak mana saran tersebut akan ditujukan; (4) dan yang terakhir adalah menulis saran.

Contoh Saran dari sebuah laporan PTK

Rendahnya keaktifan dan hasil belajar siswa perlu dipahami oleh Guru Kelas atau Guru Bidang Study agar dalam upaya perbaikan hal tersebut dapat ditanggulangi.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait