Cara Memilih Merek Televisi 3D Paling Bagus

Teknologi tiga dimensi (3D) dalam perangkat elektronik semakin berkembang pesat. Berbagai jenis produk elektronik saat ini tengah dibekali dengan kemampuan 3D, salah satunya adalah televisi. Menonton video, serial film, pertandingan sepak bola dan acara hiburan lainnya melalui televisi 3D di dalam rumah sendiri (home theater) ternyata sungguh mengasyikan dibandingkan jika harus berdesak - desakan dan mengantri di bioskop-bioskop 3D.

Apalagi saat ini, harga konten-konten tiga dimensi sudah semakin terjangkau. Begitu pula beberapa stasiun televisi, seperti ESPN dan Discovery Channel telah meluncurkan siaran berbentuk 3D yang akan semakin memanjakan para pemilik televisi 3D.

tv 3d bagus

Saat ini, di toko-toko elektronik telah dipasarkan beraneka ragam jenis dan merek televisi tiga dimensi dengan berbagai teknologi layarnya, seperti 3D plasma, 3D DLP, dan 3D LED TV. Jika anda berencana akan membeli sebuah perangkat televisi berfasilitas 3D, ada lima poin penting yang harus diperhatikan agar mendapatkan produk tv 3D yang paling pas dengan kebutuhan dan gaya hidup anda.

1. Layar (Display)
Ukuran layar untuk tv 3d yang bagus adalah 55 inci atau yang lebih besar karena pada ukuran layar tersebut teknologi 3d dapat bekerja lebih baik. Perhatikan pula jenis teknologi yang digunakan pada layar tv tersebut, termasuk jenis kacamata 3D-nya. Carilah rasio kontras lebih dari satu juta yang akan membuat warna menjadi terlihat lebih baik. TV 3D terbaik memiliki refresh rate 240Hz yang akan membantu mengurangi blur pada adegan aksi.

2. Fitur
Hal yang tak boleh dilewatkan saat ingin membeli televisi 3D adalah fitur-fitur yang tersemat di dalamnya. Anda harus mencari TV yang yang memiliki dukungan HDCP, yang memungkinkan Anda mengontrol perangkat TV Anda tanpa semua remote tambahan. Fitur pada Smart TV dengan built-in web browser dan layanan aplikasi seperti Netflix, Vudu dan Pandora Streaming akan menjadikan televisi anda lebih menyenangkan. Hal-hal lain yang perlu juga dipertimbangkan terkait dengan fitur 3D adalah konversi 2D ke 3D dan rating Energy Star.

3. I/O Ports
Hal ketiga yang juga diperhatikan saat memilih tv 3D adalah seberapa banyak ketersediaan fasilitas port input maupun port output. Hal ini akan menentukan jenis peripheral atau perangakat lain yang dapat tersambung ke layar, misalnya pemutar Blu-ray, pemutar DVD, konsol video game dan peralatan home theater lainnya. Semakin banyak port yang tersedia tentu harga televisinya semakin mahal. Oleh karena itu, Anda harus memikirkan kebutuhan perangkat apa saja yang akan digunakan di rumah anda.

4. Aksesoris
Aksesoris yang disertakan pada televisi 3D juga menjadi bahan pertimbangan. Sebagai contoh, beberapa produk TV juga disertakan kacamata 3D, sementara yang lain tidak termasuk. Kemudahan interface dalam tv juga wajib diperhatikan sehingga anda dapat mengoperasikannya lebih gampang. Remote control dalam paket tv bisa sangat dasar (biasa) atau mungkin termasuk built-in keyboard untuk fitur web.

5. Help & Support
Poin ini juga perlu dipertimbangkan untuk mengantisipasi masalah-masalah yang kemungkinan terjadi pada televisi 3D yang baru anda beli. Ketersediaan garansi produk, spare part, dan bengkel service resmi yang representatif mendapatkan skor tertinggi.

5 Pilihan Merek Televisi 3D Terfavorit

Apakah anda berencana untuk membeli perangkat televisi 3D untuk home theater anda? Di pasaran saat ini banyak beredar produk-produk TV 3D dengan variasi harga yang beraneka. Jika anda masih bingung, mungkin 5 merek televesi berikut bisa menjadi referensi anda:

1. LG 3D LED 55LM7600
tv 3d lg
Pilihan pertama yang patut anda pertimbangkan adalah televisi tridi pabrikan LG yang harganya sekitar 1.400 dolar Amerika atau lebih dari 15 juta rupiah. Keunggulan televisi LG ini adalah terletak pada kualitas realistik gambarnya, audio yang fantastis, serta paket 6 kacamata 3D sehingga bisa dipakai nonton beramai-ramai. Perbandingan kontras warna pada tv LG ini adalah yang tertinggi yakni 9juta banding satu, sehingga mampu menciptakan kesan gambar yang nyata dan jernih.

2. Sony Bravia XBR 55HX950
tv 3d sony
Pilihan lain yang juga populer adalah televisi buatan Sony. Dalam urusan layar (display), produsen Sony mengedapankan trade mark Bravia. Produk televisi 3D buatan Sony ini memiliki rentang harga yang cukup mahal, yakni sekitar $2.900. Namun, anda akan mendapatkan kepuasaan pada harga tersebut, antara lain: bobot yang ringan dengan desain tanpa frame, fitur backlighting LED yang cerdas, kaca 3D anti silau, memiliki banyak port, built-in wifi, dan garansi produk.

3. Panasonic Viera Plasma TC-P55VT50
tv 3d panasonic
Televisi buatan Panasonic juga bisa menjadi alternatif, salah satunya adalah Viera Plasma seri TC-P55VT50 yang harganya sekitar US$1.700. Banyak orang yang berpendapat bahwa televisi ini adalah tv 3D plasma terbaik tahun 2014. Televisi Viera ini memiliki frekuensi 600 Hz yang mampu menciptakan gambar dinamis terbaik, baik dalam mode 2D maupun 3D. Sementara produk-produk TV LED pada umumnya memiliki refresh rate sampai 480Hz.

4. Samsung 8000 UN55F8000
tv 3d samsung
Perangkat elektronik yang juga dipercaya kualitasnya adalah produk-produk buatan Samsung. Televisi 3D berukuran 55 inci yang menjadi jagoan dari produsen asal Korea Selatan ini adalah Samsung 8000 seri UN55F8000. Harganya cukup mahal yakni sekitar $1.900, namun tentunya banyak hal yang akan didapatkan pada televisi 3D tersebut. Televisi Samsung 8000 ini dilengkapi dengan layar beresolusi 1080 pixel dan teknologi "mega contrast ratio". Fitur menariknya adalah 3D Smart TV yang merupakan fitur yang sangat berguna. Dalam paket pembelian, televisi Samsung ini disertai dengan empat pasang kacamata 3D.

5. Sharp Aquos LC-60LE847U
tv 3d sharp
Produk-produk merek Sharp di Indonesia juga cukup populer. Jika anda berencana membeli televisi 3D buatan Sharp maka pilihannya adalah seri Aquos LC-60LE847U yang harganya cukup terjangkau, sekitar 1.400 dolar. Televisi ini mendukung fitur internet yang oke dengan built-in wifi. Empat port HDMI memberikan keleluasan menyambungkan beragam media player HD. Namun sayangnya aksesoris active 3D glasses belum termasuk di dalam paket penjualan.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait