Cara Memilih Merek Camcorder Saku Paling Bagus

Pocket camcorder menjadi salah satu perangkat yang banyak dipilih untuk merekam moment-moment penting. Bentuknya yang kecil dan desain praktis membuat gadget ini bisa dibawa kemana saja tanpa menghabiskan banyak tempat. Kita bisa menyimpannya di dalam tas atau juga di dalam saku celana. Memang saat ini, banyak orang yang lebih menggunakan smartphone untuk mengabadikan video - video mereka.

Namun, kualitas yang dihasilkan tentu tak sebanding dengan hasil rekaman camcorder, apalagi perangkat ini umumnya dibekali dengan kamera yang bagus dengan kemampuan digital zoom 200 kali. Oleh karena itu, camcorder yang berdesain portabel tersebut tetap menjadi pilihan tersendiri dalam urusan merekam moment video.

camcorder terbaik

Nah, jika anda berencana akan membeli pocket camcorder, apa sajakah yang harus menjadi perhatian anda? Yuk kita intip tips-tipsnya:


1. Video dan Gambar
Camcorder saku terbaik memiliki resolusi penuh 1080p yang merupakan standar untuk kualitas definisi tinggi. Beberapa produk pocket camcorder hanya mampu merekam gambar dengan resolusi 720p. Jangan lupa pula untuk mempertimbangkan kemampuan memotretnya. Oleh karena itu, camcorder saku yang dibekali dengan lensa yang beresolusi tinggi adalah salah satu poin yang amat penting.

2. Kapasitas Memory
Kapasitas memori juga menjadi perhatian khusus dalam memilih camcorder saku. Pada umumnya, pocket camcorder memiliki ruang penyimpanan internal yang sedikit. Oleh karena itu, kemampuan batas memory eksternalnya yang harus diperhatikan. Kartu memori SD (secure digital) biasanya memiliki ruang penyimpanan sebesar 1GB-4GB, kartu SDHC (secure digital high capacity) biasanya memiliki batas penyimpanan data sebesar 4GB-32GB, dan kartu SDXC (secure digital extended capacity) hingga sebesar 32 Terabyte yang artinya mampu menyimpan 320-720 menit durasi video atau 12.320 gambar / foto.

3. Fitur Tambahan
Sebelum anda memutuskan pembelian, ada baiknya anda juga memperhatikan fitur spesifik dan fasilitas tambahan yang terdapat dalam kamera mini tersebut. Carilah camcorder pocket yang mempunyai daya tahan baterai yang lama. Rata-rata, kekuatan baterai mampu melakukan kerja shooting video selama 90 menit, dan setelah itu camcorder pocket harus dicharge lagi. Selain daya tahan baterai, fasilitas port seperti konektor USB dan HDMI juga menjadi perhatian khusus, karena akan lebih mudah menghubungkannya ke media lain seperti televisi dan komputer.

4. Help & Support
Ketika anda mengalami masalah terhadap perangkat kamera anda, maka langkah awal yang sebaiknya dilakukan adalah menghubungi layanan service dari produsen merek perangkat tersebut. Dalam mengantisipasi kemungkinan problem pada perangkat anda, maka sangat penting untuk memperhatikan tersedianya layanan keluhan pelanggan dan service center yang terjangkau di wilayah anda. Oleh sebab itu, cermatilah seberapa besar dukungan layanan services dari produsen kamera tersebut kepada para pelanggannya. Perusahaan yang baik akan menyediakan dukungan telepon, FAQ, live chat, dan kontak email.

5 Merek Pocket Camcorder Terbaik

Memilih produk camcorder saku yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhan kita, ternyata memang gampang-gampang susah, apalagi saat ini pasar elektronik di Indonesia dibanjiri dengan beraneka merek, baik lokal maupun import. Nah, jika harga bukan masalah bagi anda, maka lima produk pocket camcorder berikut ini bisa menjadi pilihan yang tepat:

1. SONY WATERPROOF
camcorder sony
Produk-produk elektronik buatan Sony memang selalu memiliki keunggulan tersendiri, termasuk juga untuk produk camcorder saku. Sony Waterproof Full HD mampu merekam video dengan resolusi 1920 x 1080 piksel dengan kejernihan gambar yang cerah. Produk ini juga dapat menghasilkan rekaman video yang bagus pada kondisi yang minim cahaya berkat teknologi sensor Exmor R CMOS yang tersemat di dalamnya. Produk pocket camcorder Sony Waterproof ini dilengkapi dengan actual flash dan optical zoom 10x serta digital zoom hingga 120x. Bahkan Sony juga menambahkan 17x Extended Zoom yang artinya dapat merekam objek jauh secara jernih dan tajam. Layar seluas 3 inch membuat kegiatan merekam video dan menonton hasilnya sangat mengasyikkan. Namun layar ini sangat kurang tajam jika kita lihat di bawah sinar matahari.

Sony Waterproof Full HD Camcorder dibekali dengan memori internal sebesar 16GB dan dapat ditambahkan slot memory MicroSD hingga 64GB. Jenis video yang dihasilkan adalah dalam format mp4. Keunggulan utama yang ditawarkan oleh perangkat kamera ini tidak lain adalah anti air sehingga anda tidak perlu khawatir merekam aksi-aksi anda di kawasan perairan, misalnya di tepian pantai. Harga kamera saku milik Sony ini dibandrol dalam kisaran 7 jutaan rupiah.

2. PANASONIC HX WA03
camcorder panasonic
Sama seperti produk Sony yang telah dijelaskan di atas, pocket camcorder buatan Panasonic ini juga tahan air hingga pada kedalaman 5 meter dari permukaan. Desainnya yang compact membuat mudah dan nyaman dibawa kemana-mana. Dengan rentang harga yang cukup murah, yakni sekitar $200, Panasonic HX WA03 ternyata juga mampu menghasilkan rekaman HD 1920 x 1080 pixel. Fitur lainnya terdiri dari 120x digaital zoom, 5x optical zoom, dan High Quality Image Zoom.

3. VISTAQUEST DV 900HD
camcorder bagus
Harganya terbilang cukup murah yakni sekitar US$ 120. Walaupun murah, namun kamera saku ini juga dapat diandalkan dengan menghasilkan rakaman video HD, dan foto kualitas 9MP. Bentuk desain yang sangat simpel membuat gadget ini sangat praktis dibawa kemana-mana. Sama seperti yang lain, pocket camcorder VistaQuest VQ-DV900HD ini telah dibekali dengan slot memori eksternal, lampu LED flash, HDMI port, serta USB connector.

4. SAMSUNG W300
camcorder samsung
Tak beda jauh dengan VistaQuest, produk kamera saku buatan Samsung ini juga memiliki desain dan rentang harga yamg serupa. Walaupun terlihat minimalis, Samsumg W300 Rugged Full HD mampu menghasilkan rekaman 1920 x 1080 pixel full high definition. Dipersenjatai dengan lensa kamera 5 MP CMOS yang mampu mengambil gambar dalam kondisi pencahayaan yang rendah. Pada layar LCD seluas 2,3" tersebut kita dapat menyaksikan video dalam format AAC.

5. GE DVX
camcorder ge dvx
Pilihan lain yang juga dapat dipertimbangkan dalam memilih camcorder saku adalah GE DVX waterproof digital video camera. Kamera yang harganya sekitar 1,5 juta ini sangat cocok dipakai untuk berpetualang (adventure) karena kuat terhadap goncangan dan anti air. Memang hasil gambar dan videonya mungkin tak sehebat smartphone saat ini, tapi gadget ini dapat diandalkan di bawah air dan di berbagai medan. Hasil videonya cukup bagus untuk anda share di jejaring sosial dan youtube.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait