Arti Mimpi, Mitos Unik, dan Jenis Ramalan Cinta

Dalam kebudayaan sebagian masyarakat Indonesia, mimpi bukan hanya sekedar dianggap sebagai bunga tidur atau visualisasi dari beban psikologis yang muncul dalam bayang - bayang otak. Beberapa mimpi juga mempunyai arti atau makna tersendiri yang telah dirumuskan dalam khazanah budaya yang telah dirangkum oleh para leluhur dulu. 

Dalam setiap tidur, kita tentu mengalami kehidupan dunia yang penuh bayang-bayang. Ada mimpi dimana kita seakan berada di dunia nyata dengan suatu aktivitas atau bermimpi ke tempa yang belum sama sekali pernah kita kenal. Semua pertanda tersebut diartikan dalam tafsir mimpi, termasuk juga menafsir mimpi yang terkait dengan urusan asmara.

arti mimpi

Berikut adalah arti mimpi dalam tafsiran di dunia cinta:

Arti Mimpi Tentang Cincin

Mungkin salah satu diantara anda yang pernah bermimpi tentang cincin, inilah makna-maknanya:
  • Menemukan cinicin artinya hubungan asmara akan berjalan harmonis.
  • Melihat cincin di jari artinya sulit melupakan dan melepaskan cinta masa lalu.
  • Bermimpi kehilangan cincin bermakna bahwa sang kekasih sedang tidak setia (berselingkuh).
  • Mimpi melihat sepasang cincin artinya anda akan segera dilamar (menikah).
  • Mimpi melepaskan cincin bermakna jalinan cinta akan berakhir menyedihkan.

Arti Mimpi Bertemu Mantan Kekasih

Jika tiba-tiba dalam mimpi anda muncul wajah mantan sang kekasih yang sudah lama anda lupakan, maka itu artinya bahwa ia tengah memikirkan dan merindukan anda. Ini pertanda juga bahwa si Do’i sedang merasa keterpurukan dalam cintanya dan berharap anda mau balikan lagi. Sementara jika anda bermimpi bertemu dengan mantan kekasih yang belum lama putus, itu bermakna anda akan mengalami kegagalan yang sama jika tergesa-gesa mencari penggantinya.

Makna Mimpi Melakukan Perbuatan Zinna

Ada kalanya tanpa kita duga, mimpi kotor menghampiri tidur malam kita. Adapun makna mimpi maksiat tersebut adalah; mimpi melakukan 'X' dengan janda akan mendapatkan istri yang masih gadis, ML dengan seorang putri cantik akan mengalami kerugian, bermimpi ML dengan bidadari artinya akan memperoleh anak, dan jika bermimpi melakukan zina di WC akan mendapat suatu kesusahan.

Mimpi Bertemu Ular, Apa Artinya?

Ular dapat bermakna sebagai hal yang baik dan juga hal yang buruk. Mimpi dililit ular bermakna bahwa ada seseorang yang jatuh cinta sama kamu. Mimpi memelihara ular artinya bakal yang akan ada yang ne’mbak kamu dengan cinta. Namun jika mimpi dipatuk ular, berarti ada yang berniat jahat sama kamu. Jika mimpi bertemu ular yang banyak, kamu akan masuk dalam sebuah persengkokolan dan perselisihan.

Itulah kawan beberapa makna mimpi yang terkait dengan cinta. Percaya nggak percaya sich!! Nah, berikutnya adalah seputar ragam mitos dalam dunia cinta.

Aneka Ragam Mitos Unik Seputar Cinta

Mitos dapat diartikan sebagai suatu cerita yang belum teruji kebenarannya dan biasanya bertentangan dengan logika, namun dipercaya oleh banyak orang. Mitos muncul dilatarbelakangi oleh adanya peristiwa-peristiwa yang nyata terjadi tetapi berada di luar nalar akal sehat. Pengalaman-pengalaman yang banyak dialami oleh orang-orang tersebut akhirnya memunculkan suatu kesimpulan tertentu yang disebut dengan mitos.

Di dunia ini ada banyak sekali ragam mitos. Masing-masing bangsa dan daerah mempunyai mitos-mitos tersendiri, baik yang menyangkut  dengan kebudayaan, agama, mitos dalam olah raga, mitos di dunia kesehatan, mitos dalam bidang politik, mitos prediksi ekonomi, mitos tentang kejadian alam, hingga dunia asmara pun tidak lepas dari cengkeraman mitos.

Contoh mitos yang cukup dikenal oleh masyarakat dunia misalnya mitos angka 13 sebagai angka sial, mitos foto bertiga bisa mendatangkan petaka, mitos munculnya bintang langit pertanda bencana, dan lainnya.

Di Indonesia, mitos-mitos daerah masih memiliki peran dalam mempengaruhi sebuah keputusan. Di setiap daerah Indonesia, ternyata terdapat berbagai mitos yang terkait dengan hubungan asmara, misalnya mitos jomblo di Jembatan Cinta di pulau Tidung, mitos jodoh di Candi Borobudur, mitos pacaran di Pura Tanah Lot Bali, dan lain sebagainya. Kali ini saya mencoba merangkum empat mitos unik tentang cinta yang bersumber dari berbagai daerah di Nusantara

Mitos Memberikan Hadiah
mitos cinta
Apakah anda berencana akan memberikan kado istimewa untuk kekasih anda? Jika ya, kira-kira hadiah apa yang ingin anda berikan? Jika jawabannya sebotol parfum atau sebuah CD (Celana Dalam), maka lebih baik jangan dulu sebelum anda menikah dengannya. Ya, itulah salah satu mitos cinta, tentang memberikan hadiah. Jika itu dilanggar akan mengakibatkan jalinan cinta akan putus di tengah jalan. Beberapa wanita banyak yang percaya dengan mitos ini karena mereka pernah mengalaminya. Entah dari mana mereka mendapatkan mitos tersebut.

Mitos Wajah Yang Mirip
Apakah anda telah memiliki kekasih? Jika ya, coba bandingkan wajah anda dengan sang kekasih! Tanyakan sama teman-teman dekat anda, jika mereka bilang agak mirip, maka itulah jodoh yang tepat untuk anda. Mempunyai pacar yang bentuk wajahnya agak mirip dengan anda dipercaya akan berakhir di pelaminan dan mampu mendatangkan kebahagian dalam biduk rumah tangga. Begitulah mitosnya...

Mitos Bentuk Gigi Cewek
Jika anda seorang cowok, coba perhatikan deretan gigi cewek anda. Jika pada barisan gigi depannya ada celah (tidak berderet rapi) maka ia adalah wanita yang cenderung suka selingkuh. Mitos ini saya dengar dari beberapa teman kuliah yang berbeda suku. Uh.. sungguh mitos yang lucu!

Mitos Tentang Cincin
Jika kamu sudah bertunangan ataupun masih dalam tahap pacaran tapi telah sama-sama memakai cincin kembar, maka pakailah hanya di jari manis. Jika dipakai pada jari yang lain, mitosnya adalah sang pujaan hati akan tertimpa celaka. Hem.. sebuah mitos cinta yang unik!

Oke sahabat, demikianlah mitos-mitos unik seputar dunia cinta, jangan terlalu dianggap serius ya...!!! (Its just 4 fun). Nah, berkaitan dengan mitos dalam dunia asmara, maka hal terkait yang juga sering dibicarakan adalah tentang aneka jenis ramalan yang biasa digunakan untuk meneropong masa depan cinta. Berikut disajikan 4 jenis ramalan yang sering dipakai untuk urusan cinta.

Jenis Ramalan yang Sering Digunakan dalam Dunia Asmara

ramalan cinta
Percaya atau tidak, ramal-meramal telah menjadi bagian dari sisi kehidupan manusia.  Ada yang bersikap pro, ada yang hanya menganggapnya sebagai isapan jempol, ada pula yang hanya menjadikannya sebagai sekilas gambaran dalam melangkah. Ada beberapa point penting yang biasanya ingin diketahui dari sebuah tebakan ramalan, misalnya karier, usaha, kondisi kesehatan, dan juga tentang cinta dan jodoh. Di Indonesia, ada sejumlah ilmu ramalan yang sering digunakan untuk mengetahui gambaran cintanya di masa depan, yaitu:

Ramalan Zodiak
Zodiak berasal dari bahasa Yunani yang artinya lingkaran hewan. Bentuk-bentuk Zodiak diambil dari gugusan rasi bintang yang ada di langit. Jumlah zodiak ada sebanyak 13 yaitu : Aires, Taurus, Gemini, Cancer, Leo, Virgo, Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius, Pisces, dan Ofiokus. Karena 13 adalah angka sial, maka tidak dipakai dalam astrologi. Setiap rasi bintang tersebut memiliki peranan dan energi tersendiri yang dapat mempengaruhi kehidupan alam semesta, termasuk juga dipercaya dalam menentukan keadaan seseorang berdasarkan zodiak kelahirannya (ilmu astrologi). 

Ilmu astrologi adalah ilmu yang menghubungkan keterkaitan antara gerakan dan posisi benda-benda tata surya (planet, bulan, bintang dan matahari dengan nasib manusia berdasarkan zodiak yang disandangnya. Misalnya orang yang lahir di awal Desember akan berzodiak Sagitarius karena pada rentang tanggal tersebut Matahari berada pada posisi di wilayah rasi bintang Sagitarius. Setelah dikalkulasikan dengan letak posisi benda-benda langit lainnya pada saat ini, maka diperolehlah ramalan tentang nasib orang-orang yang berzodiak Sagitarius.

Demikian juga zodiak yang lain yang tiap minggunya mengalami pergeseran posisi sehingga, tiap minggu pula ada ramalan zodiak yang selalu ditunggu-tunggu oleh para kaula muda.

Ramalan Primbon
Salah satu ramalan karya leluhur Nusantara adalah Primbon. Primbon berasal dari kata bahasa Jawa “bon” atau ‘mbon” yang berarti dasar. Dan mendapat awalan “peri / pri” yang bermakna hal. Jadi pada zaman dulu, Primbon dijadikan dasar dari berbagai hal dalam menentukan suatu aktivitas, misalnya menetukan hari baik untuk pernikahan, memulai penggarapan lahan pertanian, dan sebagainya. Primbon dapat dikatakan sebagai perpaduan ilmu perbintangan yang berasal dari zaman Hindu-Budha, kemudian disesuaikan dengan Kalender Islam, dan dipadukan dengan kearifan lokal Nusantara. Sehingga banyak orang percaya primbon tersebut mampu menjadi gambaran awal dalam aktivitas kehidupan manusia.

Sitem perhitungan dalam primbon juga dipengaruhi oleh tata letak benda-benda langit yang telah diberi label sesuai dengan posisinya, sehingga dikenal dengan istilah pawukon, pasaran hari, weton, wawaran dan sebagainya. Masing-masing perhitungan akan membawa pada suatu simpulan, apakah cocok dengan si dia, apa baik buruknya jika telah menikah, kesulitan-kesulitan apa yang akan dihadapi jika berjodoh, bagaimana cara mengurangi dampak buruknya, dan sebagainya.

Ramalan Shio
Shio adalah zodiak versi China yang memakai hewan-hewan untuk melambangkan waktu bulan dan tahun. Hewan-hewan tersebut diambil untuk melambangkan dua belas cabang bumi (tikus, kerbau, macan, kelinci, naga, ular, kuda, kambing, monyet, ayam, anjing dan babi) yang kemudian digabung bersama lima unsur alam (kayu, api, tanah, air, udara) sehingga membentuk satu periode selama 60 tahun. Dari perpaduan unsur-unsur tersebut akan mampu diperhitungkan kondisi asmara pada suatu tahun, dan  menentukan kecocokan dari suatu pasangan.

Ramalan Garis Tangan
Meramal nasib seseorang (termasuk juga urusan cinta) dapat dilakukan dengan melihat kondisi garis-garis tangannya. Biasanya orang yang mampu membaca garis tangan orang lain dipercaya memiliki indera ke enam. Namun ada beberapa gambaran umum dari garis tangan yang bisa diartikan maknanya, misalnya dalam gambar berikut (perhatikan garis tebalnya) :

ramalan tangan cinta

1. Orangnya setia kepada kekasihnya, berusaha menghindari perpisahan.
2. Penuh kasih sayang namun agak egois dalam cinta.
3. Bersikap pendiam dalam cinta, kurang fleksibel dan sulit memaafkan.
4. Kuramg empati dan tidak peka terhadap pasangan.
5. Bila panjang garis cinta di telapaknya lebih panjang dari jarinya, berarti ia sosok yang sangat pecemburu
6. Memiliki persepsi yang keliru dalam cinta dan cenderung kawin muda.
7. Garis bergerigi, kurang stabil dalam cinta, dan sering putus nyambung.
8. Cenderung memiliki rasa cinta yang dangkal, dan sering berubah-ubah.
9. Garis cinta yang hampir menyentuh garis kepala mengindikasikan suka berzelingkuh.
10. Orangnya pelit dalam urusan cinta, selalu mempertimbangkan untung rugi.
11. Orang posesif dalam cinta (rasa memiliki yang berlebihan), sering bertindak over untuk mencapai kehendak asamaranya.
12. Ujung garis cinta berbentuk hati bermakna akan mendapatkan kebahagiaan dalam cinta.
13. Orang yang bergaris tangan tipis dan samar biasanya tidak memiliki kehangatan dalam asmara.
14. Garis tangannya patah-patah  sering mengalami tragedi cinta. (Dirangkum dari berbagai  sumber)

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait