Wah, Bahayanya Makan Mie Campur Nasi

Bahaya makan mie campur nasi. Pada kesempatan ini, kita akan membicarakan mengenai suatu potensi bahaya, yakni bahaya makan mie dengan nasi. Kenapa dikatakan tidak menyehatkan? Beginilah penjelasannya, pada dasarnya dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, tubuh kita memerlukan kalori. Tetapi kalorinya itu tidak boleh hanya dari satu sumber yang sama. 

Mie adalah karbohidrat, dan nasi juga karbohidrat. Kalau kita memakan mie dicampur dengan nasi, maka karbohidrat + karbohidrat menjadi tubuh kita kelebihan karbohidrat. Kalau dilakukan dalam jangka waktu yang lama, itu bisa mengakibatkan terjadinya penimbunan kalori yang berlebihan dalam tubuh, sehingga terjadi ancaman diabetes.

mie dan nasi

Demikian juga kalori yang berlebihan dalam tubuh, bisa juga diubah menjadi lemak, sehingga terjadilah penimbunan lemak dalam tubuh, khususnya di organ hati.

Oleh karena itu, tidak dianjurkan untuk memakan bahan makanan karbohidrat + karbohidrat saat bersamaan. Sebagai contoh, kalau kita makan nasi untuk restoran Padang saja, itu sudah 400 kilo kalori, kemudian ditambah dengan mi, itu sudah setara 350 sampai 400 kcal. Artinya sudah didapatkan 750 sampai 800 kilo kalori.

Hal ini belum lagi ditambah kalori dari minuman yang kita konsumsi, yang rata-rata sekitar 200 kilo kalori. Jadi sudah 1.000 kilo kalori. Kalau makan tiga kali sehari artinya serapan kalori ke tubuh kita sudah mencapai 3.000 kilo kalori. Sementara untuk kebutuhan kalori untuk pekerja kantoran mungkin sekitar hanya sekitar 2.000 kcal. Jadi sudah ada kelebihan 1.000 kilo kalori per hari.

Jika kebiasaan ini dilakukan rutin terus menerus, selama bertahun tahun, maka ini akan bisa mengakibatkan diabetes dan perlemakan hati. Sekali lagi, ini tentu prosesnya bertahun tahun, tidak terjadi instans. Sehingga kalau ada orang bilang "Ah...saya sudah biasa makan mie dan nasi", itu takkan terlihat sekarang, mungkin 10 atau 20 tahun yang akan datang akan muncul akibatnya. Jadi saran saya kepada teman-teman, untuk bisa menghindari makan mie dan nasi bersamaan. Kalau mau mie, makan mie saja. Kalau mau nasi, jangan lauknya pake mie.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait