Tips Wirausahawan, Menjaga Kulit Wajah Tetap Sehat

Hai, para wirausahawan, mungkin saking sibuk-sibuknya kerja, anda menjadi lupa untuk merawat diri, termasuk kulit wajah anda. Memang, tak seperti kaum hawa, sebagian besar kaum pria tidak begitu peduli dengan penampilan kulitnya. Rasa cuek dan ditambah aktivitas berat yang sering dilakukan membuat kondisi kulit semakin tampak kusam dan bahkan agak kotor.

Oleh karena itu, sebagai kaum laki-laki amatlah perlu untuk tetap menjaga kesehatan dan penampilan kulit, salah satunya adalah dengan memakai pelembab kulit (skin moisturizer).

kulit pria sehat

Menurut Kathleen M. Welsh, MD, dermatolog yang berbasis di San Francisco, menyatakan bahwa hal yang paling menarik dalam perawatan kulit pria adalah dengan sedikit saja melakukan rutinitas perawatan dapat membuat perubahan yang besar, tidak seperti wanita yang membutuhkan perawatan ekstra.

Jadi hanya dengan menggunakan sesuatu selain sabun batangan di wajah, atau pelembab dua kali sehari membuat suatu perbedaan besar pada kulit laki - laki. Kali ini akan sedikit dijelaskan tentang langkah-langkah cepat dan mudah untuk membuat kulit pria menjadi halus dan lembut.

Mulailah dengan Membersihkan (Tetapi Tidak Terlalu Bersih) Permukaan Kulit Anda
Menghilangkan kotoran dan minyak pada permukaan kulit adalah langkah awal guna memberikan jalan agar pelembab dapat masuk ke dalam kulit. Menurut Dr Jarrod Frank Paul, seorang dokter kulit yang berbasis di Manhattan menyatakan bahwa pembersihan kotoran kulit dua kali secara teratur adalah ide yang baik. Hindari menggunakan produk scrub kasar secara berlebihan untuk melunturkan kotoran yang melekat karena hanya akan membuat iritasi kulit dan merangsang produksi minyak yang berlebihan di pori-pori.

Ketahui Jenis Kulit Anda
Menurut Dr Frank, "Secara umum, pria harus menjaga rejimen mereka (maksudnya kebutuhan nutrisi dari produk kosmetik) sesederhana mungkin." Namun hal ini tidaklah menjadi  satu ukuran yang pasti dan cocok untuk semua pria. Mengetahui jenis kulit yang Anda miliki adalah langkah pertama dalam menentukan apa sajakah rejimen dan kebutuhan pelembab Anda. Cermati jenis kulit anda pada sore hari setelah melakukan rutinitas aktivitas anda. Bila anda melihat kulit anda tampak kusam berarti anda memiliki kulit kering, sementara jika ada lapisan mengkilap pada wajah anda menandakan kulit berminyak, sementara jika wajah anda sedikit licin berarti kulit tipe normal.
  • Untuk kulit kering: gunakan pembersih dan kenyalkan dengan produk yang kaya pelembab. Selama jerawat tidak menjadi masalah, lotion berbasis minyak merupakan pilihan yang baik, terutama dipakai pada malam hari.
  • Untuk kulit berminyak: gunakan pelembab bebas minyak atau Mattifying di pagi hari dan hanya serum ringan di malam hari.
  • Untuk kulit normal: pakailah produk yang mampu menjaga keseimbangan kondisi kulit, yakni mempertahankan kelembaban kulit tetapi tidak memicu produksi minyak berlebih pada wajah.
  • Untuk kulit sensitif: hindari pemakaian produk yang mengandung alkohol, wewangian, pewarna, dan pengawet (parabens). Lembabkan kulit dua kali sehari dengan produk ringan yang dirancang khusus untuk kulit sensitif.

Refresh Kulit Anda di Malam Hari
pelembab kulit pria
Malam merupakan waktu yang penting untuk memperbaharui kondisi fisik dan psikis Anda, termasuk juga masa memulihkan kulit Anda. Mengoleskan lotion sebelum tidur dapat membuat kulit lebih lembut, mengembalikan rehidrasi, dan lebih tampak kinclong di keesokan harinya. Hal ini juga membantu mengunci kelembaban dan melunturkan penghalang kulit yang mengganggu akibat udara kering dan pembersih yang keras.

Jangan Lupa Tabir Surya
"Penyebab utama kerusakan kulit adalah tidak mengenakan tabir surya," kata Dr Joshua Zeichner, direktur Kosmetik dan Penelitian Klinis di Mt. Sinai Medical Center. Jangan hanya memakai produk tabir surya hanya ketika musim panas saja. Jika ingin praktis, pakailah produk pelembab yang sekaligus mengandung zat anti sunlight atau tabir surya dengan SPF 30 ke atas.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait