Tips Rawat Kulit Bayi dan Memilih Pakaian yang Tepat

Memberikan yang terbaik untuk si buah hati, tentu merupakan prioritas anda. Salah satunya adalah dengan melakukan perawatan kulit untuk mereka. Di usia yang masih muda, tentu kulit si kecil masih sangat sensitif. Oleh karena itu sangat penting untuk kita rawat. Berdasarkan penelitian dari American Academy of Dermatology, berikut ini ada perawatan sederhana yang dapat anda berikan secara rutin untuk kulit bayi anda.

Pertama adalah dengan memandikan anak anda dengan sabun khusus. Pilihlah sabun lembut yang diformulasikan secara khusus bagi kulit bayi yang sensitif. Hindari aroma wewangian yang menyengat. Lalu, jangan lupa mengoleskan pelembab tubuh atau lotion khusus anak. Oleskan pada anak anda setelah mandi untuk menjaga kelembaban kulitnya.

kulit bayi

Satu hal penting lainnya adalah tabir surya. Tak hanya orang dewasa yang membutuhkannya, iklim yang semakin buruk saat ini serta ancaman penyakit dari paparan sinar UV (Ultra Violet) yang menyengat sangat berbahaya bagisi kecil. Jadi, tabirkan tabir surya untuk anak anda sebelum bepergian.

Jangan lupa, pilihlah tabir surya yang memang dikhususkan untuk kulit bayi atau anak. Oleskan setiap dua jam sekali saat anda bepergian.

Sebagai informasi tambahan, hindarilah paparan sinar matahari mulai dari jam 10 pagi sampai jam 2 siang, karena pada interval waktu tersebut, sinar matahari mengandung pancaran unsur UV yang tinggi, dan tidak baik untuk kulit. Demikianlah beberapa tips sederhana untuk kesehatan kulit baby anda. Nah, kesehatan kulit bayi juga dipengaruhi oleh bahan pakaian yang digunakannya. Oleh karena itu, kecermatan memilih dan membeli pakaian bayi juga harus diperhatikan dengan seksama.

Memilih Pakaian Bayi yang Tepat

Saat - saat yang paling membuat senang bagi seorang ibu adalah ketika berbelanja baju dan perlengkapan untuk sebuah hatinya. Bentuk pakaian mungil dan lucu menjadi daya tarik tersendiri untuk seorang ibu. Seperti halnya yang dilakukan oleh selebriti Hollywood, Kim Kardashian yang suka membeli baju untuk anaknya yang bernama North West. Nah saat Anda akan membeli baju untuk bayi, biasanya ada beberapa hal yang harus diperhatikan sehingga akan mendapatkan baju yang cocok untuk si buah hati Anda.

Oleh karena itu, berikut ini disajikan beberapa tips mengenai hal - hal apa saja yang perlu dicermati ketika membeli baju bagi si buah hati.

Bahan Pakaian
Bagi Anda yang mau berbelanja pakaian untuk bayi, sebaiknya menghindari pemilihan baju bayi yang terbuat dari bahan nilon, jeans, atau parasut. Hal ini dikarenakan bahan tersebut dapat membuat bayi menjadi mudah berkeringat. Selain itu, hindari pula bahan pakaian yang terlalu kasar maupun keras. Bahan pakaian seperti ini akan membuat bayi lebih mudah terkena iritasi kulit. Sebaiknya Anda memilih pakaian yang berbahan lembut dan halus seperti katun.

Ukuran Baju
baju bayi
Seperti yang kita ketahui, bayi dapat tumbuh dengan cepat. Ukuran - ukuran baju bayi pun ada beragam macamnya. Perhatikan ukuran yang cocok bagi bayi Anda, jangan membeli pakaian yang terlalu pas dengan ukuran tubuh bayi. Jika pakaian terlalu pas atau pun terlalu sempit akan membuat si bayi susah bergerak. Hal ini dikarenakan kulit bayi biasanya sangat sensitif dengan pakaian yang ia kenakan.

Hindari baju yang memiliki karet elastis
Jangan memilih baju dengan karet elastis di bagian pinggang, paha, lengan dan juga pergelangan tangan yang terlalu ketat. Hal ini dikarenakan bahan tersebut dapat mengganggu aliran darah bayi serta meninggalkan bekas pada kulit bayi.

Kancing baju
Hindari memilih baju yang berkancing besar di bagian belakang maupun kancing dari bahan logam, karena sampai usia tiga bulan bayi belum bisa tengkurap. Pada usia tersebut, bayi hanya bisa terlentang sehingga bila kancing baju terlalu besar ataupun berbahan keras dan padat dapat menyakiti tubuhnya. Selain itu, Anda juga sebaiknya memilih baju yang memiliki kancing di depan karena mudah dikancingkan dan tidak mengganggu sang bayi ketika sedang terlentang atau berbaring.

Mudah dikenakan
Baju bayi harus mudah dikenakan dan juga untuk dikancingkan. Hal ini berguna untuk Anda ketika harus mengganti popok tanpa perlu membuka seluruh baju bayi Anda. Bayi hampir tidak pernah berbaring diam seiring tumbuh kembangnya, sehingga pakaiannya harus mudah dikenakan dan mudah dikancingkan.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait