Tips Aman Pinjam Uang Online

Cara interaksi manusia semakin berkembang luas seiring kehadiran teknologi internet. Hal ini menyangkut berbagai sendi kehidupan termasuk dalam bidang keuangan. Saat ini, proses transaksi finansial bisa dilakukan secara online dan real time, tanpa perlu aktivitas tatap muka langsung. Sektor finansial yang mulai tumbuh subur dalam sokongan teknologi internet adalah peminjaman (loan).

Mengajukan bantuan kredit dana secara online memang memiliki kelebihan tersendiri, yakni lebih praktis dan cepat. 

pinjam uang online

Namun keterbatasannya adalah jumlah dana pinjaman yang kecil dan besaran bunga yang umumnya lebih tinggi. Namun, kehadiran para perusahaan kredit online ini sangat membantu sekali bagi mereka yang memerlukan dana segar yang mendesak.

Nah, jika anda berencana untuk mengajukan bantuan pinjaman pada sebuah layanan peminjaman online, ada baiknya jika anda mengetahui beberapa tips agar tetap aman dan nyaman saat menggunakan layanan peminjaman online tersebut.

Pinjam Uang Online, Riset secara Cermat

Ada begitu banyak perusahaan jasa keuangan yang kini menyasar target konsumen online, baik yang resmi (memiliki izin) maupun yang tidak resmi. Anda harus berhati-hati dalam memilih sebuah layanan pinjaman online, karena bisa saja situs-situs yang terlihat profesional belum tentu memiliki legitimasi resmi atau terkadang hanya berkedok penipuan belaka.

Oleh sebab itu, sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan sebuah layanan pinjam online, anda harus memcermati ‘track record’nya. Mulai dari izin legalitasnya, terdaftar secara sah, dan memiliki kantor (lokasi) yang jelas, serta diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Berhati-hati dan Waspada

Sebelum memutuskan untuk memberi pinjaman, biasanya pihak lembaga pemberi pinjaman akan melakukan analisa risiko secara cermat. Ini bertujuan agar kedua belah pihak merasakan hal positif, yakni pihak pemberi pinjam akan memperoleh keuntungan dari bunga uang atau jasa yang disediakan, sementara pihak peminjam merasa tertolong dengan bantuan dana segar tersebut, serta memiliki kemampuan untuk mengembalikan dana yang dipinjamnya sesuai dengan perjanjian.

Namun tak sedikit lembaga keuangan yang tidak cukup ketat dalam menyaring calon pemakai jasanya. Sehingga untuk mengurangi risiko kerugiannya, pihak lembaga keuangan tersebut menetapkan bunga pinjaman atau biaya administrasi yang cukup tinggi.

Jangan Mudah Tergoda dengan Iklan Promo

pinjam uang internet
Untuk memperluas pasar, banyak perusahaan finansial online yang gencar memberikan promo dan iklan menggoda, misalnya dengan iming-iming pencairan dana yang cepat dan bunga ringan. Janganlah langsung tergoda dan secara serta merta mengajukan aplikasi permohonan bantuan kredit. Ada baiknya anda membaca secara cermat segala macam persyaratan dan term of services-nya. Pinjaman uang secara online adalah transaksi yang serius.

Lakukan Perbandingan

Ada banyak produk pinjaman online yang ditawarkan oleh berbagai lembaga keuangan, entah itu perusahaan nasional maupun perusahaan internasional yang memasarkan produknya di Indonesia. Oleh karena itu, lakukan perbandingan yang cermat dalam memilih mana yang terbaik. Tolak ukurnya adalah besaran jumlah dana yang disediakan, tingkat suku bunga pinjaman, biaya administrasi, lama waktu pinjaman, serta sanksi apa yang diterapkan jika mengalami keterlambatan pembayaran. Setiap perusahaan pinjaman online tersebut menetapkan strategi berbeda, dan anda harus benar-benar teliti.

Misalnya ada sebuah produk pinjaman yang tidak menetapkan bunga dan potongan administrasi bagi para nasabahnya, tetapi memungut uang jasa yang ternyata jika dihitung-hitung melebihi bunga pinjaman biasa. Oleh karena itu, diperlukan kecermatan dalam memahami setiap poin yang disyaratkan. Maka lakukanlah perbadingan untuk memutuskan yang paling efektif untuk kebutuhan dana anda.

Setelah membaca empat tips di atas, semoga anda bisa semakin cermat dalam menentukan di mana akan mengajukan pinjaman tunai online. Salam kerja & usaha....

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait