Proses Terbentuknya Ingatan Manusia

Tidak ada yang ingat pengalaman seseorang itu waktu berada di dalam kandungan. Namun studi terbaru menunjukkan bahwa ingatan manusia sudah mulai terbentuk sejak 30 minggu dalam kandungan. Riset ini signifikan karena menunjukkan janin tak hanya dapat mendengar, tapi janin juga dapat memproses dan merespon informasi.

Di permukaan perut ibu hamil, para peneliti membuat suara getaran untuk mengagetkan janin. Setelah dilakukan berulang-ulang, mereka menemukan bahwa janin belajar dan menghiraukan suara getaran tersebut.

ingatan manusia

Pada usia 30 minggu, janin mampu mengingat untuk tidak terkagetkan dengan suara getaran selama 10 menit. Empat minggu kemudian, janin dapat mengingat informasi tersebut selama satu bulan penuh.

Studi ini memberi informasi berharga tentang perkembangan otak janin di dalam rahim. Riset sebelumnya sudah menunjukkan bahwa bayi yang baru lahir dapat mengingat suara ibunya. Studi terbaru ini juga menunjukkan ingatkan janin sangat responsif segala informasi.

Otak janin pada 3 bulan pertama seperti alat perekam, dan anda dapat tentukan apa yang akan anda rekam."Saya akan lebih sensitif terhadap janin saya tiap harinya, bahwa pengaruh dari luar rahim dapat membuat janin stress", kata salah seorang ibu hamil yang mengikuti penelitian tersebut.

Para peneliti berharap agar hasil penelitian tersebut dapat memberi informasi kepada para ibu hamil dan keluarganya untuk lebih aktif dalam membentuk ingatan awal bagi bayi mereka sejak dalam berada kandungan. Dan walaupun secara konkret kita tidak mampu mengingat masa kecil kita sebelum usia tiga tahun, namun ingatan pertama tersebut sangat penting bagi pertumbuhan otak kita. (sumber VOA)

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait