Program Menjadikan Tanaman Liar untuk Sumber Makanan

Ini adalah gurun Mojave di California, tentu bukan tempat yang tepat untuk mendapatkan sumber bahan makanan. Seorang wanita petualang yang bernama Hedourus menjelajahi gurun untuk mencari buah yang disebut dengan kayoti. "Kami lihat tumbuh disini buah berwarna kuning", ucap Hedourus dalam wawancaranya dengan tim VOA.

Melon kayoti masuk dalam keluarga labu, dan juga masuk dalam keluarga besar labu lainnya, seperti sukini, labu kuning. Buah yang termasuk sayuran ini sering dipakai sebagai bahan masakan di berbagai negara di dunia. Tapi Hedourus mengambilnya bukan karena rasanya. "Rasanya tak enak, seperti sabun. Mengandung cucurbitacin, salah satu zat terpahit yang kita ketahui".

semangka langka

Meski rasanya tidak enak, tapi melon kayoti tahan terhadap kekeringan. Di gurun tersebut curah hujan hanya mencapai sekitar 15-20 cm per tahun, bahkan terkadang kurang dari itu.

Sementara labu yang biasa ditanam memerlukan air setidaknya 2,5 cm setiap minggu. Menggabungkan budidaya melon kayoti dengan tanaman labu bisa membuat labu lebih tahan air.

Menurut Andy Jackfish dari Pusat Internasional Pertanian Tropis, bahwa peneliti mempelajari tanaman liar agar para petani mampu meningkatkan produksi pangan sebesar 50-70% pada tahun 2050. "Sejujurnya ada pilihan untuk membuat tanaman lebih produktif. Jadi kita harus kembali ke tumbuhan liar, kembali ke alam dan mencari karakteristik yang bisa meningkatkan panen. Tapi ada satu masalah yakni pertanian kita bergantung pada beberapa spesies yang akan punah. Mereka terancam dan dalam banyak kasus, kita punya koleksi benih terbatas di bank gen", ujar Andy.

Hedourus menjadi bagian dari upaya global para ilmuwan untuk menyelamatkan beragam benih tersebut. Baginya, perjalanan ke Gurun Mojave memberikan apresiasi baru terhadap bidang yang ditekuninya.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait