Pilihan Pantai Surfing Terbaik di Bali

Surfing atau berselancar di atas air laut menjadi sebuah kegiatan liburan yang menyenangkan. Nah, di Bali, hal ini bisa anda lakukan dengan fasilitas dan akomodasi surfing yang lengkap. Jika rutinitas dan urusan bisnis ternyata membuat anda tampak lelah, ada baiknya berlibur sejenak dengan bermain surfing. Mau tahu di mana saja lokasi pantai yang bagus untuk surfing? Yuk kita intip...

Kuta, Pantai Sunset Terindah di Pulau Bali

Salah satu tempat wisata yang paling banyak dikunjungi wisatawan adalah pantai Kuta. Ada anggapan bahwa "berlibur ke Bali tidak akan terasa lengkap tanpa mengunjungi pantai Kuta". Pesona pantai Kuta merupakan cikal bakal  pariwisata Bali. Tidak ada yang menduga, jika pantai yang dulunya hanya sebuah desa nelayan kecil, kini telah menjadi salah satu pusat wisata yang paling populer. 

pantai surfing

Kuta adalah pantai yang indah. Pantai ini memiliki pasir putih dengan panjang garis pantai sekitar 2 kilometer berbentuk melengkung seperti bulan sabit. Pantai Kuta populer sebagai pantai matahari terbenam (sunset), yang merupakan kebalikan dari Pantai Sanur sebagai sunrise beach.

Pantai Kuta resmi dibuka sebagai kawasan wisata pada 1970-an. Pantai Kuta terletak di Desa Kuta, kabupaten Badung. Anda hanya butuh 10 menit dari bandara Ngurah Rai. Sebelum diperkenalkan sebagai kawasan wisata, pantai Kuta adalah daerah yang sepi. Penduduk sekitar wilayah menganggapnya sebagai daerah angker. Nama "Kuta" kemungkinan berasal dari bahasa Jawa yang berarti benteng. 

Pada abad ke-14, daerah sekitar pantai Kuta adalah tempat berlabuh kapal perang milik Majapahit (Jawa) yang ingin menaklukkan pulau Bali. Pada abad ke-19, daerah pantai Kuta digunakan sebagai markas perdagangan dengan saudagar dari Denmark, bernama Mads Lange. Kemudian, Pantai Kuta menjadi semakin populer ke seluruh dunia setelah Hugh Mahbett menerbitkan sebuah buku berjudul "Praise to Kuta".

Jika Anda mengunjungi pantai Kuta, ada banyak hal menarik yang dapat Anda lakukan. Surfing, bersantai di pasir putih, berenang, dan menonton panorama sunset adalah beberapa kegiatan yang dilakukan banyak wisatawan. Di daerah ini banyak tersedia fasilitas wisata, seperti bar, restoran dan penginapan. Pantai Kuta termasuk area crowded wisata, terutama pada malam minggu, kemacetan lalu lintas sering terjadi sepanjang tempat ini. Salah satu acara menarik yang diselenggarakan setiap tahun di pantai ini adalah Kuta karnaval.

Surfing dan Sunset di Pantai Canggu

Pada tanggal 30 Mei 2013, tiga pantai di Indonesia masuk dalam daftar "100 Pantai Terbaik Dunia" versi CNN (Cable News Network). Salah satu pantai terbaik tersebut adalah Pantai Canggu (Bali) di urutan ke 39. Di antara banyak pantai terkenal di Bali, Canggu Beach adalah salah satu pantai yang harus Anda kunjungi saat berlibur di pulau ini. 

surfing canggu

Pantai Canggu tak kalah cantik dan menarik dengan pantai terkenal lainnya di pulau Bali. Pantai ini terletak di Desa Canggu, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung, tidak jauh dari Pantai Legian atau utara dari Pantai Kuta. Jarak dari kota Denpasar sekitar 18 kilometer atau 45 menit dari Bandara Ngurah Rai.

Pantai Canggu memiliki pasir hitam berkilau. Yang paling menarik di pantai ini adalah gelombang air laut yang ideal untuk berselancar. Untuk para pecinta olahraga surfing, Pantai Canggu adalah salah satu tempat yang menyenangkan berselancar di Bali. Pada tahun 2004, di pantai ini pernah digelar Indonesia Surfing Championship (ISC), yang melibatkan banyak peserta. 

Selain hempasan gelombangnya, tentu saja, keindahan panorama pantai juga merupakan salah satu daya tarik bagi para wisatawan. Kombinasi pemandangan laut dan sawah membuat panorama benar-benar menakjubkan. Di arah yang berlawanan, Anda dapat menikmati pemandangan hamparan sawah luas dengan sekelompok burung yang terbang di atasnya. Suasana yang jarang ditemukan di Pulau Bali.

Pemerintah daerah terus berupaya memperbaiki kondisi Pantai Canggu, sehingga lebih indah dan memiliki fasilitas wisata yang layak. Di daerah ini, Anda dapat menemukan sejumlah hotel, villa, resor, spa, restoran dan kafe yang dibangun untuk memenuhi akomodasi wisata. Selain itu, ada banyak toko pakaian dan suvenir di pintu masuk ke pantai Canggu, sehingga Anda dapat membeli hadiah khusus untuk teman-teman dan keluarga Anda. Menyaksikan panorama matahari terbenam dengan angin tenang di pantai Canggu akan membuat hati Anda merasa nyaman. Jangan lupa untuk mencicipi jagung bakar sambil menemani matahari yang akan ke peraduan.

Pantai Jimbaran, Pantai Romantis di Pulau Bali

Pantai terbaik untuk mendapatkan suasana romantis dapat anda temukan di Pantai Jimbaran. Pantai ini terletak di Desa Jimbaran, selatan Kuta, sekitar setengah jam perjalanan dari kota Denpasar atau 10 menit dari Bandara Ngurah Rai. Sebelum menjadi tujuan wisata pada 1980-an, Kawasan Pantai Jimbaran merupakan tempat pelelangan ikan. Kemudian semakin menjadi terkenal sejak Lady Diana mengunjungi pantai ini. Dalam bahasa Bali, kata "Jimbaran" berarti area yang luas.

jimbaran

Pantai Jimbaran menjadi salah satu pantai yang banyak dikunjungi wisatawan. Pantai Jimbaran memiliki pasir putih yang menawan. Pada sore hari, Anda dapat menyaksikan panorama matahari terbenam yang indah sambil makan seafood yang lezat, seperti: ikan bakar, kepiting segar, cumi-cumi, kerang, udang, atau lobster. Ada puluhan restoran di tepi pantai ini yang akan menawarkan varian menu makanan yang menggugah selera. Iringan musik yang dimainkan oleh musisi lokal akan semakin menambah suasana ceria atau romansa liburan anda di pulau Bali.

Sebagai salah satu kawasan wisata andalan pulau Bali, area Pantai Jimbaran telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk liburan Anda, termasuk: hotel bintang lima, resort & spa, villa, akomodasi murah, bar, restoran, art shop, dan sebagainya. Untuk memperkuat rasa liburan Anda di Pantai Jimbaran, Anda dapat melakukan kegiatan yang menarik, seperti surfing, parasailing, memancing bersama nelayan setempat, atau membaca buku sambil berbaring di pasir putih yang indah.

Pantai Green Bowl, Surga yang Tersembunyi di Bali

Sebuah keindahan alam yang tersembunyi di balik bukit dan pepohonan yang rimbun, bahkan untuk sampai ke sana Anda harus menuruni ratusan anak tangga. Meskipun melelahkan, tetapi hal tersebut akan sebanding dengan pemandangan alam yang menakjubkan. 

pantai green bowl

Bila Anda telah sering berlibur di pulau Bali dengan mengunjungi Pantai Kuta, Pantai Sanur, atau Nusa Dua, maka cobalah untuk menuju pantai indah ini, pasti akan memberikan kesan liburan yang tak terlupakan. Hal itu karena setiap sudut begitu indah dan mempesona, dan juga suasana alam yang tenang dan damai. Seolah-olah seperti sepotong surga di bawah kaki pulau Bali.

Warga sekitar menyebutnya dengan nama pantai Green Bowl atau pantai Bali Cliff atau juga Hidden Beach. Julukan Green Bowl diberikan karena setiap air laut surut akan terbentuk danau-danau kecil seperti mangkuk batu yang berwarna hijau. Peristiwa ini dapat Anda lihat dari atas bukit pada pagi dan sore hari. Ada juga yang memberi nama pantai ini dengan julukan "Bali Cliff", yang merupakan nama yang diambil dari Bali Cliff Hotel yang terletak tepat di atas tebing pantai. 

Selain pantai bernama Green Bowl dan Bali Cliff, beberapa wisatawan menyebut tempat ini sebagai Hidden Beach, karena lokasi pantai ini tersembunyi di balik tebing tinggi dan perbukitan semenanjung. Dari ketiga nama tersebut, yang paling populer adalah Green Bowl, nama yang terdengar indah dan lebih komersial bagi masyarakat Bali dan wisatawan.

Kondisi Pantai Green Bowl tidak jauh berbeda dengan pantai Karma Kandara dan Nyang Nyang Beach. Ketiganya berada di Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Pantai ini memiliki sesuatu tempat yang berbeda, suasana pantai yang tenang dan alami. Mengunjungi pantai Green Bowl akan membuat liburan Anda lebih berkesan dan eksklusif. 

Lokasi pantai Green Bowl yang tersembunyi di balik tebing, memiliki pasir putih bersih dengan air laut yang jernih berwarna hijau kebiruan. Tidak banyak pengunjung yang datang ke sini, hanya pecinta olahraga surfing yang telah mengenal pantai ini. Para peselancar sering datang dalam kelompok-kelompok dengan membawa papan selancar, menuruni ratusan tangga, dikelilingi oleh pohon-pohon hijau dan kadang-kadang monyet hutan.

Activity
Ketika Anda tiba di area parkir, Anda akan disuguhkan panorama pantai yang luas dan indah. Selanjutnya Anda harus berjalan menuruni tangga yang agak curam, untuk sampai ke pantai. Nikmatilah perjalanan menuruni ratusan anak tangga sambil menghirup segarnya hembusan udara pantai. Bila Anda telah mencapai pantai, rasakan pasir putih yang lembut, laut biru kehijauan dan hembusan angin yang sejuk. Awan putih di langit biru selalu mempercantik pantai ini. 

Lihatlah gua-gua kecil yang berada di tebing, di mana ratusan kelelawar tergantung di atap gua. Selain berselancar dan snorkeling, aktivitas lain yang dapat Anda lakukan adalah berenang, berjemur, atau hanya bermalas-malasan di pantai sambil membaca buku. Anak-anak bisa bermain pasir dengan aman dan menyenangkan. Tidak ada suara kendaraan bermotor dan pedagang di daerah sekitar pantai ini karena tempat ini tersembunyi di balik tebing. Hal ini membuat pantai Green Bowl selalu terjaga dan bebas dari polusi. Green Bowl adalah daerah pantai yang masih alami, sehingga sangat cocok jika Anda ingin berlatih yoga atau meditasi.

Green Bowl Beach jarang dipublikasikan di media, sehingga tidak banyak wisatawan yang mengetahui keberadaan pantai ini. Mungkin inilah yang membuat pantai Green Bowl tampak eksklusif, tempat yang indah dan tersembunyi, tempat menenangkan pikiran sejenak karena jauh dari hiruk-pikuk keramaian.

Tips
  • Jika Anda masuk ke area gua, jangan lupa menutup hidung, karena kotoran kelelawar di dalam gua cukup bau.
  • Ketika Anda meuruni ratusan tangga menuju ke kawasan pantai, Anda harus berhati-hati karena cukup curam dan beberapa bagian dari pagar pelindung telah terputus atau rusak.
  • Anda sebaiknya membawa makanan dan minuman secukupnya karena perjalanan menuruni ratusan anak tangga yang curam cukup berat, belum ada penjual makanan di pantai, kecuali di atas tebing pada areal parkir.


Jagalah kebersihan lingkungan pantai ini dengan tidak membuang sampah sembarangan. Happy holiday..!!!

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait