Ini Nutrisi Makanan Sehat untuk Paru-paru

Halo sobat entrepreneur, napas adalah nyawa bagi setiap individu, oleh karena itu organ tubuh yang berfungsi untuk pernapasan harus dirawat dengan baik, satu diantaranya adalah paru-paru. Paru-paru perlu diberi makanan nutrisi yang menyehatkan dan hindari asap rokok. Apa sajakah jenis makanan yang baik untuk kesehatan paru-paru?

Menurut penelitian yang dilakukan para ahli di Prancis, mengonsumsi makanan sehat dapat mengurangi potensi terkena penyakit paru obstruktif kronik (PPOK). Dalam penelitian tersebut, dilibatkan  sebanyak 120 ribu orang.


Para peserta yang terlibat harus melaporkan makanan yang mereka konsumsi sepanjang tahun. Dari riset tersebut diketahui bahwa mereka yang mengonsumsi pola makan berkualitas seperti kacang-kacangan, sayuran hijau, kacang dan lemak omega-3 cenderung lebih rendah 33 persen terkena penyakit PPOK dibandingkan dengan mereka yang senang makan makanan berlemak, kaya gula dan garam.

Dikutip dari situs Men's Health, dijelaskan bahwa PPOK merupakan penyakit organ paru-paru penyebab kematian nomor tiga di seluruh dunia yang banyak diidap oleh perokok. Penyebabnya adalah terjadinya peradangan pada saluran udara pada paru-paru sehingga membuat penderitanya sulit bernapas.

Bagaimanakah hubungan pengaruh antara diet sehat dengan penurunan potensi penyakit ini? Peneliti belum mengetahui secara pasti bagaimana hubungan antara diet sehat dan menurunnya potensi terkena penyakit paru-paru tersebut. Peneliti masih menduga bahwa hal tersebut lebih disebabkan karena senyawa antiinflamsi yang terdapat dalam makanan sehat.

Menurut keterangan yang diungkapkan oleh RaphaĆ«lle Varraso, PhD bahwa: "Bisa jadi antioksidan yang banyak dalam makanan sehat tersebut bisa melindungi paru-paru dari racun yang ada di sekitar" Berdasarkan kajian di atas, maka untuk meningkatkan kesehatan organ paru-paru, kita perlu secara rutin mengonsumsi aneka makanan sehat seperti makan buah aneka warna, daging dengan tinggi protein rendah lemak, dan biji-bijian, serta juga membatasi konsumsi minuman manis, daging olahan.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait