Ingin ke Tanah Suci? Simak Program Tabungan Naik Haji 3 Bank Nasional Ini

Salah satu impian mulia umat Islam di seluruh dunia adalah bisa berkunjung ke rumah Allah atau yang lebih dikenal dengan ibadah haji ke tanah suci. Untuk mewujudkan cita-cita ini, masyarakat Islam di Indonesia harus menyiapkan dana atau ongkos naik haji (ONH) yang tidak sedikit. Bahkan banyak diantaranya mulai menyicil dengan cara menabung agar bisa berangkat ke Baitullah.

Secara sederhana, Anda bisa menyisihkan penghasilan anda untuk ditabung pada suatu lembaga keuangan yang kelak digunakan untuk biaya perjalanan naik haji. 

tabungan naik haji

Nah, untuk lebih praktisnya lagi, beberapa bank nasional di Indonesia telah mengakomodasi kebutuhan nasabahnya serta masyarakat umum untuk perencanaan menunaikan ibadah haji, yakni berupa tabungan haji.

Dengan mengikuti program tabungan haji tersebut, nasabah akan lebih mudah dan terarah dalam mempersiapkan pembiayaan untuk menunaikan ibadah haji, baik berupa haji reguler, haji khusus (haji plus) ataupun umroh. Nah ketiga bank nasional ini telah memiliki program berupa tabungan haji.

1. Tabungan Haji BRI
Bila anda merupakan nasabah dari Bank Rakyat Indonesia, maka keinginan untuk ibadah suci di di Negara Arab tersebut akan semakin terasa dekat, yakni dengan ikut serta dalam tabungan haji BRI. Program tabungan ini memiliki beberapa keunggulan, diantaranya adalah perlindungan asuransi jiwa dan celakaan diri secara gratis dengan besaran pertanggungan sekitar 120% dari saldo rekening tabungan haji yang anda miliki. 

Selain itu, keikutsertaannya tidak dikenai biaya administrasi. Anda yang telah bergabung pada program ini dapat melakukan penyetoran pembayaran melaui kantor BRI seluruh Indonesia ataupun yang paling praktis lewat fasilitas e-banking BRI.

2. Mandiri Tabungan Haji dan Umroh
Bank nasional terbesar ini juga menyediakan program tabungan untuk ibadah haji. Anda yang tertarik, dapat melakukan pendaftaran di seluruh kantor cabang di Indonesia. Tidak ada biaya administrasi untuk program MTHU ini. Pembayarannya bisa melalui tunai atau dengan e-banking, serta fasilitas autodebet dari rekening Mandiri Tabungan atau Mandiri Goro ke rekening Mandiri Tabungan Haji dan Umroh. Jumlah setoran awal dan setoran berikutnya yang wajib dibayarkan adalah sebesar Rp 100.000.

3. BTN Haji Reguler
Bank Tabungan Negara pun juga punya program untuk mengakomodasi nasabahnya dalam rencana menunaikan ibadah haji di Arafah. BTN tidak memungut biaya administrasi bulanan untuk mengikuti program tabungan haji reguler ini. Fasilitas yang dijanjikan pada program ini adalah kepastian diberikannya nomor urut keberangkatan haji sesuai dengan kuota ketika deposit anda telah mencapai saldo Rp 25 juta atau sesuai ketentuan yang ditetapkan Departemen Agama.

Jumlah setoran awal yang harus dibayarkan adalah seratus ribu rupiah, dan penyetoran selanjutnya adalah bebas. Nah, selain tabungan  haji reguler, BTN juga menyediakan program tabungan haji plus diselenggarakan oleh Departemen Agama.

Demikianlah 3 lembaga keuangan yang menyelenggarakan program perencanaan keuangan untuk biaya naik haji. Dalam perkembangan selanjutnya, mungkin saja ada beberapa bank yang juga akan menyediakan fasilitas serupa.

Nah, untuk memilih program mana yang paling tepat untuk anda, ada beberapa hal yang perlu menjadi bahan pertimbangan, misalnya: ketentuan persyaratan, fasilitas atau benefit tambahan yang dijanjikan, kemudahan pembayaran, dan juga kinerja pihak bank tersebut dalam memenuhi janjinya untuk bisa memastikan daftar urutan nasabahnya dalam keberangkatan naik haji.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait