Hindari 4 Kebiasaan Buruk Ini Agar Produktivitas Maksimal

Mungkin sebagian besar dari kita tanpa sadar melakukan hal-hal yang berakibat buruk pada kesehatan. Ada beragam risiko yang mengancam kesehatan kita dengan melakukan kegiatan tersebut secara berlebihan bahkan berulang-ulang. Berikut sekilas akan diuraikan beberapa kebiasaan sehari-hari yang bisa merusak kesehatan Anda.

Nah, kebiasaan – kebiasaan jelek ini sebaiknya anda hindari untuk hidup yang lebih prima. Lalu, apa sajakah kebiasaan sehari-hari yang kurang bagus tersebut?

kebiasaan buruk

1. Duduk selama berjam-jam setiap hari
Sebagai pekerja kantoran, sudah barang tentu aktivitas yang paling sering dilakukan di tempat kerja adalah duduk berjam-jam di meja kerja. Nah, kebiasaan duduk lama di kantor jangan sampai berlanjut ketika anda pulang ke rumah. Kebiasaan langsung duduk menonton tv setelah pulang dari kantor akan semakin menambah lamanya waktu tubuh anda untuk aktivitas duduk. Pada dasarnya kebiasaan duduk berjam-jam setiap harinya dapat membahayakan kesehatan tubuh anda. Sebaiknya, saat bekerja dan berada di rumah, Anda berjalan-jalan atau melakukan sesuatu yang lebih produktif lainnya.

2. Tidak melakukan peregangan sebelum berolahraga
Berdasarkan berbagai riset dan penelitian, diketahui bahwa kegiatan peregangan dapat mengurangi potensi cedera pada tubuh saat berolahraga. Jika kegiatan berolahraga tanpa didahului oleh peregangan, maka bisa dipastikan potensi terkena cedera pada tubuh akan semakin besar. Melakukan peregangan dapat berperan menjaga aliran darah, dan kelenturan otot, serta memberikan energi yang lebih pada tubuh kita.

3. Tidur terlalu banyak
tidur nyenyak
Beristirahat dengan cara tidur merupakan aktivitas pemulihan tubuh dan psikis. Walaupun tidur baik untuk kesehatan, namun bila aktivitas tidur dilakukan lebih lama dari waktunya, bisa memicu hal yang buruk untuk kesehatan. Rentang jumlah waktu tidur yang baik dalam sehari umumnya berkisar 7 hingga 8 jam. Jika kurang atau lebih dari jumlah itu bisa berisiko pada kesehatan. Oleh sebab itu, sebisa mungkin hindarilah tidur secara berlebihan dan pastikan tidur Anda cukup setiap harinya.

4. Tidak cukup minum air
Air adalah sumber kehidupan. Dimana ada air, di sanalah kehidupan bermula. Air sangat penting untuk kesehatan kita. Oleh karena itu, usahakan jangan sampai pasokan air dalam tubuh tidak mencukupi. Mulai sekarang pastikan Anda selalu banyak meminum air putih setiap harinya agar terhindar dari dehidrasi dan masalah kesehatan lainnya. Rata-rata adalah 8 gelas atau sekitar 2 liter per hari.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait