Hak dan Kewajiban Seorang Guru Profesional

Undang-undang Guru dan Dosen telah mensyaratkan bahwa pekerjaan sebagai seorang guru (tenaga pendidik) harus berlandaskan keprofesionalan. Dalam jati guru yang profesional, melekat hak dan kewajibannya. Apa saja hak dan kewajiban guru profesional? Berdasarkan uraian pada pasal 14 dan pasal 20 dalam UU No. 14 Tahun 2005, dapat dirangkum tentang hak dan kewajiban bagi seorang guru profesional, yaitu:

Hak Guru

Memperoleh penghasilan yang layak di atas kebutuhan hidup minimum dan jaminan kesejahteraan sosial. Penghasilan tersebut meliputi gaji pokok, tunjangan yang melekat pada gaji, serta penghasilan lain, misalnya tunjangan profesi berupa satu kali gaji pokok.

guru sekolah

* Mendapatkan jaminan perlindungan hukum dalam pelaksanaan tugasnya, serta memperoleh dan memanfaatkan saran dan prasarana penunjang kinerjanya.

* Memiliki kesempatan dalam peningkatan kompetensi diri serta menerima promosi dan penghargaan atas prestasi kerjanya.

* Memiliki kebebasan dan rasa aman dalam memberikan penilaian, ikut dalam penentuan kelulusan, penghargaan atau sanksi kepada peserta didiknya sesuai dengan peraturan yang berlaku.

* Berkesempatan untuk berperan dalam penentuan kebijakan pendidikan, dan memiliki kebebasan dalam berserikat pada organisasi profesi keguruan.

* Memiliki hak untuk mengembangkan dan meningkatkan kompetensi dan kualifikasi akademiknya melalui pelatihan dan pengembangan profesi sesuai dengan bidangnya.


Kewajiban Guru

* Menyusun perencanaan pembelajaran, melaksanakan proses pembelajaran yang baik dan bermutu, serta melakukan penilaian dan evaluasi terhadap hasil pembelajarannya.

* Guru berkewajiban meningkatkan dan mengembangkan kompetensi dan kualifikasi akademiknya yang berkelanjutan sejalan dengan perkembangan dan kemajuan iptek dan seni.

* Senantiasa bersikap dan bertindak objektif dan tidak diskriminatif, baik yang menyangkut jenis kelamin, agama, suku, ras, kondisi fisik tertentu, latar belakang keluarga, atau status sosial dari masing-masing peserta didiknya.

* Guru berkewajiban menjunjung tinggi peraturan perundang-undangan, hukum, dan kode etik guru, etika di masyarakat, serta nilai-nilai agama.

Selain keempat poin di atas, guru juga wajib memelihara dan memupuk persatuan dan kesatuan bangsa.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait