Cara Hemat Uang dengan 20 Trik Sederhana

Dalam dunia fisika, uang mungkin dapat diibaratkan sebagai energi. Dengan memiliki banyak uang, tentu kita akan mempunyai banyak sumber energi, baik untuk kebutuhan makanan, liburan, pendidikan, kesehatan, hingga entertainment. Nah, agar kita bisa menikmati energi tersebut dalam jangka panjang, maka itu artinya kita harus pintar dalam mengelola dan menghemat uang yang kita miliki.

Lalu, apa sajakah yang harus kita lakukan untuk menghemat pengeluaran keuangan kita? Berikut ini akan saya sajikan 20 cara dalam penghematan keuangan pribadi kita.

hemat uang

1. Sarapan pagi bisa irit biaya makan siang

Langkah penghematan keuangan yang pertama, kita mulai dari pagi hari, yakni dengan sarapan pagi. Selain bagus untuk kesehatan dan stamina tubuh, sarapan pagi juga ternyata mampu mengurangi rasa lapar ketika jam makan siang telah menjelang. Dengan demikian, kita terhindar dari porsi makan dalam jumlah besar, sehingga sedikit tidaknya dapat mengurangi pengeluaran biaya makan siang kita.

2. Matikan televisi, lampu, dan peralatan elektronik yang tidak terpakai
Sebelum bepergian jauh atau menuju ke tempat tidur, pastikan peralatan yang memakai energi listrik yang tidak dibutuhkan lagi pada saat itu, sudah dalam keadaan off.

3. Minum lebih banyak air
Jangan malas minum air, penuhi asupan air yang dibutuhkan tubuh tiap harinya. Selain baik untuk kesehatan, mengkonsumsi air yang sesuai kebutuhan juga dapat mengurangi rasa lapar.

4. Buat daftar belanja sebelum pergi berbelanja
Jangan bawa uang yang banyak agar anda tidak tergoda membeli barang yang tidak mendesak.

5. Jangan mengkoleksi barang
Hindari hobi mengokesi barang, misalnya produk fashion dan elektronik. Miliki sesuai keperluan saja.

6. No Smoke, No Alcohol
Hindari atau paling tidak kurangi mengkonsumsi alkohol, rokok, dan produk obatan yang tidak bermanfaat.

7. Irit dengan lampu hemat energi

Gunakan lampu LED atau lampu hemat energi untuk kebutuhan rumah tangga anda. Meskipun lebih mahal, namun lebih tahan lama dan hemat.

8. Meskipun koin, akan sangat berarti
Sebaiknya simpan uang-uang koin yang anda peroleh. Jangan terbiasa menukarnya dengan permen ketika belanja di toko atau warung.

9. Gengsi dapat merusak keuanganmu
Jangan membeli barang - barang mahal karena gengsi. Itu sama artinya bangga sesaat tetapi sengsara lebih lama.

10. Belanja borongan
Belilah barang - barang dalam jumlah besar untuk memperoleh diskon, terutama barang kebutuhan sehari-hari dan barang rutin.

11. Pakai internet
Manfaatkan komunikasi lewat internet, misalnya whatsapp, dan membaca berita lewat media online.

12. Manfaatkan barang bekas
Jangan malu untuk membeli dan menggunakan barang bekas (second) ketika anda belum memiliki uang yang cukup.

13. Cek, bandingkan harga
Lakukan survey harga sebelum membeli, serta cermati pengalaman dan ulasan review pelanggan agar anda tidak menyesal membeli produk tersebut.

14. Bagi uang sesuai pos kebutuhan

Ketika memperoleh gaji bulanan, segera pisah-pisahkan sesuai dengan pos-pos kebutuhan hidup anda. Jika dimasukkan dalam satu kantong yang sama, maka kita cenderung menganggap jumlah yang kita masih banyak.

jadwal belanja
15. Atur jadwal belanja
Jangan sering-sering mampir ke swalayan atau supermarket untuk membeli produk yang tidak mendesak. Berbelanjalah seminggu sekali. Selain hemat biaya transportasi, anda juga takkan tergoda dengan promo harga untuk barang yang tidak terlalu diperlukan.

16. Miliki kartu kredit seperlunya
Jangan banyak - banyak memiliki kartu kredit karena cenderung membuat kita semakin boros.

17. Sebelum membeli, adakah jalan menyewa atau pinjam?
Jika masih bisa meminjam atau menyewa, mengapa harus membeli?

18. Punya lahan kosong?
Manfaatkan lahan kosong di rumah anda untuk menanam sayur dan umbi bumbu-bumbuan.

19. Trik hemat air

Matikan air saat menggosok piring, dan juga sebaiknya gunakan pancuran (shower) daripada gayung untuk mandi karena dapat menghemat air.

20. Bekas membawa berkah
Manfaatkan barang bekas untuk menghasilkan uang, misalnya dijual pasar loak atau dipasarkan di situs jual beli online.

Nah, demikianlah kawan beberapa kiat yang bisa kita lakukan untuk menghemat anggaran keuangan kita. Selain keduapuluh poin di atas, tentu masih banyak lagi yang bisa ditempuh. Mungkin bagi anda yang mau menyumbangkan ide untuk trik penghematan keuangan bisa ditulis di kolom komentar. Jangan lupa share ke teman-teman anda di media sosial.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait