Begini Industri Bir Butik di Amerika

Micro brewery alias produsen bir berskala kecil makin marak di Amerika. Asosiasi pembuat bir di negara tersebut melaporkan kini ada lebih dari 3.200 produsen bir alias brewery, dibandingkan 40 brewery di tahun 1985. Dan meskipun tingkat konsumsi bir secara keseluruhan menurun 2 persen, konsumsi craft beer atau bir butik meningkat lebih dari 17 persen. Umumnya konsumen tertarik dengan variasi cita rasanya. 

"Sama saja dengan kopi atau roti. Orang ingin rasa otentik, unik, dan beragam", kata salah seorang penikmat bir. Produsen berskala besar biasanya membuat bir dengan cita rasa ringan yang sesuai selera masa, sementara craft beer cenderung lebih tajam rasanya dengan tingkat alkohol lebih tinggi.

bir amerika

Di kawasan Washington DC saja ada sedikitnya 5 craft brewery, termasuk DC Brau yang didirikan tahun 2010 lalu. Mereka menyatakan tidak saling bersaing, namun mendorong konsumen untuk berpaling dari merk bir umum. "Mari kita didik orang tentang craft beer. Hal ini meningkatkan kualitas minuman, begitu mencoba orang biasanya suka", penjelasan salah satu produsen bir rumahan.

Sementara produsen berskala besar menayangkan iklan yang mengejek peminum craft beer. Produsen craft beer menilai ini pertanda merk bir besar mulai khawatir. Mereka biasa menguasai 85 sampai 90 persen pasar, mungkin dulu lebih tinggi lagi, craft beer mungkin bisa mendapat 20 persen pangsa pasar di tahun 2020. Namun diakui ada persepsi bahwa peminum craft beer memiliki cita rasa yang lebih tinggi dan pendekatan lebih intelektual, serupa dengan penggemar anggur.

"Jangan lupa kita mulai craft beer karena menyenangkan, bisa saja kita dekat secara intelektual tetapi intinya minum craft beer dan bersosialisasi harus menyenangkan secara emosional", ucap salah satu pelaku bisnis bir butik di Amerika.

Bir masal maupun bir butik, citarasanya tentu tergantung selera meminumnya. Yang jelas micro brewery semakin membuat marak industri bir di Amerika. Industri craft beer atau bar butik ini telah berkembang 3 kali lipat selama 15 tahun terakhir dan sekarang mencakup 10 persen pangsa pasar Amerika serta diprediksi akan terus meningkat. Belum lagi home brewery, produksi bir rumahan yang kini banyak dilakukan warga Amerika sebagai hobi untuk konsumsi sendiri.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait