8 Jenis Makanan Ini Memperparah Diare

Tidak hanya produk dari olahan susu yang perlu anda hindari saat sedang diare, namun juga makanan dengan rasa yang tajam harus tidak anda konsumsi. Rasa asam hingga pedas ternyata dapat membuat diare lebih parah. Ketika tubuh diserang wabah diare, biasanya menyebabkan nafsu makan berkurang. oleh karena itu disarankan untuk menambah asupan cairan agar tidak terkena dehidrasi beberapa makanan berikut ini sebaiknya anda hindari guna tidak menyebabkan buang air besar lebih banyak yang akhirnya memperparah kondisi tubuh anda.

1. Peppermint
Bahan ini sering kita kenal sebagai salah satu bahan yang dicampurkan pada permen, yang bermanfaat untuk melegakan tenggorokan. Mengkonsumsi permen Peppermint saat sedang diare dapat membuat otot perut bagian atas menjadi kendur sehingga semakin memperparah rasa sakit dan mules.

stop diare

2. Makanan Pedas
Makanan pedas menjadi salah satu pemicu munculnya diare. Maka dari itu, disarankan ketika diare mengkonsumsi makanan yang hambar.

3. Makanan Tercemar
Makanan tercemar, entah itu dari bahan zat kimia atau pun bakteri alami, seperti salmonella dan E. coli dapat membuat kondisi diare semakin parah. Oleh sebab itu, sebaiknya cuci terlebih dahulu bahan makanan yang anda dapatkan dari alam, seperti sayur dan buah.

4. Pemanis Buatan
Bahan makanan yang mengandung pemanis buatan seperti permen karet yang mengandung sorbitol juga tidak bagus untuk orang yang dilanda mencret. Sistem pencernaan sulit untuk mencerna gula sorbitol sehingga setelah sorbitol mencapai usus besar sering menimbulkan gas, kembung dan juga diare.

5. Makanan Bercita Rasa Asam
Banyak orang yang memanfaatkan makanan asam, seperti jeruk dan lemon untuk mengurangi rasa mual. Namun, ketika sedang diare, makanan yang bercita rasa asam dapat membuat gangguan pencernaan. Oleh karena itu, hindari makanan asam saat tengah dilanda wabah diare.

6. Makanan Berserat Tinggi
Jenis makanan yang mengandung banyak serat seperti biji-bijian, kacang dan sayuran juga harus dihindari oleh penderita diare, karena jenis makanan ini dapat menimbulkan banyak gas dan kembung saat diare.

7. Makanan Berfruktosa
Bahan makanan yang ditambahkan fruktosa seperti soda, permen, jus buah kemasan dan beberapa jenis kue juga sulit untuk dicerna. Tentunya hal ini dapat menyebabkan diare, kembung hingga kram.

8. Makanan Olahan
Orang-orang yang mengalami gangguan sembelit, harus hindari makanan olahan yang tidak mengandung serat. Makanan olahan juga kebanyakan mengandung bahan pengawet dan pewarna buatan yang kurang baik bagi sistem pencernaan. Orang dengan alergi zat aditif akan merasakan gangguan pencernaan. Selain itu, makanan kemasan mengandung laktosa yang dapat menghasilkan gas dan memberikan rasa tidak nyaman pada perut.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait