5 Tips Mengurangi Tingkat Stress dengan Cepat

Halo sobat entrepreneur, kesibukan berpikir, kondisi tubuh yang lemah, dan beragam permasalahan yang dihadapi akan membuat otak cepat sekali menjadi lelah. Dampak awal yang akan terasa adalah ketegangan pikiran atau stress. Bila Anda atau pun rekan anda sedang mengalami rasa stress dan tidak punya waktu yang cukup luang untuk pergi liburan, maka jangan biarkan ketegangan itu tetap menghantui pikiran anda.

Berikut disajikan beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk membantu menghilangkan aura stress dalam pikiran anda dengan waktu yang cukup singkat.

pikiran stress

Cara #1 Tarik Nafas Anda Dalam-dalam
Saat sedang sibuk berakitivitas, coba luangkan waktu sekitar lima menit untuk beristirahat sejenak. Kemudian tarik nafas anda dalam-dalam. Menarik nafas dalam-dalam dapat membantu sedikit memperlambat denyut jantung sehingga juga dapat membuat tekanan darah menurun.

Cara #2. Lakukan Apa yang Anda Suka (Hobi)
Jika Anda memiliki suatu kegiatan yang menyenangkan atau sebuah hobi yang mampu membuat anda merasa nyaman, maka jangan ditunda-tunda lagi, sebaiknya segeralah lakukan hobi anda tersebut agar mampu mengurangi rasa stres pikiran. Saat Anda melakukan aktivitas yang menyenangkan, maka pasti akan mampu membuat Anda lupa dengan segala masalah atau rasa stres yang sedang dihadapi.

Cara #3 Luapkan Isi Hati Anda alias Curhat
Jika stress melanda anda, maka cobalah gunakan media sosial, seperti Facebook dan Twitter untuk mengekspresikan kekalutan otak anda. Banyak orang menggunakan sosmed sebagai salah satu cara terbaik untuk menangani dan mengurangi stres. Selain sosial media, anda juga dapat berbicara atau ngobrol ringan dengan orang lain sembari bercerita atau curhat. Mencurahkan isi hati ternyata dapat juga mengurangi rasa stres. Jika anda punya areal yang luas, maka akan lebih bagus lagi jika Anda berteriak sekeras-kerasnya untuk  mengeluarkan dan menyalurkan semua rasa stres anda.

Cara #4 Ikut Kelas Yoga
Yoga yang kini telah populer di seluruh dunia merupakan olahraga yang menggabungkan harmonisasi pernapasan, meditasi atau pemusatan pikiran, dan latihan gerakan ringan. Pengendalian pernapasan atau yang juga dikenal dengan istilah pranayama dapat mengurangi level stress yang sedang Anda alami.

Cara #5 Kurangi Mengkonsumsi Kafein
Zat kafein yang terkandung dalam bijih kopi memang berguna untuk meningkatkan kinerja. Namun, konsumsi kafein dapat mempengaruhi kualitas tidur yang pada gilirannya dapat menambahkan tingkat stress Anda. Oleh karena itu, lebih baik jika Anda bisa mengurangi konsumsi atau asupan kafein sehingga tingkat emosional dapat anda kontrol. (image: BBC)

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait