5 Fakta Menarik Jamu Tradisional Indonesia

Halo sobat entrepreneur, bagaimanakah kabar kesehatan anda hari ini? Jika masih lesu, jangan lupa bangkitkan vitalitas tubuh dengan asupan nutrisi yang bagus, seperti jamu. Jamu yang akan kita bahas di sini adalah minuman tradisional, bukan jamu yang sering diplesetkan menjadi "janda muda". 

Jamu adalah obat tradisional berbahan alami yang telah diwariskan secara turun temurun dari generasi ke generasi. 

jamu tradisional indonesia

Sebagian besar masyarakat mengkonsumsi jamu karena dipercaya memberikan manfaat yang besar untuk kesehatan, baik itu untuk pencegahan dan pengobatan penyakit maupun dalam hal menjaga kebugaran, kecantikan, dan meningkatkan stamina tubuh. Sebagai salah satu obat warisan nenek moyang, jamu ternyata memiliki banyak keunikan.

Berikut ini disajikan beberapa fakta unik dan menarik seputar jamu.

Dokumentasi Jamu
Meskipun dipercaya sebagai warisan budaya nenek moyang yang turun temurun, ternyata tidak ada yang tahu pasti kapan budaya minum jamu dimulai. Teori yang paling populer menyebutkan bahwa jamu muncul sejak zaman kerajaan Mataram atau sekitar 1300 tahun yang lalu. Meskipun teori asal muasal jamu masih simpang siur, terdapat beberapa dokumentasi tentang jamu dari masa lampau, salah satunya adalah buku meramu dan meracik jamu yang justru ditulis oleh seorang Belanda yang mendalami pengobatan Indonesia. Buku tersebut berisi pedoman meracik jamu dan ditulis pada tahun 1911. Dokumentasi tertua terdapat pada candi yang dibangun pada tahun 824, Borobudur. Pada salah satu sisi candi, terdapat relief yang menggambarkan kebiasaan minum jamu.

Aneka Macam Alang
Meski sudah banyak jamu kemasan yang diproduksi oleh pabrik, namun jamu racikan alami masih digemari di pasaran. Jamu yang biasanya dijajakan dengan cara digendong atau menggunakan sepeda untuk berkeliling jalan ini, biasanya terdiri dari beberapa macam jenis dengan nama-nama yang unik, sebut saja jamu beras kencur, paitan, kunci sirih, kunyit asam, gepyokan, dan cabe lempuyang. Dari keenam jenis jamu tersebut, jamu beras kencur merupakan salah satu jamu favorit masyarakat Indonesia. Jamu ini terbuat dari beras kencur, jahe, biji kedaung, kapulaga, dan beberapa bahan tambahan lainnya. Khasiatnya, selain menambah nafsu makan, juga dapat membuat tubuh lebih bugar serta meredakan pegal - pegal.

Bahan Unik dalam Jamu
bahan jamu
Berapa jamu juga dibuat dari tumbuhan lain yang dipercaya memiliki khasiat tersendiri. Salah satunya adalah jamu Purwaceng yang terbuat dari tumbuhan Purwaceng atau nama latinnya Pimpinella Pruatjan. Purwaceng atau Antanan Gunung merupakan salah satu jenis tanaman Genus Apiaceae yang biasanya hidup pada ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut. Jamu Purwaceng terkenal karena khasiatnya yang dipercaya dapat meningkatkan stamina bagi peminumnya yang rata-rata adalah kaum laki-laki. Sementara jenis jamu yang sangat baik untuk wanita adalah jamu kunci sirih. Jamu yang diracik dari daun kunci dan sirih ini dapat membantu mengencangkan perut setelah melahirkan dan menghilangkan bau badan.

Cara Asyik Minum Jamu
Untuk melestarikan dan meningkatkan popularitasnya, jamu perlu diperkenalkan kepada kaula muda. Sayangnya, anak muda saat ini lebih menyukai minuman modern yang praktis, seperti soft drink dan minuman kemasan berenergi lainnya. Oleh karena itu, beberapa produsen jamu mengambil langkah inovatif, misalnya dengan penjual jamu dalam bentuk lain seperti es krim. Pembuatan es krim jamu mirip seperti es puter sehingga menghasilkan tekstur yang agak kasar. Selain es krim, jamu juga dihadirkan dalam minuman teh dan kopi.

Jamu Diusulkan Sebagai Warisan Dunia
Pada bulan September tahun lalu, jamu asal Indonesia diusulkan untuk mendapatkan pengakuan dunia sebagai warisan dunia yang merupakan kebudayaan asli tanah air. Usulan yang masih tahap pengajuan tersebut ditujukan kepada induk organisasi dunia yang mengurusi masalah pendidikan dan kebudayaan (UNESCO).

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait