3 Tanda Produk Make Up Anda Telah Rusak

Produk tata rias (make up) bagi kaum perempuan merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam keseharian. Bagi wanita karir, perlengkapan make up seperti lipstik, alas bedak, eyeliner, sunblock, dan sejenisnya harus selalu dibawa dalam tas atau pun wadah tertentu. Nah, dalam penggunaan produk make up tersebut, salah satu hal yang harus diperhatikan adalah kualitas kelayakannya. Jangan sampai anda masih menyimpan dan menggunakan produk make up yang telah rusak atau masa expire-nya telah lewat.

Ada tiga tanda atau ciri yang bisa anda cermati terhadap produk tata rias yang telah expired, yakni:

1. Tekstur Bahannya Telah Berubah
kosmetik rusak

Sebelum anda menggunakan produk kosmetik yang telah lama anda simpan, ada baiknya dicek terlebih dahulu teksturnya. Adakah perubahan? Misalnya yang dulunya halus, kini menjadi kasar, atau yang dulunya sangat cair, kini menjadi agak kental. Jika telah terjadi perubahan, berarti produk make up anda telah rusak.

2. Aromanya Berbeda
Beberapa produk kosmetik ternyata tidak mengalami perubahan tekstur yang signifikan ketika sudah rusak. Oleh sebab itu, langkah kedua yang wajib anda lakukan adalah mencermati aromanya. Bila produk make up tersebut telah beraroma berbeda dari aslinya, berarti sebaiknya jangan digunakan lagi.

3. Terjadi Reaksi di Kulit
Tanda ke tiga yang mencirikan produk make up anda telah expired adalah terjadinya reaksi yang tidak biasa di kulit anda, seperti gatal-gatal, panas, kulit memerah, atau reaksi lain. Bagi yang memiliki kulit sensitif, hal ini mudah dan cepat sekali kentara. Namun, sebelum anda menyimpulkan bahwa produk kosmetik anda telah rusak, anda sebaiknya terlebih dahulu menyelidiki penyebab utama terjadinya reaksi kulit tersebut, misalnya apakah anda alergi makanan atau terkena bahan kimia yang lain.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait