10 Sumber Makanan Mengandung Omega-3 Tinggi

Sebagai pekerja atau pun pelaku bisnis, vitalitas prima merupakan modal awal untuk sukses. Nah, anda perlu asupan gizi yang cukup, satu diantaranya adalah suplay nutrisi omega-3. Lalu, apa itu omega-3? Omega 3 menjadi istilah populer dalam dunia kesehatan, khususnya terkait dengan nutrisi makanan. 

Omega-3 adalah bagian dari asam lemak yang memiliki peran penting bagi tubuh, meskipun banyak orang yang memiliki persepsi bahwa zat lemak tidak banyak memberi manfaat untuk tubuh. Omega-3 digunakan untuk mengatur pembekuan darah, membangun jaringan sel, serta menjaga kesehatan sel-sel tubuh. 

makanan omega3 tinggi

Omega-3 adalah asam lemak esesnsial yang penting bagi tubuh, bahkan sangat baik bagi menu diet. Zat ini tidak dihasilkan oleh tubuh, sehingga harus diperoleh dari bahan-bahan makanan yang disediakan oleh alam.

Apa sakajah bahan makanan yang mengandung omega-3 tinggi? Inilah dia daftar 10 sumber makanan beromega-3 tinggi:

1. Daging Hewan Herbivora
Daging-daging yang berasal dari hewan pemakan rumput seperti sapi dan kambing merupakan sumber makanan yang banyak mengandung omega-3. Asam Omega-3 yang terkandung pada tumbuhan adalah berbentuk Alpha-Linolenic-Acids (ALA). Struktur ALA memiliki rantai karbon pendek. Manusia dan hewan mengkonversinya menjadi dua bentuk rantai karbon panjang yang berguna untuk tubuh mereka, yakni Eicosapentaenoic acids (EPA) dan Docosahexaenoic Acids (DHA). Proses penguraian dan pembentukan senyawa tersebut tidak berlangsung efesien karena hanya 5 persen ALA yang dapat terkonversi. Oleh sebab itu, bahan makanan yang berasal dari daging hewan pemakan rumput memiliki kadar omega-3 tinggi yang sudah terbentuk dan siap diserap langsung oleh tubuh manusia.

2. Makanan Sehari-hari yang Diperkaya Omega-3
Ada juga beberapa olahan makanan yang diperkaya dengan kandungan omega-3 seperti susu dan keju.

3. Telur yang Diperkaya Omega-3
Di beberapa kawasan Amerika dan Eropa, para peternak unggas melakukan pemeliharaan ayam dan bebek secara khusus dengan pemberian jenis pakan-pakan tertentu yang mampu meningkatkan kandungan omega-3 pada telur-telur yang dihasilkan oleh induk-induk unggas.

4. Kacang Kedelai
Kacang kedelai (soybean) merupakan salah satu sumber omega-3 yang disediakan oleh alam. Jenis yang terbaik adalah kedelai hijau yang disebut dengan Edamame.

5. Beras dari Rumput Liar
Beberapa jenis rumput menghasilkan biji-biji layaknya beras seperti yang tersebar di kawasan Amerika Utara yang disebut dengan istilah wild rice. Biji beras ini banyak mengandung omega-3.

6. Biji Kenari (Walnut)
Hampir semua jenis kacang (nut) mengandung lemak tak jenuh ganda. Tetapi walnut mengandung omega-3 tinggi yang seimbang dengan kadar omega-6.

7. Minyak Tanaman Canola
Canola adalah salah satu tanaman yang mengandung unsur racun sebagai media pertahanan diri. Ketika biji Canola ditekan untuk mendapatkan minyaknya, maka akan terdapat tepung kaya protein termasuk juga nutrisi omega-3 yang bisa dikonsumsi manusia dan binatang. Tapi, bila terdapat kesalahan pada proses penekanan biji, maka tumbuhan ini akan melepaskan senyawa racunnya.

8. Flax
Flax adalah tanaman dari anggota genus Linum yang menghasilkan biji sereal yang biasanya dipakai untuk sarapan. Sereal flax mengandung zat omega-3 tinggi.

9. Kacang (Bean)
Kacang-kacangan, khususnya kacang hitam dan kidney bean juga mengandung omega-3 dengan kadar omega-6 hampir seimbang.

10. Beberapa Jenis Ikan Laut
Beberapa jenis ikan laut, khususnya yang hidup di perairan dingin mengandung kadar omega-3 yang tinggi, misalnya ikan salmon, tuna sirip biru, dan Atlantik mackerel. Lemak dalam ikan-ikan tersebut merupakan rantai karbon panjang yang menjadikan kandungan asam omega-3nya berkualitas tinggi, termasuk EPA dan DHA.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait