Meningkatkan Kemampuan Daya Ingat Otak

Pada postingan kali ini, akan disajikan tentang kiat - kiat mengoptimalkan kemampuan otak kita agar bisa melakoni hidup dengan lebih baik, termasuk juga untuk urusan bisnis dan kerja. Dua pokok bahasan yang akan diuraiakan adalah cara meregangkan otak (pemanasan) dan cara meningkatkan daya ingat. Otak yang 'kinclong' akan membuat pekerjaan menjadi lebih 'plong'.

10 Aktivitas yang Membantu Peregangan Otak Anda

daya ingat otak
Hingga saat ini, para ilmuwan masim belum berhasil menemukan cara mencegah sepenuhnya penyakit Alzheimer alias pikun atau lupa. Namun, dari penelitian yang banyak dilakukan menunjukkan bahwa semakin sering aktif otak kita maka dapat menunda kemunculan gejala penyakit tua tersebut. Nah, apa sajakah kegiatan yang dapat membantu melatih otak kita agar mengurangi dampak kelupaan tersebut?

1. Mempelajari Bahasa Lain
Riset terakhir menunjukkan bahwa orang-orang yang menguasai lebih dari satu bahasa dapat lebih lambat terhindar dari gejala alzeimer. Oleh sebab itu, cobalah mempelajari paling tidak satu bahasa lain.

2. Bermain Game
Game yang bergenre strategi juga baik untuk peregangan otak anda, misalnya Agricola, Cities, dan Knights.

3. Berlatih Memecahkan Soal Matematika
Ketimbang anda memakai kalkulator dalam masalah hitung-hitungan, ada baiknya dalam sesekali anda memakai cara tradisional untuk memecahkan persoalan tersebut. Hal ini cukup baik untuk stretching otak.

4. Melatih Tantangan Memori
Cobalah anda menghafal sesuatu dalam kurun waktu tertentu, misal frase-frase peribahasa atau ayat-ayat agama.

5. Membaca Buku
Membaca juga merupakan jalan yang efektif dalam meregangkan otak anda agar tidak beku. Sesekali cobalah membaca buku atau media online yang berbeda dari tema bacaan favorit anda.

6. Melakukan Traveling
Traveling dan liburan akan menjadikan otak anda lebih fresh, apa lagi saat perjalanan tersebut anda menemukan banyak hal baru.

7. Bermain Instrumen Musik
Mendengarkan dan memainkan musik juga mampu menghambat gejala alzheimer. Otak akan merespon musik menggunakan bagian tertentu yang berbeda dengan bagian otak pada saat membaca atau menulis. Dengan melatih semua bagian otak, tentu membuat pikiran kita menjadi berkembang positif.

8. Ambil Kelas Tertentu
Cobalah ikut kursus atau pelatihan tertentu yang sesuai dengan minat anda, misalnya kelas memasak, kursus kesenian, yoga, dan sebagainya.

9. Bersosialisasi
Bersosialisasi dengan orang-orang di sekitar anda menjadi kiat yang bagus dalam menyegarkan otak anda. Tertawalah dengan ceria.

10. Mengerjakan Puzzles
Teka-teki silang, Suduko dan teka-teki lainnya adalah cara-cara untuk menjaga otak Anda tetap aktif. Untuk itu, di sela-sela waktu anda nikmatilah puzzle-puzzle tersebut.


7 Cara Sederhana Meningkatkan Daya Ingat

Pepatah lama mengatakan bahwa lupa adalah sebuah penyakit manusiawi. Sebagai seorang manusia, kita sering dihadapkan pada kelupaan. Namun, jika itu sering terjadi, maka dapat dikatakan sebagai masalah yang cukup serius. Apalagi jika anda termasuk usia muda atau kelompok pelajar yang membutuhkan daya ingat yang mumpuni.Nah, bagaimanakah cara kita meningkatkan kemampuan memori daya ingat kita? Mungkin tujuh tips berikut bisa membantu melatih kemampuan otak anda dalam hal mengingat sesuatu:

1. Gunakan Metode Chunking
Cara ini sering kita gunakan untuk menghafal nomor ponsel. Nomor ponsel yang biasanya terdiri dari 12 digit angka, kita kumpulkan ke dalam group-group (kelompok) tertentu agar lebih mudah mengingatnya. Misal 081257908724 kita pecah dalam kelompok tertentu menjadi 081 - 257 - 908 - 724. Otak kita dapat menyimpan informasi lebih banyak jika kita mengingat sesuatu hal dalam kelompok tertentu. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa chunking dapat menjadi solusi efektif bagi penderita Alzheimer awal.

2. Ingat Urutan yang ke 7
Para ilmuwan telah menyimpulkan bahwa dalam memori jangka pendek, otak manusia hanya mampu menyimpan 7 hal. Ketika seseorang disuruh membeli 10 daftar belanjaan, cobalah simpan 7 daftar teratas dalam otak anda dan cermati betul-betul urutan yang ke 7, setelah itu hafalkan urutan ke selanjutnya.

3. Menggunakan Strategi Mnemonic
Cara ini digunakan dengan mengganti kata-kata yang harus diingat/dihafal dengan kata-kata lain yang memiliki kemiripan. Misalnya saat saya belajar di SMA tentang unsur Kimia pada golongan I yakni Hidrogen, Litium, Natrium, Kalium, Rubidium, Cesium, dan Fransium atau H, Li,Na, K, Rb, Cs, dan Fr. Agar mudah diingat, nama-nama unsur kimia tersebut dimirip-miripkan menjadi Hati Liana Nangis Karena Robi Cinta Fransiska.

4. Susun atau Tambahkan dengan Bantuan Kata
Mungkin anda pernah disuruh berbelanja di pasar untuk membeli daging ayam, daging sapi, telur, kacang, susu, roti, jahe dan bawang. Nah, agar lebih gampang mengingatnya maka susun menjadi kalimat yang bermakna, misalnya "Ayam bertelur karena makan roti kacang dan Sapi punya susu yang dicampur jahe dan bawang".

5. Repitisi (Diulang-ulang)
Cara berikutnya yang juga harus anda tempuh adalah melakukan latihan pengulangan terhadap hal-hal yang mesti diingat.

6. Buat Catatan
Hal yang cukup efektif dalam memerangi penyakit lupa adalah membuat catatan-catatan pada buku note atau di handphone. Catatan tersebut suatu waktu dapat menjadi referensi bagi anda.

7. Konsumsi Suplemen
Jika trik-trik di atas masih belum cukup membuat daya ingat anda menjadi tajam, maka tiada salahnya untuk mengkonsumsi nutrisi atau suplemen tertentu yang membantu melatih kemampuan daya ingat pikiran anda.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait