Cara Hidup Sehat Penderita Diabetes dan Tips Mengendalikan Penyakit Ini

Apa itu diabetes mellitus? Diabetes melitus merupakan sebuah penyakit yang diakibatkan karena tubuh tidak atau hanya sedikit bisa memproduksi insulin. Apa kegunaan insulin? Insulin merupakan senyawa yang dihasilkan tubuh yang bertugas mengolah dan memasukkan glukosa ke dalam sel-sel tubuh, terutama ke jaringan hati dan otot.

Tanpa adanya insulin atau kekurangan insulin maka proses tersebut akan tidak berjalan optimal, sehingga glukosa tidak sampai ke dalam sel. Jaringan sel tubuh yang kekurangan "nutrisi makanan" akan berakibat tubuh menjadi lemas. Penyakit diabetes melitus dapat dikelompokkan menjadi dua jenis, yakni Tipe 1 dan Tipe 2.

alat pengukur kadar gula darah
Apakah perbedaan keduanya? Penyakit diabetes tipe 1 diakibatkan karena organ pankreas telah rusak sehingga berhenti memproduksi insulin. Karena tubuh tidak lagi memproduksi insulin, maka harus dipasok dari luar. Diabetes tipe 1 umumnya diidap oleh anak-anak dan remaja berusia di bawah 20 tahun. Penyebab umumnya karena kelainan genetik.

Penyakit diabetes tipe 2 terjadi karena tubuh hanya mampu menghasilkan insulin dalam jumlah yang kecil atau tidak mencukupi. Diabetes tipe ini juga bisa disebabkan karena sel lemak dan otot tubuh yang resisten terhadap insulin sehingga pengiriman glukosa menjadi tidak lancar. Diabetes tipe 2 biasanya terjadi pada orang dewasa.

Penyakit diabetes berkaitan erat dengan makanan, khususnya zat karbohidrat sebagai sumber energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Namun, jika kita terus-menerus mengkonsumsi karbohidrat sederhana, seperti gula dan kue-kue yang manis secara berlebih, maka organ pankreas yang berfungsi sebagai penghasil insulin akan kelelahan. Hal ini berdampak kinerja pankreas akan menjadi menurun dan bisa memicu terjadinya diabetes.

Tips Sederhana Mengendalikan Penyakit Diabetes Melitus

Diabetes Mellitus yang juga dikenal dengan penyakit kencing manis merupakan salah satu penyakit yang ditakuti banyak orang. Umumnya menyerang orang dewasa yang memiliki pola makan yang tidak seimbang. Tetapi tak sedikit juga diidap oleh anak-anak dan remaja karena faktor genetika. Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), Diabetes Mellitus (DM) merupakan penyakit menahun yang terjadi ketika organ pankreas seseorang tidak mampu menghasilkan hormon insulin dalam jumlah yang diperlukan, atau ketika sel-sel tubuh tidak dapat menggunakan insulin yang ada dengan efektif. Penanganan yang tidak tepat atau terlambat dapat berujung pada kematian.

Oleh karena itu, agar dapat hidup dengan nyaman dan panjang umur, maka penderita harus berupaya mengontrol dan mengelola penyakitnya tersebut dengan cermat. Berikut disajikan 7 tips sederhana dalam mengelola penyakit diabetes tersebut.

1. Merencanakan pola makan dengan mengikuti prinsip 3J. Apa sajakah 3J tersebut? Tiga J yang dimaksud adalah jumlah dihabiskan, jadwal diikuti, dan jenis bahan makanan dipatuhi. Jadwal makan yang baik untuk para penderita diabetes mellitus adalah 3 kali makanan utama dan 3 kali makanan selingan dengan interval makan setiap 3 jam.

2. Hindari mengkonsumsi bahan makanan yang mengandung gula sederhana atau gula murni.

3. Dalam pemenuhan karbohidrat sebagai sumbet energi, penderita diharapkan lebih banyak mengonsumsi karbohidrat kompleks, misalnya nasi beras merah, gandum, kentang, dan sereal.

4. Diupayakan untuk mengonsumsi makanan yang memgandung banyak serat (fiber).

5. Sedapat mungkin untuk mengurangi porsi makanan berlemak. Makanan sebaiknya diolah dengan cara dipanggang, dikukus, direbus, disetup, atau dibakar (dipanggang).

Lalu, bagaimana jika ingin makanan yang digoreng atau ditumis? Jika ingin memasak dengan cara menumis sebaiknya ikuti langkah berikut ini:
#1. didihkan air secukupnya di dalam wajan;
#2. masukkan bahan dan bumbu, lalu masak hingga matang;
#3. setelah bahan makanan tersebut diangkat, tambahkan minyak zaitun sebanyak 1-2 sendok makan, lalu diaduk secara merata. Minyak zaitun tidak dipakai untuk menggoreng atau menumis karena dapat membuat kandungan gizinya berkurang atau rusak. Penderita diabetes dibatasi mengkonsumsi minyak zaitun sebanyak 1 sendok makan per hari.

6. Melakukan kegiatan olahraga secara rutin dan teratur.

7. Sering melakukan cek kontrol kadar gula darah ke dokter agar mendapatkan penanganan yang lebih baik.

Jenis Bahan Makanan yang Sehat untuk Penderita Diabet

Apa saja contoh jenis makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi oleh orang yang memiliki penyakit diabetes?

makanan sehat diabetes

Faktor utama yang menjadi pemicu munculnya penyakit diabetes atau kencing manis adalah dari pola makanan yang tidak seimbang.Kelebihan kadar gula membuat organ pankreas menjadi rusak sehingga tidak mampu menghasilkan hormon insulin yang berguna untuk mengirim glukosa ke dalam sel-sel tubuh. Sehingga kadar gula menjadi menumpuk di dalam jaringan darah. Penanganan yang kurang tepat atau pola makan yang tidak sehat dapat memperburuk kondisi penderita atau pasien, yang pada gilirannya berujung kematian.

Oleh sebab itu, bagi si penderita maupun pihak keluarga wajib mengetahui Jenis jenis bahan makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi agar lebih bersahabat dengan penyakit tersebut. Apa sajakah jenis bahan makanan yang dianjurkan bagi para penderita kencing manis?

Bahan Makanan Sumber Karbohidrat
Karbohidrat berguna sebagai zat tenaga atau energi bagi tubuh dalam beraktivitas sehari-hari. Sumber karbohidrat yang baik untuk penderita diabetes adalah karbohidrat kompleks, misalnya nasi beras merah, mi, gandum, sagu, kentang, ubi, singkong, sereal, dan roti tawar.

Bahan Makanan Sumber Protein
Protein merupakan zat makanan yang berguna untuk pertumbuhan, yakni membangun sel - sel tubuh dan mengganti jaringan yang rusak. Bagi penderita diabetes dianjurkan untuk mengkonsumsi sumber protein rendah lemak, contohnya daging ayam tanpa kulit, ikan, tahu, tempe, susu skim, yoghurt, dan kacang-kacangan.

Aneka Buah
Jenis jenis buah yang bagus untuk penderita kencing manis antara lain: Pepaya, apel, pir,  jeruk, belimbing, pisang (pisang ambon sebaiknya dibatasi), buah kedondong, salak, semangka, melon, dan buah naga.

Aneka Sayuran
Bagi penderita diabetes, jenis sayuran yang aman dikonsumsi dapat dikelompokkan menjadi dua golongan,  yaitu sayuran golongan A dan golongan B. Sayuran golongan A artinya jenis sayuran yang bebas dikonsumsi, karena sangat sedikit mengandung energi, protein, dan karbohidrat. Jenis sayuran golongan A contohnya tauge, kangkung, terong, kembang kol, kol, lobak, oyong, selada, jamur segar, mentimun, tomat,  sawi, dan labu air. Sayuran golongan B boleh dikonsumsi, tetapi dibatasi hanya 100 gram/hari. Jenis sayuran golongan B di antaranya adala buncis, labu siam, katuk, pare, nangka muda, jagung muda, genjer, daun melinjo, daun pakis, daun singkong, daun pepaya, kacang kapri,  jantung pisang, daun beluntas, bayam,  kacang panjang, dan wortel.

Bahan Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Pengidap Penyakit Diabetes
Jenis bahan makanan yang sebaiknya dihindari atau dikurangi kadarnya bagi para penderita diabetes dapat digulingkan menjadi 3 kelompok, yakni:

#1 Makanan yang mengandung banyak gula sederhana, contohnya gula pasir, susu kental manis, kue yang manis, cake, pudding, gula aren, selai, jeli, sirup, dodol buah-buahan yang diawetkan dengan gula, es krim, dan soft drink (minuman berkarbonasi).

#2 Makanan yang mengandung banyak lemak, misalnya fast food, gorengan, dan cake.

#3 Makanan yang mengandung banyak natrium, contohnya adalah telur asin, kornet, ikan asin, dan dendeng. Selain itu,  bumbu-bumbu yang diproduksi masal seperti soda kue, ragi, penyedap rasa (mengandung MSG) dan garam dapur juga sebaiknya dihindari.

Jus Sehat bagi Penderita Diabetes

Jus sehat untuk penderita kencing manis adalah minuman yang dibuat dengan menggunakan bahan-bahan yang aman terhadap kadar gula dan mengandung nilai gizi yang terkontrol. Contoh jus sehat bagi pengidap diabetes adalah jus pisang jeruk. Bagaimanakah cara membuat jus sehat berbahan pisang dan jeruk?

jus sehat diabetes

Bahan-bahan yang diperlukan antara lain:
Pisang ambon 100 gram, dipotong-potong
Air perasan jeruk lemon 1 buah
Air matang 150 ml atau 1 gelas

Cara membuatnya:
Semua bahan dicampur menjadi satu lalu dihaluskan dengan blender. Setelah itu, siap disajikan untuk porsi 1 orang.

Nilai gizi yang terkandung untuk 1 porsi:
Karbohidrat 31,1 gram; protein 1,5 gram; lemak 0,2 gram; dan serat 0,7 gram; serta energi 120 kilo kalori.

Jus Belimbing Pepaya
Kadar gula yang tinggi menjadi salah satu ancaman bagi para penderita diabetes. Oleh karena itu, pasien harus bisa mengontrol pola makanan agar tetap bersahabat dengan kadar gula darah.Jika ingin mencicipi segarnya jus, maka sebaiknya membuat jus sendiri dari bahan-bahan yang aman untuk diabetes, contohnya adalah Jus Belimbing Pepaya. Berikut langkah-langkah membuat jus Belimbing Pepaya.

Bahan-bahan yang diperlukan antara lain:
Buah belimbing 100 gram (hilangkan serat dan bijinya, potong kecil-kecil)
Buah pepaya 150 gram, dikupas dan potong kecil-kecil.
Air matang 1 gelas (200 ml)

Langkah-langkah pembuatannya:
Semua bahan dicampur menjadi satu kemudian haluskan dengan blender. Jus dituangkan ke dalam gelas saji untuk 1 porsi.

Jus Apel Lemon
Para penderita diabetes mellitus atau kencing manis harus mengkonsumsi bahan makanan yang terkontrol. Jika tidak mampu disiplin dalam mengatur pola makanan maka dapat memperburuk kondisi badan. Nah, untuk konsumsi jus, harus dipilihkan jenis dan bahan yang dipakai. Salah satu jus yang sehat untuk penderita diabet adalah jus apel. Berikut disajikan resep cara membuat jus apel bagi para penderita kencing manis.

Bahan-bahan yang diperlukan:
Buah apel 150 gram
Air perasan jeruk lemon 1 buah
Gula diet 1 sdt
Air putih 100 ml

Cara Membuat
#1 Langkah pertama cuci buah apel dengan air hangat potong-potong dan buang biji-bijinya.
#2 Masukkan potongan apel tersebut ke dalam blender bersama dengan air jeruk lemon, gula diet dan air. Haluskan dan siap disajikan untuk 1 porsi!

Tips pembuatan minuman jus untuk penderita diabetes mellitus adalah sebaiknya tidak menggunakan gula biasa. Jika ingin menambahkan pemanis,  sebaiknya menggunakan gula diet atau gula buah.

Nilai gizi yang terkandung pada jus tersebut dalam satu porsi adalah: Energi 110 kkal, Karbohidrat 28,5 gram, Protein 0,8 gram, Lemak 0,6 gram, dan serat 0,7 gram.

Jus Semangka Buah Naga yang Aman untuk Penderita Kencing Manis

minuman sehat kencing manis
Para penderita yang mengidap penyakit kencing manis tidak boleh sembarangan dalam memilih dan mengkonsumsi jenis makanan dan minuman. Harus dilakukan dengan cermat guna membuat kadar gula dalam tubuh tetap seimbang. Nah, salah satu jenis minuman jus yang bisa dikonsumsi oleh para pengidap diabetes adalah Jus Semangka Buah Naga. Tapi, tetap harus diatur batasan jumlah bahannya.

Bahan-bahan yang diperlukan antara lain:
Buah semangka 150 gram, potong kecil-kecil
Buah naga 150 gram, potong kecil-kecil
Air matang 100 gram

Cara membuatnya:
Semua bahan dicampur menjadi satu lalu dihaluskan dengan cara diblender. Jus Semangka Buah Naga siap disajikan untuk 1 porsi.

Kandungan nilai gizi yang terkandung dalam setiap porsi terdiri dari:
Karbohidrat 10,2 gram, protein 0,9 gram, Lemak 0,9 gram, serat 1,5 gram dan energi 125 kilo kalori.

Nah, demikianlah sekilas gambaran tentang seluk beluk penyakit diabetes. Untuk informasi terakurat, silakan berkonsultasi dengan dokter anda. Salam kerja usaha, semoga tetap prima & fit...

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait