Internet Banking Makin Aman dengan PIN Emoji

Bagi anda yang sudah sering menggunakan sosial media seperti BBM, MMS, maupun aplikasi chatting lainnya, tentu rasanya sudah cukup mengenal istilah emoji. Karakter gambar wajah tersebut sering dipakai untuk menambah kesan pesan yang kita kirim, entah itu perasaan sedih, gembira, tertawa, takut, malas, marah, dan sebagainya. Fitur emoji menjadikan pesan yang kita kirim lebih menarik dan interaktif. 

Nah, saat ini emoji rupanya tak hanya dimanfaatkan untuk menggambarkan perasaan seseorang saja, tetapi juga dijadikan sebagai kode Personal Identification Number (PIN) untuk mengakses internet banking.

pin emoji
Penggunaan fitur emoji sebagai PIN tentu menjadi hal yang cukup menarik. Sebuah perusahan di Inggris merilis emoji yang akan dipakai untuk kode alternatif yang dapat mengantikan PIN kombinasi empat angka yang sering kita pakai dalam mengakses internet banking.

Bagi perusahaan software keuangan asal Inggris yang bernama Intelligent Environments memiliki pendapat bahwa pemakaian Emoji Passcode lebih aman daripada kombinasi PIN konvensional. Hal ini karena kombinasi yang mampu tercipta dari karaketer emoji mempunyai 44 kombinasi, sedangkan PIN konvensional hanya angka 0 hingga 10.

Menurut pendapat David Webber yang merupakan Managing Director of Intelligent Environments, seperti yang dikutip dari halaman situs BBC, mengatakan bahwa, "Selain lebih aman, tidak ada salahnya sistem keamanan dibuat lebih inovatif dan menyenangkan,"

Pemakaian pola dan gambar sebenarnya telah banyak digunakan oleh beberapa perusahaan untuk berbagai keperluan, misalnya sebagai alternatif yang berguna untuk mengingat urutan dan huruf komplek. Hal ini diungkapkan oleh ahli cybersecurity, Prof Alan Woodward. Ia memiliki pemikiran bahwa penggunaan emoji merupakan langkah yang menarik dan berpotensi berharga di masa yang akan datang.

Namun Woodward mengingatkan bahwa meskipun pemakaian emoji memberikan pilihan kombinasi yang lebih banyak, namun hacker akan selalu berupaya membobol keamanan. Oleh karena itu, amatlah penting untuk menggunakan dua kali autentifikasi.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait