Hei.. Entrepreneur, Ini Cara Mengatasi Gejala Flu secara Sederhana

Vitalitas tubuh yang prima sangat diperlukan ketika menghadapi perubahan cuaca yang ekstrem. Menjelang pergantian musim, beragam penyakit musiman, seperti flu, pilek, dan demam akan menghantui tubuh kita. Ragam penyakit tersebut merupakan gangguan kesehatan yang jamak ditemukan saat musim penghujan.

Mengapa penyakit ini sering muncul di kala musim hujan? Salah satu yang menjadi penyebabnya adalah karena tingginya tingkat kelembapan udara, sehingga kondisi tersebut akan mampu menyuburkan pertumbuhan virus dan bibit bakteri penyebab flu. Tidak ada seorang pun yang merasa tetap nyaman dengan serangan flu dan pilek.

penyakit flu
Di saat hidung tersumbat, bersin bersin, badan terasa meriang, serta kepala pening dan pusing akan cukup mengganggu aktivitas rutin kita sehari-hari. Oleh karena itu, kita harus sebisa mungkin menghindari gejala penyakit musiman ini.

Sebagai pelaku bisnis, entrepreneur, ataupun pekerja yang sering beraktivitas di luar lapangan, tentu sangat riskan dengan perubahan kondisi lingkungan sehingga lebih potensial terkena influenza. Ketika flu menyerang, maka aktivitas kerja dan rutinitas bisnis akan cukup terganggu. Nah, berikut adalah cara-cara sederhana dan mudah untuk dilakukan dalam melawan penyakit flu di musim hujan.

Cara #1 Berkumur Air Hangat
Berkumur-kumur dengan menggunakan segelas air hangat hingga mengenai tenggorokan anda akan mampu mempercepat proses pemulihan flu Anda. Akan lebih baik lagi jika Anda berkumur dengan menggunakan air panas yang dicampur dengan bahan-bahan herbal seperti lemon, garam, atau chamomile. Zat-zat yang terkandung dalam rempah herbal tersebut memiliki anti-bakteri yang mampu membunuh bibit kuman sebagai penyebab munculnya sakit tenggorokan.

Cara #2 Istirahat Secukupnya
Gejala flu dan pilek yang kita rasakan merupakan sebuah cerminan bahwa sistem kekebalan yang melindungi tubuh kita sedang dalam kondisi menurun. Sinyal ini artinya kita diharapkan untuk beristirahat secara optimal. Oleh sebab itu, ketika serangan flu itu datang, maka jangan ragu-ragu untuk beristirahat alias bed rest.

Cara #3 Konsumsi Minuman Panas
Ketika serangan flu yang Anda derita ternyata semakin buruk, maka jangan lupa untuk mengkonsumsi banyak cairan yang panas atau hangat. Minuman yang hangat akan mampu mempercepat proses penyembuhan saat tubuh sedang kondisi sakit, menyembuhkan radang yang terjadi pada membran hidung dan tenggorokan, serta juga memberikan kekuatan pada tubuh kita dalam melawan gejala infeksi. Beberapa contoh minuman hangat yang bagus dalam melawan flu adalah teh herbal, atau air putih hangat, dan juga bisa semangkok sup panas.

Cara #4 Mandi Air Hangat
Mandi dengan air panas - panas kuku dapat membantu body kita untuk meringankan rasa sakit serta nyeri karena serangan virus flu. Uap panas yang berasal dari air hangat tersebut dapat membuat organ dalam hidung kita menjadi lebih lega.

Demikian langkah-langkah yang dapat anda tempuh dalam melawan serangan flu musiman. Selain melakukan perawatan tersebut, satu hal yang sebaiknya Anda ingat adalah jangan pernah coba-coba menyedot hidung Anda dengan terlalu keras. Sebab tindakan ini dapat meningkatkan terjadinya risiko sinus yang akan semakin membuat parah penyakit Anda.

Nah, cara - cara di atas akan lebih komplit jika dipadukan dengan konsumsi jus yang bisa mengatasi influenza, seperti yang terangkum di bawah ini.

5 Jenis Jus Buah Mengatasi Influenza

Saat musim pancaroba berlangsung, yakni ketika masa pergantian dari musim panas ke musim hujan, banyak orang yang memiliki daya tahan tubuh yang rendah akan terkena penyakit musiman, yakni influenza. Beberapa gejala yang terlihat dari seseorang yang terkena virus influenza antara lain: hidung tersumbat, demam, ingusan, sakit tenggorokan, sakit kepala, batuk serta lesu. Influenza akan dapat sembuh dengan sendirinya dalam waktu 4-7 hari jika tidak disertai dengan komplikasi penyakit lain dan daya tahan tubuh meningkat. Oleh sebab itu, untuk mengusir serangan flu dari tubuh kita, maka satu hal yang bisa kita lakukan adalah meningkatkan vitalitas tubuh dengan mengkonsumsi makanan atau minuman sehat, terutama yang mengandung antioksidan dan vitamin C.

Beberapa jenis buah dan sayuran yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi flu antara lain: mangga, jeruk, anggur, pepaya, jambu biji, tomat, apel, brokoli, stroberi, bayam, dan wortel. Berikut disajikan 5 jenis jus yang bisa membantu anda menghilangkan influenza.

1. Jus Mix Jeruk Pepaya
Bahan-bahan yang diperlukan antara lain: 200 gram pepaya, 250 ml air jeruk, dan 1 sdm jeruk nipis. Semua bahan dicampur menjadi satu dan diblender.

2. Jus Brokoli Mangga
Bahan-bahan yang diperlukan antara lain: 100 gram brokoli, 200 gram mangga, 1 sdm air perasan jeruk nipis, 1 sdm madu, dan 250 ml air minum. Langkah-langkah pembuatannya, pertama campur brokoli dengan mangga, kemudian blender bersama air minum. Tambahkan dan aduk merata air jeruk nipis dan madu saat penyajian.

3. Jus Wortel Anggur
Bahan-bahan yang diperlukan antara lain: 100 gram wortel, 150 gram buah anggur, 1 sdm madu, dan 1 gelas atau 200 ml air minum. Proses pembuatannya, wortel dan anggur bersama dengan air diblender. Kemudian sajikan dengan 1 sendok makan madu, aduk rata.

4. Jus Jambu Apel
Bahan-bahan yang diperlukan antara lain: 1 buah jambu biji ukuran sedang, 1 buah apel ukuran sedang, 1 sdm air jeruk nipis, 1 sdm madu, dan 250 ml air minum. Buah jambu dan apel diblender bersama air minum. Setelah selesai, tambahkan jeruk nipis dan madu saat penyajian.

5. Jus Tomat Stroberi
Bahan-bahan yang diperlukan antara lain: 1 buah tomat berukuran sedang, 5 buah stroberi, 1 sdm madu, dan 200 ml air minum. Cara membuatnya: buah tomat dan stroberi bersama air diblender. Setelah halus tambahkan madu agar lebih enak.

Demikianlah cara dan 5 ragam minuman jus yang baik untuk mengusir serangan influenza serta mengembalikan stamina tubuh saat menghadapi musim pancaroba. Semoga bermanfaat!!!

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait