6 Usaha Rumah Makan Berkonsep Unik dari Bali

Sajian rasa masakan yang enak, ditambah dengan konsep yang menarik merupakan perpaduan penting untuk membangun usaha restoran yang sukses. Nah, usaha rumah makan di pulau Bali ini mungkin bisa menjadi inspirasi bisnis kuliner anda. Wisata kuliner merupakan salah satu bagian pariwisata yang sedang dikembangkan oleh berbagai daerah termasuk juga Bali yang dikenal sebagai pulau seribu pura. Banyak hal yang bisa anda jumpai ketika berlibur di pulau Bali, salah satu diantaranya adalah restaurant -restaurant keren yang mampu membangkitkan selera makan anda. Restoran - restoran di pulau Dewata beraneka ragam jenisnya, ada restaurant dengan menu makanan Amerika, menu makanan Eropa, menu masakan China, Jepang, menu tradisional Bali, dan lainnya.

Semuanya menjadi pilihan menarik untuk anda cicipi. Namun, jika anda ingin merasakan sensasi makanan yang berbeda, anda mungkin bisa mengunjungi beberapa restaurant unik berikut ini:

Restaurant Bali Strawberry Farm & Rest Area 
restoran unik bali
Restauran unik ini terletak di kawasan Bedugul, Kabupaten Tabanan, sekitar 50 kilometer dari kota Denpasar. Keunikan yang ditawarkan oleh restoran 'Bali Strawberry Farm and Rest Area' adalah nasi goreng yang terbuat dari buah stoberi sebagai menu andalannya. Kawasan Bedugul memang dikenal sebagai kawasan dingin di Bali, daerah penghasil buah strawberry yang berkualitas bagus. Jika anda sudah terbiasa minum jus dari buah strawberry, sudah pernahkan anda menyantap nasi goreng strawberry? Nasi goreng tersebut dari segi rasa sangat berbeda dan lebih kental terasa buahnya. Namun tetap ada penggunaan bahan baku lainnya, seperti daging ayam, bawang putih, dan garam, sehingga hampir sama dengan nasi goreng pada umumnya. Sehingga anda akan merasakan sensasi nasi goreng bercita rasa frutty. Selain itu, di restauran ini juga tesedia berbagai minuman unik berbahan buah-buahan. Jika anda akan berwisata ke daerah Bedugul, anda bisa mampir di restauran ini yang terletak di jalan raya Baturiti, Tabanan – Bali.

Restaurant Tsavo Lion 
rumah makan unik
Pernah makan sambil ditemani oleh binatang buas? Jika belum, anda bisa datang ke Bali. Tsavo Lion Restaurant adalah sebuah restaurant unik yang merupakan bagian dari Bali Safari & Marine Park (kebun biatang). Tsavo Lion Restaurant yang terletak di kabupaten Gianyar merupakan restoran pertama di Asia yang secara khusus didesain untuk Anda yang ingin menikmati satwa liar dari dekat. Saat bersantap, Anda akan berhadapan dengan binatang buas seperti singa dari Bali Safari & Marine Park. Tapi jangan takut, areal restaurant dibatasi oleh kaca transparan yang berlapis tebal. Latar belakang munculnya singa di restoran ini, terinspirasi dari keinginan pihak Bali Safari & Marine Park untuk menghadirkan suasana padang savannah di Afrika. Setelah berhasil menemukan unique selling proposition dan brand characters nya, jadilah Tsavo Lion Restaurant. Menu hidangannya adalah masakan Afrika dan Internasional. Untuk menuju tempat ini, anda bisa datang ke kebun binatang Bali Safari & Marine Park di jalan by pass Prof. Dr. Ida Bagus Mantra, sekitar 17 km dari kota Denpasar. Jika anda datang ke sini dengan anak-anak, jangan lupa pakai topi, karena udara di kawasan ini lembab kering.

Mozaic Restaurant 
Jika anda datang ke sebuah restaurant, apa yang akan anda pertama kali tanyakan? Tentu tidak lain adalah, “Bisa saya lihat menunya?” Kalau anda datang ke Mozaic Restaurant, anda tidak akan mendapatkan sebuah tabel menu, karena rumah makan ini memang tidak punya menu. Lalu makanan apa yang bisa saya pesan? Inilah salah satu restaurant unik yang ada Ubud – Bali. Mozaic Restaurant yang pernah dinobatkan sebagai salah satu dari lima restoran terbaik di kawasan Asia oleh Miele Guide di Singapura, memang nyatanya unik. Anda tak akan menemukan daftar menu di Mozaic. Sebutkanlah keinginan anda dengan memberi beberapa kata kunci, misalnya: saya pesan ikan salmon dengan paprika harus sedikit asam, agak pedas dan gurih maka Chris Salans (Executive Chef) akan membuatkannya untuk anda. Oleh karena itu restoran ini tak punya menu dan anda tak akan mungkin mendapatkan rasa atau olahan yang sama jika anda datang ke Mozaic tiga hari berturut-turut. Chris Salans yang menyelesaikan studi di sekolah kuliner ternama Le Cordon Bleu di Paris ini mengkombinasikan bumbu-bumbu asli Indonesia dengan bumbu asing. Hasilnya adalah cita rasa yang original. Tertarik? Silakan menuju ke jalan raya Sanggingan, Ubud – Bali

Restaurant Bali Tower 
Bali Tower Restauran merupakan fasilitas yang dimiliki oleh Hotel Menjangan Resort yang terletak di Jalan Seririt – Gilimanuk, tepatnya di dalam kawasan hutan Taman Nasional Bali Barat. Perjalanan dari kota Singaraja menempuh sekitar 60 km. Keunikan Bali Tower Restaurant adalah tempatnya. Restaurant ini berada di tengah hutan, di tebing lembah. Retaurant ini dibangun dengan menggunakan konstruksi kayu, terdiri dari empat lantai. Eempat sudut restaurant ini ditopang oleh kayu bingkrai berdiameter hampir satu meter, dan di tengah bangunan juga ada kayu penunjang yang lebih besar . Makan di Bali Tower Restaurant dapat memberikan sensasi berbeda. Anda akan dimanjakan oleh suasana hutan alami pada ketinggian 30 meter. Di tingkat paling atas, terdapat sebuah menara peninjau untuk melihat kesekeliling. Dari dek atas ini kita bisa melihat pantai disatu bagian, dan gunung di bagian lain. Sungguh suatu pemandangan yang menakjubkan. 

Selain bangunan utama, terdapat juga bangunan tambahan berupa dek terbuka dibagian samping dibagian lembah. Lantai dek terbuka ini seolah ditopang oleh pohon-pohon hijau yang berada dibawahnya. Konsep yang dikembangkan oleh Bali tower Restaurant adalah natural adventure. Dalam pembangunan restoran ini, mereka membiarkan pohon tetap tumbuh apa adanya. Pohon hanya ditebang ditempat-tempat yang terpaksa dibangun pondasi. Karena itu dibagian bawah dek, pohon-pohon tetap dibiarkan tumbuh. Maka dari dek restoran, daun pohon dekat sekali dari jangkauan tangan. Kondisi demikian, menjadikan seolah-olah kita sedang berada diatas pucuk pohon. Maka ketika kami makan malam direstoran ini, rasanya seolah makan diatas pucuk pohon. Suasana natural adventure bisa anda nikmati di restaurant ini.

Antique Restaurant Seminyak 
Antique Restaurant terletak di Jalan Dyana Pura, Abimanyu Arcade 7, Seminyak – Bali. Restauran yang dibilang funky ini menyajikan menu makanan yang merupakan perpaduan Pan-Asia yang sangat special di lidah pengunjung. Yang unik dalam Antique Restaurant Seminyak ini adalah peraturan makannya. Misalnya dalam aturan makan pembuka, jika Anda sudah membayar makanan pembuka tersebut, maka Anda harus segera memakannya. Dan yang menjadi andalan menu pembukanya ialah Udang Rolls, Asian Prwan Delight, dan Pangsit yang akan disajikan dengan campuran saus mustard dari Thailand dan saus sambal manis. Selain itu, dalam aturan makan sop, Anda harus makan sop tersebut ketika waktunya makan sudah tiba walaupun Anda belum merasa lapar. Untuk menu utamanya ada banyak sekali pilihan yang bisa Anda pesan. 

Antique Restaurant Seminyak ini menawarkan menu utamanya yang terdiri dari beragam pilihan, misalnya daging sapi BBQ salad, kepiting shell, lawar seafood, snapper ikan, chicken salad, gulai buntut, crispy calamari, maupun spaghetti.Di restaurant ini juga tersedia pilihan makanan tradisional seperti Gulai Iga. Untuk makanan penutupnya Anda bisa menikmati pudding beras yang disajikan dengan es krim vanilla, santan dan juga toping caramel. Sementara untuk minumannya Anda bisa merasakan mouse espresso yang dibenamkan dalam saus caramel dan disajikan dengan es krim vanilla. Antqiue Restaurant selain menyediakan bar dan restoran, juga menyediakan villa dan spa untuk memanjakan tubuh Anda ketika liburan di Bali, khususnya di Seminyak.

Biku Bali 
Biku Bali merupakan perpaduan antara cafe dan restaurant yang dihiasi oleh berbagai koleksi barang antik dan buku-buku. Biku Bali memiliki sekitar tiga puluh varian rasa teh. Suasana hangat langsung menyapa Anda ketika menginjakkan kaki di pintu masuk Biku. Interior bertema antik dengan dekorasi unik akan memanjakan mata Anda. Berdiri sejak tahun 2008, Biku memiliki konsep restoran afternoon tea dimana teh menjadi menu spesialnya. Dengan penyajiannya yang unik dan sempurna, banyak pengunjung yang sering kembali ke sana. 

Untuk teh hangat, Anda akan diberikan satu nampan yang berisi set lengkap yang berisi satu poci, cangkir, gula dan saringan kecil. Semua perlengkapan tersebut berbentuk unik. Keunikan tidak berhenti di penampilannya saja, rasa tehnya pun memiliki sensasi yang berbeda. Untuk makanannya, anda bisa memesan berbagai jenis masakan bali, Indonesia, atau masakan internasional. Selain keunikan rasa tehnya, hal unik lain yang bisa anda temui di Biku Bali adalah pertunjukkan musik keroncong pada minggu malam dan ada jasa ramal dengan kartu tarot dengan biaya sekitar 80.000 rupiah. Jika tertarik, anda bisa datang ke jalan raya Patitenget no. 888 di kawasan Patitenget, Seminyak – Bali.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait