Seputar Merek dan Model Jam Tangan Keren

Jam tangan menjadi salah satu bagian yang tak terpisahkan dalam dunia mode. Selain fungsi utamanya untuk penunjuk waktu, jam tangan juga berperan dalam memperindah penampilan. Di pasaran, variasi model jam tangan sangat beraneka ragam, baik dari segi bahan pembuatannya, fungsinya, maupun mekanisme kerjanya. Dalam catatan sejarah, jam tangan atau wrist watch mulai dikenal sejak abad ke 16. Sebelum masa itu, jam yang digunakan adalah jam saku. Pada postingan kali ini juga akan diuraikan jenis-jenis jam tangan yang umum dijual di toko-toko elektronik.

1. Jam Tangan Kronografi (Chronograph Watch)
jam tangan kronografi
Jam tangan ini sering dipakai untuk mencatat atau mengukur waktu dalam perlombaan (olahraga). Kata Choronograph berasal dari bahasa Yunani, yaitu Chronos yang artinya waktu dan Graphia artinya gambaran.Jadi jam tangan chronograph adalah jam tangan yang dapat menunjukkan secara cermat rincian waktu, mulai dari jam, menit, detik, bahkan hingga seperseratus detik untuk jenis jam digital. Karena kemampuan fungsinya tersebut, jam tangan chronograph banyak dipakai untuk ajang lomba, olahragawan atau pun para pekerja yang yang membutuhkan ketelitian waktu yang lebih mendetail.

Secara umum, jam tangan kronografi memiliki tiga macam tombol yang terletak pada sisinya (bezel). Pada tombol tengahnya berfungsi untuk mengatur posisi batang jarum jam. Jam tangan chronograph yang memiliki keakurasian yang sangat tepat disebut dengan jam tangan chronometer. Lembaga internasional yang melakukan pengujian dan pemberian sertifikat terhadap keakurasian suatu merek jam tangan yang memiliki sistem kronometer adalah COSC (Controle Officiel Suisse des Chronometeres) yang bermarkas di Swiss.

2. Jam Tangan Otomatis (Automatic Watch)
Banyak orang yang juga menyebutnya dengan nama self-winding watch. Jam tangan ini dapat bergerak tanpa memerlukan baterai.

3. Jam Tangan Analog (Analog Watch)
Dalam fitur standarnya, jam ini dilengkapi dengan 3 batang jarum, yang masing-masing berfungsi untuk penunjuk jam, menit, dan detik.

4. Jam Tangan Digital (Digital Watch)
Sesuai namanya, penunjuk waktu pada jam jenis ini adalah angka digital yang ditampilkan dalam sebuah layar kaca LCD.

5. Jam Tangan Analog-Digital
Jangan tangan model ini memadukan dua sistem mekanik, yakni berupa tampilan digital dan juga jarum batang.

6. Jam Tangan Quartz
Nama jam tangan ini diambil dari bahan pembuatannya, yakni sebuah batu kristal quartz. Sekitar 95% jam tangan yang diproduksi saat ini memakai sistem gerakan teknologi quartz. Quartz atau kuarsa adalah mineral kristal berupa silikon dioksida yang banyak terdapat pada pasir. Mineral kristal tersebut diolah secara sintetis untuk dapat digunakan pada jam tangan.


Aneka Fakta Unik Seputar Jam Tangan

Tampilan dapat terkesan lebih elegan dan keren jika pergelangan tangan kita memakai sebuah jam tangan. Nah, ngomongin jam tangan, ada beberapa fakta unik yang bisa kita cermati, seperti terurai berikut ini.

Sejarah Jam Tangan Pertama di Dunia
jam tangan pertama dunia
Jam tangan telah menjadi salah satu bagian penting dalam kehidupan sehari-hari. Melalui alat penunjuk waktu tersebut, kita dapat mengukur batasan masa aktivitas kita. Saat ini, desain dan model jam tangan telah dirancang agar juga dapat memenuhi kebutuhan akan fashion. Namun, tahukah anda seperti apakah model jam tangan pertama di dunia? Konsep jam tangan pertama yang berhasil diciptakan adalah pada tahun 1868 oleh Patek Philippe. Kemudian pada tahun 1880, Constant Girard mengembangkan konsep jam tangan yang lebih bagus dan kuat. Produsen jam tersebut berhasil memproduksi 2.000 unit jam tangan yang digunakan oleh para perwira angkatan laut Jerman. Inilah komersialisasi pertama produk jam tangan di dunia.

Bagi warga sipil, pemakaian jam tangan pada masa itu dianggap hanya cocok untuk kaum perempuan karena dianggap sebagai asesoris feminim. Kemudian di tahun 1904, seorang pilot bernama Santos Dumont meminta pakar jam Louis Cartier untuk menciptakan desain jam tangan yang bagus, akurat, dan cocok digunakan untuk kaum pria. Maka kemudian pada tahun 1911 terciptalah prototipe pertama jam tangan khusus cowok yang disebut dengan merek arloji Santos.

Pada masa perang dunia ke 2, para tentara dibekali dengan jam tangan yang disebut "Trench Watches". Dan ketika masa perang dunia berakhir, para tentara tetap mengenakan model jam tangan tersebut, sehingga menjadi salah satu tren fashion bagi masyarakat sipil, dimana sebuah jam tangan tidak lagi hanya memiliki kesan sebagai hiasan untuk wanita saja, tetapi juga cocok untuk cowok-cowok macho.

Inilah Jam Saku Termahal di Dunia
jam saku
Mungkin saat ini sudah sangat jarang sekali ditemukan orang-orang yang bepergian keluar rumah dengan membawa sebuah jam saku sebagai alat penunjuk waktu. Demikian pula dengan produk jam sakunya, rasanya tak banyak perusahaan yang masih memproduksi jam model ini, mengingat perannya sudah sejak lama digantikan oleh jam yang bisa dilingkarkan di pergelangan tangan atau kita kenal dengan nama jam tangan (wrist watch). Memang sebelum jam tangan diciptakan dan diproduksi secara masal mulai pada tahun 1868, orang-orang telah terbiasa dengan jam kecil yang dibawa di dalam saku atau pun dijadikan hiasan kalung.

Nah, tahukah anda berapa harga sebuah jam saku yang paling mahal di dunia? Ternyata sangat mencengangkan, yaitu sekitar 30 juta dolar atau setara 330 milyar rupiah! Arloji saku yang saat ini tercatat harganya paling mahal sedunia adalah Breguet Grande Complication Marie-Antoinette. Apa yang membuat jam ini istimewa? Ternyata bukan karena kandungan berlian dan permata yang menghiasinya, tetapi nilai historisnya yang menjadikan harga jam saku ini selangit.

Jam saku klasik ini mulai dibuat pada tahun 1782 oleh Abraham-Louis Breguet dan diselesaikan pada tahun 1827 oleh putranya, karena Abraham-Louis Breguet telah terlebih dahulu meninggal dunia sebelum karyanya selesai dengan sempurna. Pembuatan jam saku yang dipesan oleh ratu Prancis dan kekasihnya tersebut memakan waktu hampir 45 tahun.Jam saku yang dibalut dengan emas dan batu sapphire ini mengandung teknologi yang rumit dan canggih pada masa itu. Sang pemesan yang bernama Marie Antoinette tidak sempat melihat hasil akhir dari jam saku ini karena baru selesai setelah 34 tahun kematiannya karena dieksekusi saat revolusi Prancis.

Jam saku historis ini sempat hilang dicuri sekitar tahun 1900an dan ditemukan kembali pada tahun 2007. Kini jam saku yang indah ini telah disimpan di museum L.A. Mayer - Jerusalem, Israel.

Jam Tangan Termahal di Dunia
jam termahal
Selain fungsi utamanya sebagai alat penunjuk waktu, sebuah jam tangan juga dipakai sebagai sarana dalam memperindah penampilan dan gaya. Oleh sebab itu, dalam pemilihan sebuah jam tangan, ada berbagai hal yang wajib dipertimbangkan, satu diantaranya adalah tampilan kemewahannya. Menggunakan jam tangan yang terlihat "lux", tentu akan mampu mengangkat citra diri seseorang, apa lagi arloji yang dipakai tersebut adalah yang termahal di jagat raya, wow.. pasti bikin yang lain pada ngiri melihatnya. Seperti apakah penampakan jam tangan yang paling mahal di dunia? Inilah sekilas gambarannya.

Jam tangan ini diberi nama Chopard 201-Carat Watch yang telah terjual pada tahun 2000 lalu seharga 25 juta dolar Amerika, atau lebih dari 275 milyar rupiah. Wow, sebuah jam tangan yang harganya jauh lebih mahal dari sebuah mobil ferrari sport. Apa yang membuatnya tampak istimewa? Tentu tidak lain adalah balutan batu berlian dan permata yang menghiasi permukaan jam tangan mewah ini, diantaranya terdiri dari: permata berlian berbentuk hati 15 karat, berlian hati berwarna biru 12 karat, sebuah berlian D color - Flawless 11 karat, 3 berlian kuning, 26 berlian berbentuk buah pir 17 karat, 48 diamonds bulat berwarna kuning 8 karat, 260 butir berlian D color sebesar 61 karat, 91 round diamonds, dan 443 FC diamonds berwarna kuning tua.Bagaimanakah rasanya jika kita diberi kesempatan untuk memakai jam tangan termahal ini? Tentu rasanya seperti mimpi di siang bolong.., ha...ha...!


2 Merek Jam Tangan Terpopuler

Mau beli jam tangan? Bingung memilih merek yang mana? Mungkin uraian tentang merek - merek jam tangan kelas internasional ini bisa memberi inspirasi pilihan anda.

Rolex, Jam Tangan Keren
jam tangan rolex
Nama brand ini rasanya sudah tak asing lagi di telinga kita. Mendengar kata Rolex tentu yang terbayang adalah jam tangan mewah dan berkualitas internasional. Rolex SA, atau lebih umum dikenal sebagai Rolex, terkenal dengan kualitas jam tangan kelas atasnya, yang dirancang, diproduksi, didistribusikan dan diservices oleh perusahaan Rolex itu sendiri. Rolex SA juga memiliki anak perusahaan, Montres Tudor SA, dan jam tangan yang diproduksi serta didistribusikan adalah merek Tudor di bawah naungan brand Rolex.

Perusahaan asal Swiss ini telah berdiri sejak tahun 1905 oleh Alfred Davis dan Hans Wilsdorf. Pada awalnya, perusahaan ini dibangun di kota London, kemudian setelah 15 tahun, bermigrasi ke Jenewa, Swiss. Pada tahun 2013 lalu, brand Rolex dinobatkan masuk dalam jajaran lima besar sebagai merek di bidang fashion yang paling bernilai. Produk Rolex yang sempat mencuri perhatian konsumen kalangan atas adalah sebuah arloji Rolex Pearlmaster yang dijual seharga $ 53.000.

Cartier, Produsen Jam Tangan Mewah dari Prancis
jam tangan cartier
Brand yang nilainya setara dengan 6,3 miliar dolar berada di kota mode dunia, Paris - Prancis. Société Cartier yang lebih dikenal sebagai Cartier, adalah sebuah perusahaan desainer Perancis sekaligus sebagai produsen perhiasan dan jam tangan mewah. Perusahaan ini termasuk perusahaan tua yang tetap eksis hingga sekarang dan bahkan masuk dalam jajaran 10 besar brand top dunia bidang fashion.

Perusahaan yang saat ini dinahkodai oleh CEO Stanislas de Quercize tersebut telah didirikan pada tahun 1847 oleh Louis-François Cartier di Paris. Perusahaan ini memiliki banyak cabang di seluruh dunia, yakni lebih dari 200 toko yang beroperasi di lebih dari 125 negara. Salah satu koleksi terbaik mereka adalah jam tangan Cartier WatchTank Anglaise yang dijual dengan harga sekitar $ 32,000 atau setara harga dua mobil Xenia.


5 Produk Jam Tangan Bagus

Setiap tahun, masing-masing produsen jam tangan selalu meluncurkan produk arloji terbarunya, dengan desain dan model yang semakin variatif dan inovatif. Merek jam tangan ini patut anda pertimbangkan.

IWC Aquatimer Automatic
jam bagus

Jam ini ditujukan pada para profesi diver (penyelam) yang mengingkan jam tangan keren dan stylish. Dilengkapi dengan fitur "Safe Dive" pada bagian bezelnya. Harga arloji ini sekitar $ 5.750

A. Lange & Sohne Richard Lange Perpetual Calendar Terraluna
jam mewah

Desain jam ini sangat terkesan elegan dengan teknologi yang rumit. Jam tangan Terraluna ini tersedia dalam dua pilihan warna, yakni putih dan emas kemerahan. Harganya sekitar $ 230.000

Parmigiani Tonda Metrographe
jam keren

Jam tangan merek Metrographe ini merupakan produksi dari Parmigiani yang bercirikan gaya metro. Jam tangan jenis chronografi ini memiliki lebar 40 mm dengan desain yang terkesan mewah.

Cartier Calibre Diver
jam anti air

Perusahaan jam tangan Cartier pada tahun ini juga meluncurkan salah satu maha karyanya, yang lebih ditujukan kepada para diver. Arloji keren ini dibalut dengan lapisan emas 18 karat. Jika tertarik, anda harus menebusnya dengan harga $ 8.200 atau sekitar 99 juta rupiah.

Greubel Forsey Tourbillon Perpetual Calendar QP a Equation
jam keren

Desain jam tangan ini memang terkesan lebih futuristik dengan memperlihatkan teknologi "QP" bagian dalam dari sistem kerjanya. Jam tangan ini tergolong arloji kelas atas dengan harga yang dipatok sekitar 670.000 dolar swiss.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait