Model Baju Batik Gaya dan Trendy

Memilih Model Baju Batik Terbaik. Batik adalah salah satu warisan budaya Nusantara dalam bidang fashion yang telah diakui dunia. Trend busana batik saat ini tidak hanya populer di dalam negeri saja, tetapi telah banyak dijadikan koleksi oleh para selebriti dan tokoh dunia. Kehebatan motif batik adalah fleksibelitasnya, yakni cocok untuk digunakan dalam situasi formal, seperti sekolah dan kantor, maupun pada acara informal (kasual/santai), bahkan banyak kaula muda yang sering memakai baju batik untuk 'nongkrong' di cafe, mall, dan tempat santai lainnya. 

Mencari dan menentukan model baju batik yang cocok memang bukanlah hal yang mudah, apalagi jika pemilihan model baju batik tersebut untuk keperluan pakaian seragam bersama. Ada ratusan jenis corak batik yang tentunya memiliki nilai estetika tersendiri, dan tentunya masing - masing orang memiliki selera keindahan tersendiri. Sembari melihat kumpulan gambar baju batik berikut ini, anda akan disajikan tips-tips dalam memilih dan membeli produk baju batik terbaik.

model baju batik


Nah, untuk memilih contoh model baju batik yang paling cocok, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan, di antaranya adalah:

Tujuan Penggunaan Baju Batik 

baju batik pasangan pasutri suami istri
Apa tujuan penggunaan baju batik yang akan anda beli? Mungkin untuk diri sendiri dalam acara kondangan (resepsi pesta), atau untuk keperluan seragam kelompok siswa atau karyawan. Dalam memilih model baju batik yang paling bagus, hal pertama yang dipikirkan adalah tujuannya. Jika baju batik yang ingin anda pesan tersebut untuk keperluan pribadi, maka pemilihan model dan coraknya adalah tergantung selera anda sendiri. Namun, jika untuk keperluan bersama (kebutuhan organisasi), maka harus didiskusikan dengan cermat agar semua anggota merasa cocok dan puas. Sementara itu, jika anda akan membeli baju batik berpasangan / couple (untuk suami istri, dan juga anak) atau yang dikenal juga dengan batik sarimbit, maka wajib untuk saling berdiskusi agar bisa tampil serasi.

Contoh Model Baju Batik Seragam Sekolah

model baju batik sekolah

model baju batik seragam sekolah SD


Contoh Model Baju Batik Seragam Kantor

model baju batik kantor

desain model baju batik trendy


Contoh Model Baju Batik untuk Kebutuhan Pribadi

model baju batik santai

model rok batik


Contoh Model Baju Batik untuk Kaum Muslim
baju gamis batik
Baju busana Muslim untuk kaum hawa (perempuan) harus memenuhi kaidah syariat Islam, yakni menutupi aurat. Untuk tampil indah dan bercorak Nusantara, maka baju batik bercorak Muslim menjadi pilihan yang menarik. Motif batik dalam busana muslimah (gamis) juga tetap memberikan kesan yang elegan dan meskipun kental dengan nuansa tradisional. Nah ini contoh gambar baju gamis batik yang gaya dan trendy.

Harga Baju Batik

harga model baju batik acara pesta kondangan

Hal kedua yang dipertimbangkan adalah bandrol harganya yang harus sesuai dengan budget (anggaran) dan setara dengan kualitasnya. Ada rupa tentu ada harga. Jika anda membeli baju batik tulis yang dibuat selama 2-3 bulan, tentu harganya bisa mencapai puluhan juta rupiah. Hal ini berbeda dengan model baju batik yang diproduksi dengan mesin cetak. Jadi, pertimbangan kedua dalam memilih jenis baju batik yang akan anda gunakan adalah tergantung pada harga dan dana yang anda sediakan.

Corak Desain Motif dan Warna Batik

Poin ketiga dalam memilih model baju batik terbaik adalah menentukan corak mode dan warna pada baju batik tersebut. Di Indonesia, ada seratusan corak batik, yang ciri khasnya didasarkan atas daerah pembuatannya, misalnya corak:

corak motif batik daerah


Batik Pekalongan
Motif yang ada di daerah Pekalongan dapat dibagi menjadi 7 motif, yakni jlamprang, buketan, terang bulan, semen, pisan bali, lung-lungan dan sekar jagad. 

Batik Jogjakarta
Pada umumnya, warna dasar batik Jogja adalah hitam dan putih dengan motif warna beraneka yang cenderung dipengaruhi budaya Hindu-Jawa. Motif batik Jogja ini antara lain sido asih, kawung, sekar jagad, truntum dan juga parang.

Batik Kalimantan
Corak umum batik Kalimantan yaitu dengan corak batang garing, Mandau, burung enggang dan juga balanga, benang bintik, dan sasirangan. Ciri khas batik Kalimantan adalah warnanya yang ramai serta bervariatif.

model kain baju batik tradisional

Batik Cirebon
Di kawasan Cirebon, desa terkenal untuk pembuatan motif batik ini adalah Trusmi. Model batik Cirebon cenderung berwarna dasar gelap dengan warna motifnya terang, misalnya: naga liman, putri cina dan mega mendung.

Batik Madura
Corak batik yang sangat terkenal dari daerah Masura adalah corak carcena sisik dan amparan yang identik dengan perpaduan warna-warna cerah, menyala, dan cenderung berani.

Batik Bali
Batik yang berasal dari pulau Dewata ini juga memiliki kecenderungan tampil berani dengan memadukan warna warna cerah. Dipengaruhi oleh batik dari Jawa seperti batik Pekalongan.

batik solo

Batik Solo 
Ciri khas batik dari Solo sering disebut batik sogan atau batik yang memiliki motif berwarna kecokelatan.

desain model baju batik

Batik Lasem
Corak tiga negri, krecak, sekar jagad dan juga latohan merupakan ikon corak dari batik yang berasal dari daerah perbatasan Jawa timur dan Jawa tengah. Warna utamanya adalah merah karena pengaruh dari kebudayaan Cina.

Selain di atas, Indonesia juga masih memiliki banyak daerah sentra batik yang memiliki motif khas, misalnya: batik Tasikmalaya, batik Aceh, batik Jombang, batik Banten, batik Tulungagung, batik Kediri, batik Kudus, batik Jepara, batik Banyumas, dan juga batik Malang.

Memilih Tren Model Batik Terbaru

Poin terakhir yang menjadi tips dalam memilih model baju batik adalah dengan memperhatikan model dan desain bajunya. Sebenarnya, corak dan motif baju batik tidak akan pernah ada istilah ketinggalan zaman (kuno), karena corak desainnya akan selalu tetap indah dan eksis dipakai kapan saja. Biasanya para desainer dalam membuat dan memproduksi baju batik lebih mementingkan bentuk baju tersebut sehingga membuatnya terlihat modern.

model baju batik terbaru

Untuk kaum pria biasanya modelnya terbatas berbentuk kemeja saja. Sedangkan untuk perempuan, produk baju batik yang diciptakan ada banyak model kreasinya, berpadu dengan bawahan (rok dan celana) yang juga bermotif batik. Dalam memilih baju batik, pilihlah model pakaian yang tidak membuat anda terlihat ribet dan sulit dalam penggunaannya, atau menjadikan anda susah bergerak. Terkadang kesederhanaan, dapat membuat tampilan anda lebih elegan dan menarik.

Nah, demikianlah paparan mengenai aneka ragam contoh model baju batik beserta tips untuk membelinya. Semoga semakin tambah trendi dan style.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait