Memilih Mesin Cuci Kebutuhan Pribadi dan Usaha Laundry

Mesin cuci adalah salah satu perangkat elektronik yang sangat berguna bagi kehidupan rumah tangga saat ini hampir sebagian masyarakat di tanah air telah menggunakan mesin cuci untuk meringankan pekerjaan rumahnya terutama sangat membantu sekali bagi ibu-ibu rumah tangga. Di pasaran saat ini ada begitu banyak produk mesin cuci, baik yang harganya dibawah 1 jutaan rupiah hingga mencapai puluhan juta rupiah tergantung kapasitas, kualitas, dan fitur-fitur unggulannya. Untuk memilih jenis produk mesin cuci yang cocok dengan kebutuhan anda ada beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan antara lain:

1. Jenis dan merk mesin cuci 
mesin cuci rumah tangga
Hal pertama yang biasanya menjadi bahan pertimbangan adalah mencermati kebutuhan utama anda. Apakah mesin cuci tersebut digunakan untuk usaha laundry hanya untuk keperluan rumah tangga semata. Dari ini anda bisa memilah milah jenis dan merk mesin cuci apa yang sesuai dengan keperluan anda tersebut. Sangat disarankan agar anda membeli mesin cuci yang telah mendapatkan hati para konsumen artinya merek yang terpercaya, seperti samsung lg dan electrolux.

2. Kapasitas mesin cuci 
Jika mesin cuci yang anda gunakan hanya untuk kepentingan keluarga maka sebelum memutuskan untuk membeli mesin cuci dengan kapasitas tertentu perhatikanlah jumlah anggota keluarga yang akan menggunakan mesin cuci jika dalam satu rumah tangga di huni oleh banyak orang tentu mesin cuci dengan kapasitas yang lebih besar menjadi pilihan yang tepat. Misalnya dalam satu rumah tangga terdapat 5 orang maka kapasitas yang cocok adalah antara 7 hingga 8 kg.

3. Fitur otomatis atau semi otomatis 
Dalam segi kepraktisan mesin cuci terbagi atas dua jenis yaitu yang otomatis dan semi otomatis. mesin cuci otomatis mengerjakan pekerjaan mencuci hampir mendekati komplit, mulai dari pengisian air pencucian pembuangan air hingga tahap pengeringan secara terprogram sehingga anda cukup memasukkan pakaian kotor dan menekan tombol tombol yang dibutuhkan. sementara itu, mesin cuci versi semi otomatis membutuhkan tenaga ekstra. Kedua jenis mesin cuci ini tentu memiliki kelemahan dan kelebihan masing masing mesin cuci otomatis harganya mahal tapi sangat praktis sementara mesin cuci semi otomatis harganya lebih murah tapi anda perlu melakukan kerja ekstra.

4. Pilih pintu depan atau atas 
Walaupun terlihat kurang penting dan sepele, tapi letak pintu juga menjadi perhatian. Pintu depan terlihat lebih elegan. Pintu atas dapat memasukkan pakaian meskipun saat mesin sedang bekerja.

5. Fasilitas pengering atau tidak 
Fasilitas tabung pengering berguna dalam mengefisienkan pekerjaan. Anda tidak perlu mengeluarkan tenaga ekstra untuk memeras hasil cucian. Namun, produk dengan fasilitas ini memiliki harga yang lebih tinggi. Saat ini hampir semua produk mesin cuci dilengkapi dengan fasilitas pengeringan.

6. Daya listrik 
Sebelum memutuskan produk yang akan dibeli, daya listrik yang terpasang di rumah anda juga perlu diperhatikan. Jangan sampai anda membeli mesin cuci yang canggih tapi daya listrik di rumah anda tidak mencukupi,  sehingga mengganggu aktivitas lainnya.

7. Teknologi dan inovasi
Para produsen mesin cuci terus berinovasi menciptakan produk-produk yang canggih yang akan semakin memudahkan pekerjaan kita. Semakin canggih teknologi yang digunakan,  maka semakin tinggi harganya. Pikirkanlah apakah anda mampu menggunakan fasilitas canggih tersebut.

8. Jumlah anggaran 
Kemampuan dana anda adalah hal utama dalam memilih produk mesin cuci. Jika dana anda mencukupi,  ada baiknya membeli mesin cuci yang berkualitas baik dan teruji karena untuk investasi jangka panjang.

9. Bahan yang digunakan pada tabung 
Bahan dan kualitas tabung menentukan keawetan produk mesin cuci. Ada dua jenis bahan yang paling banyak digunakan di Indonesia, yaitu bahan plastik (porselen enamel) dan bahan stainless still.  Bahan yang kedua ini lebih kuat dan awet, tapi harganya lebih mahal.

10. Ukuran mesin cuci 
Besar kecil mesin cuci juga penting diperhatikan karena untuk menyesuaikan ruang tempat anda meletakkan mesin cuci tersebut. Jangan sampai ukuran mesin cuci tersebut menyesaki ruangan sehingga mengganggu lalu lalang anda dan keluarga.

11. Dukungan service center dan garansi 
Alat elektronik ini termasuk salah satu produk yang sulit direparasi sendiri. Oleh karena itu, dalam memilih mesin cuci anda wajib mengetahui seberapa lama masa garansinya dan seberapa representatif pusat service centernya.

12. Review dari pengalaman orang lain 
Nah, tips terakhir yang cukup penting dalam keputusan anda adalah mendengar dan menganalisa pendapat serta pengalaman-pengalaman orang lain yang telah memakai produk mesin cuci tertentu. Dengan meminta saran mereka, maka anda bisa menyimpulkan keputusan mesin cuci yang paling cocok untuk kebutuhan anda.


Merek Mesin Cuci untuk Kebutuhan Usaha


mesin cuci laundry
Hotel, perusahaan laundry, rumah sakit, dan sejenisnya memerlukan mesin cuci yang berkapasitas besar untuk memenuhi kebutuhannya. Oleh karena itu, kapasitas mesin cuci yang sebaiknya dipilih adalah minimal 10 kg. Saat ini di pasaran telah banyak beredar beragam jenis produk mesin cuci, baik yang berasal dari produsen lokal maupun merek luar negeri. Merek-merek seperti Samsung, LG, Sharp, National, dan produk dari China saling berinovasi menghadirkan produk mesin cuci berkapisitas besar dengan beragam fitur-fitur canggih, seperti fungsi ganda pengering dan front load. Lalu, apa produk mesin cuci berkapasitas ekstra yang cocok digunakan untuk kebutuhan skala besar?

Tentu ada banyak pilihan yang menjadi alternatif, satu diantaranya adalah Samsung yang bertema eco bubble dengan tipe WE15PA dan WE15P9. Kapasitas mesin cuci ini adalah 13 kg. Bagi para pengusaha jasa cuci, mesin cuci merek Samsung ini mampu melakukan kinerja yang efektif dan efesien.

Keunggulan yang akan anda dapatkan dari mesin cuci ini adalah tabung cuci yang berbahan lapisan diamond yang membuat cucian halus sehingga mengurangi tingkat resiko kerusakan pakaian. Selain itu, mesin cuci Samsung ini juga dibekali dengan fitur unggulan teknologi nano yang mampu mengelektrifikasi aktivitas putaran pencucian, sehingga mampu membunuh bakteri dan jamur yang mempengaruhi kondisi cucian. Teknologi nano ini juga ramah terhadap pemakaian listrik.

Produsen elektronik yang senegara dengan Samsung juga memiliki beberapa produk mesin cuci yang berkualitas baik untuk kebutuhan bisnis anda. Anda bisa mempertimbangkan mesin cuci LG yang bertipe WD K1212RD6. Mesin cuci ini dilengkapi dengan beberapa fitur canggih, seperti 6 motions direct drive motor dan non stop wash to dry. Mesin cuci ini berkapasitas 13 kg, jadi sangat cocok untuk bisnis laundry anda.

Selain Samsung dan LG, produk lain yang juga sering dipakai untuk bisnis laundry atau dry cleaning profesional adalah IPSO dengan seri WD 3305 dan mesin pengering DR445. Dengan kapasitas hingga 40 kg dan menggunakan dual front load, mesin cuci ini sangat mumpuni dalam pelayanan jasa cuci pakaian skala besar. Keunggulan yang akan anda dapatkan pada mesin cuci IPSO berkapasitas air 40 liter ini adalah hemat energi dan lebih efesien.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait