Manfaat Mandi Sauna bagi Pekerja dan Pebisnis

Banyak orang yang bilang bahwa jika anda ingin mengintip kesehatan seseorang dapat ditinjau dari tampilan kulitnya. Bila kulit seseorang yang anda lihat tampak berkilau, cerah, dan kencang maka diperkirakan bahwa kondisi kesehatan mereka dalam keadaan fit. Sementara kulit yang berjerawat, kusam, dan agak kering menandakan bahwa ada suatu problem dalam kesehatan mereka, entah itu yang menyangkut kesehatan fisik luar maupun bagian dalam. Nah, para ahli menyatakan bahwa sesi mandi sauna dapat memberikan beragam manfaat untuk kesehatan yang akan membuat kulit bersinar cerah.

Mandi sauna mampu membersihkan tubuh, mengurangi kadar racun (detoksifikasi), dan juga merefresh kulit anda. Bagi para pekerja kantoran yang tiap hari harus berkutat dengan beban pekerjaan yang berat, plus tingkat stress yang tinggi, maka mandi di tempat sauna dapat menjadi media untuk membangkitkan kembali kondisi tubuh dan psikis yang lemah. Dan berikut adalah rincian manfaat melakukan mandi sauna.

1. Menurunkan Berat Badan
kolam mandi sauna
Dengan mandi sauna, anda dapat membakar 300 sampai 500 kalori dalam waktu 15 menit. Hal ini setara dengan olah raga jalan cepat selama 1,5 jam. Sauna memberikan dampak positif terhadap kecepatan dan intensitas metabolisme tubuh yang pada gilirannya mampu menghasilkan penurunan berat badan.

2. Meningkatkan Kelembaban Kulit
Uap-uap di ruang sauna dapat membuat kondisi kelembaban kulit meningkat, sehingga sangat bagus bagi mereka yang punya masalah kulit kering.

3. Mengurangi Racun
Uap panas yang menyelimuti tubuh di ruang sauna dapat membuka pori-pori kulit. Hal ini dapat membuat zat-zat racun yang terdapat pada kulit maupun di dalam tubuh dapat keluar secara maksimal. Berkeringat adalah cara tubuh untuk mengeluarkan zat-zat yang sudah tidak digunakan lagi, termasuk kotoran dan racun.

4. Membunuh Kuman Penyakit
Saat anda merelaksasi diri di tempat suana, panas uap akan mampu menyebabkan suhu tubuh meningkat yang dapat membunuh virus, jamur, bakteri, parasit, dan bibit kuman lainnya.

5. Membantu Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh
Suhu panas di ruang sauna menciptakan demam buatan yang akan mengirimkan sinyal reaksi ke bagian kekebalan tubuh untuk membangun jaringan sel darah putih yang lebih stabil sebagai media pertahanan tubuh.

6. Memberi Relaksasi Otot
Uap hangat mampu memberikan rangsangan untuk melemaskan otot-otot yang tegang. Relaksasi tersebut membantu mengurangi tingkat stres, menghidupkan kembali kejernihan mental, dan meningkatkan kesehatan fisik dan emosional secara keseluruhan.

7. Tempat Bersosialisasi
Di pusat-pusat sauna, biasanya tersedia  paket sauna reguler (satu ruang digunakan bersama) dan sauna privat (khusus sendiri). Harga sauna privat (eksklusif) tentu lebih mahal dari yang biasa. Namun hal yang bisa anda peroleh dengan memilih sauna reguler kesempatan untuk menemukan dan menjalin hubungan dengan orang-orang. Sehingga sangat bagus sebagai sarana bersosialisasi.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait