Cara Memilih dan Merawat Patung Manekin

Bagi pemilik toko fashion, boneka pajangan yang lebih populer dikenal dengan patung manekin (mannequin) merupakan salah satu cara untuk menarik minat calon pembeli. Melalui patung-patung manekin tersebut, para pemilik toko pakaian dapat memperkenalkan produk dan model fashion terbaru kepada para konsumennya. Jika anda berencana untuk membeli satu atau beberapa buah patung manekin, ada baiknya terlebih dahulu menyimak tips-tips berikut ini:

1. Fleksibelitas
patung manekin
Salah satu hal yang menjadi bahan pertimbangan dalam memilih patung display tersebut adalah fleksibelitas atau keluesannya. Pilihlah patung manekin yang memiliki desain kaki dan lengan yang fleksibel. Hal ini memungkinkan Anda untuk mengkonfigurasi tampilan patung manekin Anda dalam berbagai gaya dan pose. Namun, konsekwensi dari hal ini adalah nilai harganya yang lebih mahal.

2. Bahan Pembuatannya
Jenis bahan dasar yang menyusun patung manekin ada beberapa macam, diantaranya akrilik, kaca, dan logam. Bahan akrilik bersifat ringan tapi mudah tergores dan lecet, bahan kaca terlihat modern tapi agak rentan patah (pecah), sementara bahan logam sangat kuat namun lebih berat. Semua punya plus dan minusnya tergantung kebutuhan di toko anda.

3. Dressing
Kemudahan dalam mengenakan pakaian juga perlu anda pertimbangkan. Boneka mannequins yang berpose duduk atau berbaring biasanya lebih sulit. Beberapa manekin juga bisa dibongkar pasang sehingga mudah dalam pemakaian busana, namun harganya relatif lebih mahal.

4. Portabilitas
Portabilitas juga patut anda cermati dalam memilih jenis patung manekin, khususnya jika anda sering menampilkan pakaian di berbagai acara di tempat-tempat berbeda. Manekin yang berbahan karet atau manekin yang bisa ditiup (inflatable) adalah pilihan yang tepat karena mudah dalam pengemasan.

5. Ukuran
Memilih ukuran patung manekin tergantung jenis produk fashion yang anda pasarkan. Jika toko fesyen atau butik anda menyasar pada konsumen anak-anak, maka tentu ukuran yang dipilih adalah manekin kecil. Begitu pula halnya dengan yang remaja dan dewasa atau bahkan manekin untuk orang-orang gemuk. Demikianlah tips memilih boneka manekin, semoga bisnis pakaian anda menjadi lebih sukses.

Berapa Harga Sebuah Patung Manekin?

Manekin memiliki banyak fungsi dalam usaha toko fashion. Selain peran utamanya sebagai media untuk memperkenalkan produk busana terbaru, boneka display tersebut juga menjadi daya tarik untuk calon pembeli serta mempercantik desain toko. Bagi anda yang sedang berniat untuk melengkapi fasiltas toko fesyen anda dengan patung model tersebut, mungkin bertanya-tanya di dalam hati "Berapa harga sebuah patung manekin?" Harga sebuah model patung manekin (mannequin) ternyata bervariasi, bergantung ukuran, jenis bahan, dan variasi kreasinya. Boneka manekin yang berukuran kecil (model anak-anak full body) yang tingginya sekitar 1 meter dari bahan plastik dapat anda beli dengan harga tiga ratus ribuan rupiah.

Sedangkan jika setengah badan, dapat diperoleh dengan harga di bawah 100ribu rupiah. Sementara manekin model orang dewasa dari bahan fiberglass full body rata-rata harganya antara 500ribu rupiah hingga 1,5 jutaan rupiah. Fleksibelitas boneka manekin juga menjadi salah satu penentu mahal dan murahnya harga.

Cara Merawat Patung Manekin yang Baik

Meletakkan model boneka manekin di dalam toko pakaian anda memang memerlukan beberapa kali trial & error agar diperoleh kesan yang paling tepat. Jika kurang tepat dalam peletakannya, bisa saja menjadikan fungsi patung model tersebut kurang bermanfaat bagi kemajuan bisnis fashion anda.

Selain tata letak, hal yang juga tidak kalah penting adalah perawatan patung manekin itu sendiri. Bagaimanakah caranya merawat boneka display tersebut? Inilah kiat-kiatnya:

Lalu Lintas (Traffic)
Hal pertama yang wajib anda perhatikan adalah jangan meletakkan manekin di area atau jalur yang padat dilalui oleh para pengunjung toko anda. Misalnya di area pintu masuk, di jalur trotoar, atau di dekat rak pakaian. Karena bisa saja tanpa sengaja tersenggol dan jatuh oleh para pengunjung toko anda.

Transporting (Pemindahan)
Hal lain yang juga anda perhatikan dalam menaruh posisi manekin di toko anda adalah kemudahan dalam pemindahannya. Mungkin dalam periode tertentu, anda akan mengubah letak manekin dan rak lemari pakaian anda ke posisi yang berbeda untuk menyegarkan suasana toko. Pakaialah bantalan atau karpet dalam memindahkan letak manekin ke posisi lain agar boneka display ini tidak mudah rusak dan lecet.

Pembersihan
Dalam kurun waktu tertentu, patung model tersebut perlu dibersihkan dari debu dan noda-noda. Sapu bulu, lap basah, dan sikat lembut adalah alat-alat yang wajib anda gunakan.

Perawatan Cat
Meskipun kita telah berhati-hati dalam menjaga patung manekin tersebut, namun bisa saja tanpa sengaja tergores oleh pengunjung atau karyawan toko. Agar tetap terlihat baik, anda sebaiknya menyediakan sekaleng cat-cat manekin (spray paint) sesuai dengan warnanya.

Protect Bagian Wajahnya
Bagian wajah manekin merupakan area yang paling sering dilihat oleh pengunjung toko anda. Jika sedikit saja terdapat goresan ataupun kotor maka patung manekin anda akan terlihat sangat buruk. Oleh karena itu, anda harus berupaya mengutamakan melindungi dan merawat bagian ini. Ketika akan disimpan, anda sebaiknya membungkus bagian wajah atau kepalanya dengan pembungkus karet (bubble wrap) atau bahan lembut lainnya. Demikian kiat-kiat merawat patung manekin anda, semoga sekilas bermanfaat.

Pose-pose Patung Manekin yang Unik dan Menarik

Untuk menarik minat para pengunjung, beberapa pemiliki toko fashion memanfaatkan boneka manekin dengan tampilan yang tidak biasa. Model dan pose patung manekin yang unik tersebut diharapkan dapat meningkatkan jumlah calon pembeli.

Beikut ini adalah beberapa desain pose manekin yang lucu dan aneh:


Tampilan patung manekin pada gambar di atas terlihat unik. Gambar pertama menampilkan pose manekin yang berdiri seperti penari. Sementasa gambar di sebelahnya cukup menyeramkan, karena menampilkan model yang sedang gantung diri.

patung manekin lucu dan menarik

Nah, kalo yang ini tiga manekin cowok yang seolah-olah sedang melakukan gerakan tarian orang Afrika. Sedangkan manekin yang di kanan bertemakan kartun.

patung display manekin fashion aneh

Desain patung display yang satu ini terlihat penuh keceriaan, sedangkan manekin-manekin pada gambar di kanan terlihat agak aneh karena tanpa kepala.


patung manekin murah dan bagus

Kalau yang ini boleh dibilang manekin yang sangat aneh. Mungkin temanya adalah hantu atau manusia luar angkasa. Nah, kalau yang di sampingnya mungkin sosok yang sudah anda kenal. Kayaknya patung itu mirip sekali dengan presiden Amerika Serikat.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait